air terjun madakaripura

Air Terjun Madakaripura adalah salah satu air terjun tertinggi yang ada di Pulau Jawa. Dimana air terjun ini memiliki aliran air setinggi 200 meter dan berada di antara batu cadas lereng Gunung Bromo di Desa Negororejo, Branggah, Probolinggo, Jawa Timur.

Bagi sebagian orang, Air Terjun Madakaripura merupakan destinasi wisata eksotis karena menyajikan keindahan alam yang sangat mengagumkan. Bahkan, untuk bisa mencapainya saja kita harus melakukan trekking beberapa kilometer dengan melewati hutan dan lembah kecil.

Kalau Sedulur tertarik untuk menikmati keindahan Air Terjun Madakaripura, maka wajib menyimak ulasan kali ini ya. Karena akan dijelaskan secara lengkap bagaimana rute, harga, dan fasilitas yang ada di sana. Jadi langsung simak bersama!

BACA JUGA: Serba-Serbi Wisata Sumber Maron: Pesona, HTM, dan Jam Buka

Mengenal Air Terjun Madakaripura

air terjun madakaripura
Unsplash/Adrien Olichon

Madakaripura adalah nama dari air terjun yang ada di kabupaten Probolinggo. Air terjun ini berada di kaki gunung Bromo pada ketinggian 1000 m di atas permukaan laut dan memiliki panorama yang indah.

Julukan Air Terjun Abadi pun melekat karena debit air yang tidak pernah berkurang meskipun di musim kemarau. Selain itu, Air Terjun Madakaripura juga tercatat sebagai air terjun tertinggi nomor 1 di Pulau Jawa dan nomor 2 di Indonesia. Jadi tidak heran jika banyak orang yang penasaran dengan air terjun ini.

Mitos dan Cerita Legenda

Selain indah dan unik, Air Terjun Madakaripura ternyata memiliki sejarah dan menyimpan mitos yang berkaitan dengan Patih Gajah mada dari Kerajaan Majapahit. Bahkan penamaan air terjun ini konon juga berkaitan erat dengan sang Mahapatih.

Dimana Madakaripura berasal dari tiga nama, yakni Mada diambil dari nama Gajah Mada. Kari memiliki arti peninggalan, sedangkan Pura berarti sembahyang atau semedi. Secara keseluruhan Madakaripura bermakna gajah yang sedang meninggal di kala sembahyang.

Menurut cerita warga sekitar, Gajah Mada menghabiskan sisa hidupnya di Air Terjun Madakaripura sampai akhir hayatnya untuk bersemedi dan merenung atas perbuatannya dalam perang di Kerajaan Sunda Galuh yang menewaskan ratusan orang.

BACA JUGA: Coban Talun: Keindahan, Harga Tiket, Jam Buka, dan Rute

Harga Tiket dan Jam Buka

air terjun madakaripura
Unsplash/Kalen Emsley

Untuk menikmati keindahan air terjun ini pengunjung akan dikenakan biaya tiket. Harga tiket masuk kawasan bisa dikatakan cukup terjangkau, cukup dengan membayar Rp33 ribu. Sementara itu, untuk jam bukanya, Air Terjun Madakaripura buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai 16.00 WIB.

Rute dan Akses Menuju Kesana

Madakaripura berada di Jalan Raya Lumbang, Desa Tersono, Kecamatan Lumbang, Probolinggo, lokasinya masih berada dalam kawasan Bromo Tengger Semeru. Air terjun ini lebih mudah diakses jika Sedulur berangkat dari kota Probolinggo yang hanya memerlukan waktu perjalanan sekitar 1 jam.

Untuk kendaraan umum Sedulur bisa menggunakan bus dari terminal Bayuangga Probolinggo menuju arah Tongas atau Lumbang. Kemudian turun di perempatan Tongas untuk lanjut naik angkot ke Pasar Lumbang.

Dari pasar Lumbang Sedulur tinggal naik ojek agar bisa sampai ke pintu masuk Air Terjun Madakaripura. Sesampainya di pintu masuk Sedulur masih harus berjalan kaki sekitar 1,5 km melewati lembah dan jalan setapak. Lelah jalan kaki ini akan terbayarkan saat Sedulur tiba di lokasi air terjun yang segar dan indah.

Oia, agar tidak terlalu capek dan badan tetap bisa kembali segar. Sedulur sebaiknya mempersiapkan perbekalan yang cukup dengan membawa snack dan Air Minum Pirlo . Minuman dalam kemasan satu ini cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata dan menjelajah alam bebas nusantara. 

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp

BACA JUGA: Pesona dan Sejarah Kampung Warna-Warni Jodipan yang Unik!

Keunikan dan Daya Tarik Air Terjun Madakaripura

air terjun madakaripura
Unsplash/Pioneer Walks

Keindahan air terjun ini terletak pada tebing-tebing tinggi yang mengeliling aliran airnya. Tebing batu berlumut hijau ini memberikan kesan magis dan menakjubkan bagi siapapun yang datang.

Tidak hanya sampai disitu, selama perjalanan menuju air terjun, Sedulur akan mendapat suguhan pemandangan indah lembah dan sungai pegunungan Tengger. Dan berikut ini beberapa daya tarik dan keunikan lainnya di Air Terjun Madakaripura:

1. Serunya trekking

Lokasinya yang cukup tersembunyi menjadi alasan bagi sebagian wisatawan untuk melakukan aktivitas trekking. Dari pintu masuk kawasan Madakaripura, Sedulur harus melewati jalan setapak sepanjang 1,5 km selama 30 menit.

Jalur trek ini meliputi bebatuan, lembah, sungai, dan jembatan yang akan membuat seluruh anggota badan Sedulur bergerak. Selain menikmati pemandangan, Sedulur juga bisa sehat dengan mengunjungi air terjun ini.

2. Cocok untuk melepas penat dan relaksasi

Suasana yang nyaman dan tenang di sekitar air terjun menjadikan Madakaripura tempat yang pas untuk menenangkan diri. Segala penat, lelah dan beban seolah hilang saat Sedulur duduk menikmati pemandangan.

Ditambah lagi air jernih yang menyegarkan seluruh badan Sedulur membantu menghilangkan segala pengaruh negatif.

3. Pemandangan yang eksotis

Kontur lingkungannya yang unik sangat sayang jika tidak diabadikan ke dalam foto-foto Sedulur. Sinar matahari yang mengenai tebing dan air terlihat sangat menakjubkan.

Belum lagi tanaman merambat di dinding-dinding tebing menambah keindahan alam kawasan Madakaripura ini. Setiap foto yang Sedulur ambil dari kawasan ini akan memberikan kesan magis dan terlihat sangat epik.

Demikian tadi informasi tentang Air Terjun Madakaripura di Probolinggo. Destinasi wisata satu ini memang sangat eksotis dan unik, apalagi Air Terjun Madakaripura termasuk sebagai air terjun tertinggi di Indonesia. Belum lagi, sejarah dari air terjun ini yang juga sangat seru untuk disimak. Semoga informasi kali ini bermanfaat ya!