pantai cacalan

Wisata pantai selalu menarik untuk menjadi pilihan menghabiskan waktu liburan dan bersantai. Salah satunya wilayah terbaik untuk berburu keindahan pantai adalah di Jawa Timur. Dimana di Banyuwangi, terdapat sebuah pantai bernama Pantai Cacalan yang terkenal dengan kindahan pasir dan matahari terbenamnya.

Pantai Cacalan memang tidak sepopuler dengan beberapa destinasi lain seperti Pantai Pulau Merah atau Kawah Ijen. Namun, pantai ini bisa memberikan pengalaman yang berbeda kepada Sedulur yang ingin menghabiskan waktu dengan lebih private.

Objek wisata ini kian tenar pasca melejitnya Pantai Boom beberapa waktu lalu. Hal ini disebabkan oleh karena lokasinya yang berdekatan dan juga fasilitasnya yang komplit. Apalagi lokasinya yang dekat dengan kota menjadikan pantai ini sangat direkomendasikan untuk Sedulur kunjungi. Tapi sebelum itu, simak dulu informasi lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: 17 Tempat Kuliner Mojokerto yang Tak Boleh Dilewatkan, Nikmat!

Sekilas Tentang Pantai Cacalan

pantai cacalan
Pexels/Jhency Xang

Pantai Cacalan dikelola oleh kelompok Sadar Wisata yang terdiri dari warga desa kelurahan setempat. Dimulai dari kepedulian lingkungan pantai secara sukarela oleh warga, menanam bibit pohon di sepanjang pantai untuk membuat benteng abrasi.

Selain itu, masyarakat juga melakukan tradisi orang tua dahulu seperti Rabu wekasan di wilayah Pantai Cacalan. Aktivitas ini menjadi salah satu kepedulian warga melestarikan alam dan budaya.

Pantai ini merupakan salah satu referensi objek wisata pantai populer di Banyuwangi. Tempat wisata bahari ini menyajikan pemandangan alam yang masih natural dengan pasir putih yang terhampar luas.

Air lautnya berwarna biru gradasi, mengindikasikan kedalaman perairan yang berbeda di pantai tersebut. Uniknya lagi, ombak di pantai ini terbilang kecil sehingga cenderung aman untuk lokasi bermain air, terutama bagi anak-anak.

Kemudian soal asal-usul, nama Cacalan ini rupanya terinspirasi dari kata ‘cacal’ atau ‘dipacul’ yang artinya ‘dicangkul’. Jadi, dahulu area pesisir pantai berupa hutan bambu atau Jajang. Pohon-pohon bambu tersebut kemudian dicacal sehingga area pesisir tersebut bersih dari pepohonan.

Namun ada cerita lain lagi yang beredar terkait dengan sejarah penamaan pantai ini. Menurut masyarakat lokal, nama pantai ini terinspirasi dari cerita pada masa penjajahan. Katanya dulu pantai ini adalah tempat pembuangan para pejuang yang gugur.

Untuk menghilangkan jejak, para pejuang yang telah gugur ini dicacah tubuhnya lalu dibuang di perairan pantai ini. Terlepas benar atau tidaknya cerita di atas, mari kita berdoa sejenak untuk semua pejuang Indonesia yang telah gugur.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Cacalan

Objek wisata pantai ini terletak di Desa Sukowidi, Klatak, Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi. Rute menuju pantai ini tergolong mudah. Jika berangkat dari Kota Banyuwangi, Sedulur bisa langsung arahkan kendaraan ke Pelabuhan Ketapang. Di sini nantinya Sedulur akan melewati Pasar Lateng atau Pasar Kampung Arab.

Ikuti saja jalan tersebut hingga ke pertigaan lampu merah Sukowidi. Silahkan lurus saja hingga melewati SPBU di sebelah kiri jalan. Tak jauh dari titik tersebut, terdapat gapura bertuliskan nama pantai yang sedang Sedulur tuju. Jadi, Sedulur tinggal masuk saja dan mengikuti jalan.

Jam Operasional Pantai Cacalan

Karena tempat ini adalah salah satu sunrise spot view, pantai ini sudah buka dari jam 04.30, sedang jam tutupnya maksimal jam 23.00 WIB. Jadi kalau Sedulur sangat menyukai suasana malam hari di pantai, tentu bisa langsung datang ke sini. Sedulur bisa datang saat weekdays ataupun weekend karena pantai ini buka setiap hari.

