coban putri

Malang merupakan salah satu kota wisata yang memiliki banyak pesona alam, terutama air terjun. Di sekitar kota ini, Sedulur dapat menjumpai berbagai air terjun yang menakjubkan, salah satunya adalah Coban Putri.

Tempat wisata ini terletak di Desa Pandansari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Meskipun belum terlalu populer, Coban Putri memiliki daya tarik yang luar biasa dan cocok bagi Sedulur yang ingin menikmati suasana alam yang tenang dan sejuk.

Kini, Coban Putri menjadi destinasi wisata air terjun favorit banyak orang. Di tempat ini Sedulur dapat menemukan dua air terjun dalam satu tempat, dengan ketinggian masing-masing air terjun sekitar 15 dan 20 meter. Bagi Sedulur yang ingin datang ke sini, simak beberapa informasi penting mengenai Coban Putri.

BACA JUGA: Wisata Srambang Park Ngawi, Alternatif Liburan Bareng Keluarga

Legenda Coban Putri

coban putri
Unsplash/Susanna Pozzi

Masyarakat sekitar Coban Putri memiliki beberapa legenda terkait tempat ini. Konon, nama objek wisata ini berasal dari cerita, bahwa orang-orang yang tinggal di sekitar air terjun ini sering melihat penampakan seorang putri yang sedang mandi. Legenda ini pun menjadi sangat populer di kalangan masyarakat.

Mitos tersebut mengisahkan bahwa putri yang sering mandi di tempat ini adalah tokoh terkenal dari Kerajaan Singasari, yaitu Ken Dedes, yang juga dikenal sebagai istri dari Ken Arok, seorang Raja Singosari. Beberapa cerita menyebutkan bahwa Ken Dedes sering mandi di kawasan Songgoriti, tetapi juga sering mandi di air terjun ini.

Sekilas Tentang Coban Putri

Coban Putri merupakan salah satu air terjun di Kota Batu yang cukup populer di masyarakat. Keindahan dari air terjun ini menjadi salah satu alasan mengapa banyak wisatawan yang ingin berkunjung. Terdapat dua air terjun yang bisa Sedulur lihat di kawasan destinasi wisata ini yang masing-masing memiliki tinggi 15 dan 20 meter. 

Air terjun ini terletak di lembah sekitar daerah Gunung Panderman Batu kurang lebih 1000 mdpl. Coban Putri memiliki karakteristik yang cukup unik, dimana tebing batu yang tidak beraturan membuat air yang jatuh menyebar dengan indah. Kolam yang terbentuk di bawah air terjun pun sangat dangkal dan terlihat tenang.

Pemandangan indah air terjun ini sering dimanfaatkan para pengunjung untuk berfoto. Keindahan alam air terjun ini juga bisa Sedulur nikmati dari gardu pandang di atas lembah yang sangat instagramable.

Untuk menuju area air terjun ini, dari pintu masuk Sedulur masih harus melanjutkan perjalanan sekitar 400 meter. Jalan ini masih bisa dilalui oleh kendaraan jadi Sedulur tidak akan terlalu capek berjalan untuk sampai ke air terjun. Namun, agar Sedulur tetap segar saat menuju ke Coban Putri jangan lupa untuk membawa bekal seperti Air Minum Pirlo.

Air mineral ini cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke alam bebas karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp

Pemandangan alam yang disuguhkan dengan air terjun alami yang berada di antara pepohonan rindang, menjadi sebuah pemandangan yang menakjubkan.  Jadi tidak heran kalau kawasan ini populer sebagai lokasi untuk mendaki serta aktivitas fotografi.

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Kedai Ketan Malang yang Harus Dicoba

Lokasi dan Rute Menuju Coban Putri

air terjun tujuh bidadari
Unsplash/Seth Doyle

Coban Putri berada tidak terlalu jauh dari Coban Rais dan Batu Flower Garden yang hanya berjarak 1.5 km. Alamat persisnya terletak di Dusun Krajan, Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Sedulur bisa mengunjungi Coban Putri dari Kota Batu dalam waktu 15 menit karena jaraknya yang hanya 5 km. 

