pantai coro

Letak strategis Tulungagung yang berada di pesisir pantai selatan Pulau Jawa memang menjadikannya surga wisatawan. Salah satu kawasan pantai yang wajib dikunjungi karena keindahannya adalah Pantai Coro.

Pantai ini sempat viral dan mendapatkan banyak sorotan media sosial karena kemampuannya memberikan pengalaman unik pada para wisatawan. Akses jalan yang cukup menantang, karena medan pegunungan dan hutan yang cukup meliuk-liuk akan terbayar tuntas dengan keindahan pantai ini.

Kalau Sedulur tertarik untuk mengunjungi Pantai Coro, maka wajib menyimak ulasan lengkap di artikel ini ya. Sedulur akan mendapatkan banyak informasi mulai dari harga tiket, keunikan Pantai Coro, sampai rute yang bisa ditempuh. Jadi langsung simak bersama!

BACA JUGA: Pesona Pantai Watu Leter di Malang Beserta Harga Tiketnya

-->

Mengenal Pantai Coro

pantai coro
Instagram/mhidayatullah01

Pantai Coro merupakan kawasan wisata yang baru beroperasi di Desa Besole, Kecamatan Besuki, Tulungagung, Jawa Timur. Pihak pemerintah setempat masih dalam upaya untuk menyediakan fasilitas lebih untuk menarik lebih banyak pengunjung datang.

Meski nama pantai ini terdengar kurang menarik, pantai yang berjarak 31 kilometer dari Pantai Sine Tulungagung ini telah menjadi primadona baru karena keindahannya pesona alamnya.

Namun, asal usul nama Pantai Coro tidak diketahui secara pasti. Jika dilihat dari bahasa Jawa, “coro” berarti kecoak. Namun saat berkunjung ke tempat wisata ini, Sedulur akan menyadari bahwa pantai satu ini tidak merepresentasikan namanya, jauh kata dari kecoak yang dianggap menjijikkan.

Sebaliknya, Sedulur akan mengagumi keindahan batuan karang dan bentangan pantai selatan yang menakjubkan. Pantai Coro adalah tempat yang menarik pengunjung dengan pesona uniknya. Saat air surut, Sedulur akan terpesona oleh pemandangan menakjubkan terumbu karang tersembunyi dan kehidupan laut. 

Harga Tiket dan Jam Operasional

Untuk masuk ke kawasan wisata ini, terdapat loket retribusi yang tersedia untuk keperluan pembelian tiket masuk Pantai Coro Tulungagung. Adapun harga tiket masuk objek wisata ini tergolong sangat murah.

Para pengunjung, baik anak-anak maupun dewasa, hanya perlu membeli tiket masuk seharga Rp5 ribu saja. Tarif ini tidak termasuk biaya parkir kendaraan dan juga biaya-biaya lainnya.

Pantai Coro dapat dikunjungi setiap hari mulai pukul 08.00 pagi hingga 17.00 sore. Mengingat lokasinya yang kurang cocok untuk dikunjungi di malam hari, pengunjung disarankan untuk memanfaatkan waktu siang hari. Bagi yang ingin menginap, terdapat opsi penginapan atau berkemah di sekitar pantai, memungkinkan Sedulur menikmati suasana pantai lebih lama.

BACA JUGA: Keindahan Pantai Klatak Tulungagung yang Wajib Dikunjungi!

Rute ke Pantai Coro

pantai coro
Instagram/mhidayatullah01

Pantai Coro dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua atau kendaraan roda empat. Jika Sedulur berangkat dari kota, perjalanan menuju pantai ini akan memakan waktu sekitar satu jam. 

Untuk menuju lokasi, Sedulur bisa melewati Jalan Raya Boyolangu. Kemudian melewati Jalan Raya Pelem, Jalan Raya Popoh, Jalan Neyama, dan terakhir Jalan Raya Pantai Popoh yang akan membawa Sedulur langsung menuju Pantai Coro.

Namun perlu diperhatikan bahwa akses menuju Pantai Coro masih terbatas. Pengunjung akan menyusuri jalan setapak yang masih menggunakan bebatuan sebagai permukaannya, kemudian melanjutkan perjalanan di jalan setapak yang terjal. Namun, begitu mencapai tujuan, keindahan dan pesona Pantai Coro bakal mengobati perjuanganmu.

Untuk kenyamanan pengunjung yang menggunakan kendaraan roda empat, pengelola menyediakan area parkir yang dapat digunakan. Sebaiknya pilih tempat parkir mobil di dekat pantai agar perjalanan Sedulur tidak terlalu melelahkan.

Demikian tadi ulasan lengkap tentang Pantai Coro di Tulungagung, Jawa Timur. Kawasan wisata alam baru yang sedang digalakkan pemerintah setempat ini memang layak menjadi destinasi wisata baru karena pesona alamnya yang begitu indah.