bukit teletubbies bromo

Sedulur generasi 90-an mungkin sudah tidak asing dengan serial Teletubbies. Menariknya, ternyata ada lokasi wisata bernama Bukit Teletubbies di Jawa Timur tepatnya di kawasan Bromo. Tempat wisata satu ini menawarkan pemandangan padang rumput hijau yang indah dengan bukit-bukit.

Seperti apa penampakan Bukit Teletubbies Bromo? Serta mengapa kawasan tersebut diberi nama Bukit Teletubbies? Yuk, cari tahu jawabannya dengan menyimak artikel berikut.

BACA JUGA: 12 Tempat Wisata Pujon Malang, Alam yang Memesona dan Asri

Asal Usul Nama Bukit Teletubbies

bukit teletubbies bromo
Unsplash/Kusuma

Gunung Bromo masih menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Jawa Timur. Pemandangan indah yang berpadu dengan hawa sejuk khas pegunungan rasanya tak pernah gagal menarik minat wisatawan untuk mengunjunginya.

Di kawasan Bromo ternyata ada satu spot bernama Bukit Teletubbies. Nama bukit tersebut pun ikut menjadi daya tarik tersendiri lantaran membuat banyak orang penasaran. Akan tetapi, penamaan Bukit Teletubbies ternyata bukan tanpa alasan, Sedulur.

Dikutip dari Kompas.com, Bukit Teletubbies sebenarnya bernama Lembah Jemplang. Namun nama Bukit Teletubbies kemudian populer digunakan lantaran kawasan tersebut dianggap mirip dengan bukit dan padang hijau yang ada dalam serial Teletubbies.

Sekadar mengingatkan, dalam serial yang populer di kalangan anak 90-an itu, para karakternya yaitu Tinky Winky, Dipsy, Lala, dan Po senang bermain di perbukitan hijau. Nah, kawasan Bukit Teletubbies di Bromo dianggap serupa dengan bukit tempat bermain Tinky Winky dkk oleh para wisatawan.

Bukit Teletubbies sendiri merupakan sebuah sabana atau padang rumput dengan bukit-bukit yang luasnya mencapai 382 hektar. Di kawasan itu banyak ditumbuhi berbagai tanaman, di antaranya pakis, ilalang, lavender, serta berbagai jenis rumput.

BACA JUGA: 17 Resort di Batu Malang, Nyaman dan Cantik untuk Liburan

Pesona Bukit Teletubbies

bukit teletubbies bromo
Unsplash/Hani Fildzah

Selain pemandangan padang rumput hijau dan bukit-bukit yang memanjakan mata, Bukit Teletubbies juga memiliki daya tarik lain berupa aneka kegiatan yang bisa Sedulur lakukan di sana. Berbagai aktivitas itu antara lain menunggang kuda berkeliling bukit, fotografi, camping atau berkemah, hingga bermain gim outbond.

  • Berfoto di tengah sabana. Sedulur yang menyukai aktivitas fotografi bisa memanfaatkan keindahan sabana sebagai spot foto. Tak hanya itu, Sedulur juga bisa mengabadikan pemandangan indah Bukit Teletubbies sebagai objek foto yang menarik.
  • Menyewa kuda untuk berkeliling sabana. Sedulur dapat mencoba berkuda di tengah padang rumput yang hijau dengan menyewa kuda di sana. Sebagai gambaran, rata-rata biaya sewa kuda yang dikenakan adalah Rp 150 ribu.
  • Menyewa jeep. Berkeliling kawasan Bromo dan Bukit Teletubbies menggunakan jeep juga bisa menjadi pengalaman yang seru. Apalagi dengan medan berupa jalan berpasir dan berbukit-bukit tentu akan memberikan sensasi tersendiri.
  • Menikmati matahari terbit dan tenggelam. Sedulur yang menyukai pemandangan langit saat matahari terbit dan tenggelam bisa berkunjung ke Bukit Teletubbies. Hamparan padang rumput dengan latar pegunungan tentu akan memberikan pemandangan indah yang tak terlupakan terlebih di waktu matahari terbit maupun tenggelam.

Harga tiket

Untuk mengunjungi kawasan Bukit Teletubbies, Sedulur perlu membeli tiket masuk wisata Bromo. Dihimpun dari berbagai sumber, saat ini wisatawan dikenakan biasa Rp 29 ribu pada hari kerja dan Rp 34 ribu pada hari libur untuk dapat mengunjungi kawasan tersebut.

Lokasi Bukit Teletubbies

Disampaikan sebelumnya, Bukit Teletubbies berada di kawasan Gunung Bromo. Untuk mencapai bukit tersebut, Sedulur disarankan menyewa Jeep lantaran medan yang dilalui adalah jalur berpasir serta berliku.

BACA JUGA: Oleh-Oleh Khas Malang, Wajib Dibawa Pulang

Rute Menuju Bukit Teletubbies

bukit teletubbies bromo
Unsplash/Kilarov Zaneit

Untuk mengunjungi kawasan Bromo, Sedulur bisa memilih salah satu dari beberapa rute berikut.

  • Lewat jalur Malang Kota: Sedulur bisa langsung menuju Tumpang, lalu ke Gubug Klakah. Selanjutnya Sedulur dapat melanjutkan perjalanan dengan menyewa Jeep.
  • Lewat jalur Cemoro Lawang Probolinggo: Apabila dari Surabaya, Sedulur bisa langsung ke arah Probolinggo, lalu ke Desa Cemoro Lawang.

Tips Mengunjungi Bukit Teletubbies

Agar pengalaman Sedulur berkunjung ke Bukit Teletubbies Bromo makin menyenangkan, ikuti beberapa tips berikut.

  • Sedulur sebaiknya berkunjung pada musim kemarau atau sekitar bulan April hingga September. Dengan begitu, cuaca akan lebih cerah dan pemandangan tidak tertutup kabut.
  • Jika ingin mendapatkan pemandangan yang menakjubkan, ada baiknya Sedulur berkunjung pada pagi hari sebelum matahari terbit atau pada sore hari sebelum matahari terbenam.
  • Gunakan pakaian yang tebal agar tubuh tetap hangat.

Selain tips di atas, Sedulur juga sebaiknya membawa persediaan makanan dan minuman secukupnya. Misalnya menyiapkan Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani berwisata ke alam bebas seperti kawasan Bromo. Namun, perhatikan untuk tetap menjaga kebersihan dan tidak meninggalkan sampah ya.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.

Itu dia rangkuman informasi mengenai Bukit Teletubbies. Jangan lupa perhatikan tips yang sudah dijelaskan di atas agar liburanmu makin menyenangkan ya!