Dengan melewati Jl. Oro-oro Ombo, Sedulur juga akan melewati tempat wisata Malang instagramable lainnya seperti Batu Night Spectacular. Untuk rute terbaik, Sedulur bisa menggunakan Google Maps yang akan menunjukan jalan dari titik Sedulur berada. 

Harga Tiket Masuk Coban Putri

Untuk masuk kawasan Coban Putri Sedulur tidak perlu membayar biaya yang terlalu mahal. Cukup beberapa ribu rupiah Sedulur sudah bisa masuk dan menikmati keindahan yang ada. Berikut ulasan harga tiketnya.

  • Tiket Masuk: Rp10.000
  • Sewa Jeep Offroad: Rp35.000
  • Spot Foto Gardu Pandang: Rp10.000
  • Parkir Motor: Rp3.000
  • Parkir Mobil: Rp5.000

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Namun daftar ini bisa Sedulur jadikan bahan perkiraan biaya jika ingin mengunjungi Coban Putri.

Jam Operasional Coban Putri

Jam operasional wisata ke Coban Putri ini dimulai sejak pukul 09.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB setiap hari. Waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat wisata ini adalah saat musim pancaroba.

Pada waktu tersebut curah hujan tidak terlalu tinggi dan Sedulur masih bisa melihat hijaunya pepohonan dan rumput di sekitar. Dengan begitu Sedulur bisa mendapatkan foto serta pengalaman terbaik dari destinasi wisata alam ini.

BACA JUGA: Pantai Coro Tulungagung: Pesona, Lokasi, Harga Tiket dan Rute

Daya Tarik dan Aktivitas Seru di Coban Putri

coban putri
Unsplash/Aurelia Ferreira

Coban Putri termasuk dalam daftar air terjun di Kota Batu yang bisa menjadi tempat berlibur bersama keluarga. Meski terletak di dekat kota, namun suasana di sini masih cukup alami. Sedulur bisa merasakan kesegaran udara dan dinginnya hawa khas pegunungan.

Selain itu debit airnya juga tidak deras dan pada bagian kolam penampung airnya juga cukup dangkal. Sehingga wisatawan bisa berdiri dan berendam tepat di bagian bawah air terjun. Keindahan Coban ini juga semakin memukau berkat adanya bebatuan tebing yang tersusun tidak beraturan, membuatnya tampak sangat eksotis. 

Aliran airnya jatuh dan menyebar ke bawah menghantam tebing bebatuan. Berikut ini daya tarik dan aktivitas seru yang bisa Sedulur lakukan di sini.

1. Menikmati air terjun

Coban Putri ini memiliki dua aliran air, di mana keduanya terletak berdampingan. Satu air terjun memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan satunya lagi 15 meter. Aliran air terjun ini berasal dari sumber yang sama dengan Coban Rais, yakni sumber Darmi yang berada di lereng Gunung Panderman. 

Untuk Sedulur ketahui, Air Terjun Coban Rais ini berada lebih tinggi dari Coban Putri dan hanya berjarak sekitar 1,5 km. Trek menuju Coban Putri ini cukup mudah bila dibandingkan dengan Coban Rais atau air terjun di Malang lain yang belum banyak terjamah. 

Kamu hanya perlu sedikit berjalan kaki dari tempat parkir kendaraan, kurang lebih 100-200 meter. Kondisi jalanan berupa paving dan makadam, untuk kendaraan roda 4 akan terasa sedikit sempit jika harus berpapasan.

2. Berfoto di spot menarik

Coban Putri menawarkan pemandangan indah dan kesegaran air terjun di pegunungan. Di sekitar air terjun ini, kondisinya masih sangat asri. Karena letaknya yang berada di kawasan perhutani dan dikelilingi oleh pepohonan rindang. Tapi jangan khawatir, karena ada banyak papan penunjuk jalan yang akan mengantarkan Sedulur ke spot air terjun. 

Di sepanjang perjalanan pun pemandangan juga terlihat sangat memukau, Sedulur bisa menyaksikan lereng gunung. Di dalam komplek wisata Coban Putri pun terdapat beberapa spot foto, seperti gardu pandang, ayunan di tepi tebing, jembatan bambu, bendungan dll.

3. Bermain air dan berendam

Satu yang menjadi daya tarik dari Coban Putri adalah Sedulur bisa berada sangat dekat atau bahkan berdiri tepat di bawah air terjun. Hal ini tentu sulit didapatkan di air terjun lain. Mengingat Coban Putri tidak terlalu tinggi dan debit airnya juga tidak begitu deras, namun sudah cukup untuk digunakan bersenang senang.

Begitu juga dengan kolamnya yang cukup dangkal, sehingga aman dibuat bermain bersama buah hati. Pada bagian kolam juga dibuat seperti bendungan bertingkat, ditambah adanya jembatan batu yang berada di bagian tepi kolam. Jembatan ini biasa digunakan wisatawan untuk berfoto dengan background air terjun.

4. Bersantai dan melepas penat

Setelah selesai bermain air dan berfoto-foto, Sedulur bisa bersantai sejenak. Tidak jauh dari air terjun terdapat warung makan yang menyajikan aneka makanan/jajanan gorengan dan minuman hangat seperti kopi atau susu.

Sedulur bisa menikmatinya sambil mendengarkan suara gemericik air terjun dan suara suara hewan yang ada di hutan. Suasana seperti ini pasti sulit didapatkan di perkotaan, meskipun letak Coban Putri ini sendiri tidak jauh dari tengah kota.

5. Outbound

Pepohonan yang ada di sekitar kawasan objek wisata ini ini dimanfaatkan juga oleh pengelola untuk membuat arena outbound. Ada banyak permainan yang bisa Sedulur coba salah satunya adalah rock climbing. Di wahana ini Sedulur akan diajak menaiki tebing batu, kemudian turun dengan peralatan keamanan lengkap. 

Kamu bisa merasakan keseruan berpetualang menaiki tebing batu yang bisa menjadi pengalaman baru. Selain itu juga tersedia wahana flying fox yang menjadi wahana wajib bagi setiap outbound. Lintasan flying fox ini cukup panjang dan melewati aliran sungai Coban Putri sehingga Sedulur bisa melihat jelas pemandangan dari atas.

6. Camping

Pihak pengelola juga telah menyediakan camping ground bagi para pengunjung yang ingin menikmati suasana malam Coban Putri. Suara hewan dan pepohonan yang tertiup angin akan menjadi suasana malam yang jarang Sedulur dapatkan di kota. Kegiatan ini semakin seru bila dilakukan beramai-ramai. 

Saat malam hari Sedulur bisa menyalakan api unggun sambil bernyanyi atau membakar bekal makanan yang sudah dibawa. Sayangnya untuk segala keperluan dan persiapan camping masih harus Sedulur bawa sendiri. Pihak pengelola belum menyediakan tempat persewaan dan juga warung yang siap memenuhi kebutuhan kamu.

7. Berpetualang dengan jeep

Kamu juga bisa mencoba kegiatan offroad menggunakan mobil Jeep yang sudah dipersiapkan oleh pihak pengelola. Dengan mobil Jeep ini Sedulur akan dibawa menyusuri hutan pinus Coban Putri Sejauh 2 km.

Medan yang dilalui sangat menantang di mana banyak sekali lubang dan gundukan tanah tidak rata yang harus dilalui. Kegiatan offroad ini bisa menjadi pengalaman baru dan paling berkesan untuk Sedulur dapatkan di destinasi wisata ini.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai Air Terjun Coban Putri yang perlu Sedulur ketahui. Dengan keindahan yang ditawarkan, Sedulur bisa banget untuk datang ke sini!