Harga Tiket Masuk Pantai Cacalan

Tidak ada tiket masuk di tempat wisata ini, alias gratis. Namun ada retribusi lainnya yang harus Sedulur bayarkan. Retribusi tersebut terdiri dari biaya parkir dan  biaya sewa wahana (kano, perahu, dan kuda). Berikut adalah info tarif retribusinya:

  • Parkir Motor: Rp2.000
  • Parkir Mobil: Rp5.000
  • Sewa Perahu: Rp10.000 – Rp20.000
  • Sewa Kano: Rp20.000
  • Sewa Kuda: Rp25.000

Tapi perlu dicatat bahwa tarif di atas tidak tetap dan bisa berubah-ubah sewaktu-waktu. Jadi, dapat naik saat libur panjang dan libur akhir pekan. Akan tetapi harga itu bisa dijadikan sebagai referensi.

BACA JUGA: 15 Wisata Sumenep dengan Pemandangan Indah

Daya Tarik Pantai Cacalan

pantai cacalan
Pexels/Timmossholder

Pantai Cacalan salah satu pantai hidden gems di Banyuwangi. Menariknya, jalan masuk menuju pantai ini juga merupakan tempat Lundin Industry Invest yaitu perusahaan galangan kapal yang memproduksi kapal militer berbasis teknologi Swedia yang sudah berdiri sejak 2001. Lalu apa saja daya tariknya? Simak di bawah ini!

1. Area perahu kano

Area permainan perahu kano berada di rawa dangkal yang berada dekat dengan Pantai Cacalan. Rawa yang banyak ditumbuhi pohon bakau tersebut diubah menjadi area permainan kano yang menarik. Cukup dengan membayar Rp20 ribu saja, Sedulur sudah bisa mencoba mengendarai kano berkeliling rawa tersebut.

Satu kano bisa ditumpangi oleh maksimal 1 dewasa dan 1 anak-anak. Saat akhir pekan atau hari libur, permainan kano menjadi daya tarik utama bagi anak-anak. Tentunya harus didampingi oleh orang dewasa. Tak hanya satu perahu, di sini ada lebih dari 5 perahu kano yang disewakan jadi Sedulur tidak perlu antri terlalu lama.

2. Rumah merpati

Sesuai judul artikel, pantai Cacalan memang cocok dijadikan destinasi wisata keluarga. Di sini adapula rumah merpati. Rumah merpati ini dihuni oleh puluhan merpati-merpati cantik. Merpati ini biasanya akan terbang bergerombol saat diberi makan. Sedulur juga bisa lho berfoto bersama merpati-merpati ini, hubungi saja petugas yang berjaga di sekitar area rumah merpati.

3. Spot foto yang unik

Salah satu Spot foto yang paling menarik di sini adalah wahana ayunan. Dengan wahana ini, Sedulur dapat berpose dengan laut biru sebagai background-nya. Namun ada juga pengunjung yang memanfaatkan pondok di tepi pantai sebagai spot foto yang potensial.

4. Belajar berkuda di pantai

Pagi-pagi sekali sekitar jam 6, di sekitar pantai biasanya sudah ada beberapa stand penyewaan kuda. Sedulur dapat menyewa kuda untuk menyusuri pantai usai puas menikmati sunrise.

5. Pondok bersantai

Tak perlu repot membawa perbekalan ataupun tikar pribadi. Pantai Cacalan juga memiliki fasilitas pondok-pondok santai, yang tersebar di seluruh area pantai. Sedulur bisa memesan makanan dari warung-warung sekitar, kemudian duduk santai dan ngobrol dengan sanak famili di pondok.

Sembari menikmati makanan atau minuman yang tersaji. Dengan pemandangan yang asri, dan angin pantai yang sepoi-sepoi bisa membuat liburan dan keluarga terasa nyaman dan menenangkan.

6. Spot menikmati pemandangan matahari

Pantai Cacalan juga merupakan salah satu spot terbaik untuk melihat matahari terbit di Banyuwangi. Kota Banyuwangi sendiri memiliki julukan Sunrise of Java, yang berarti matahari terbit terlebih dulu di Banyuwangi dibandingkan dengan keseluruhan Pulau Jawa.

Oleh karena itulah, tak sedikit pula pengunjung yang sengaja memilih waktu pagi hari untuk berkunjung ke Pantai Cacalan. Biasanya sekaligus olahraga pagi. Selain matahari terbitnya yang selalu dinanti, saat berkunjung ke Banyuwangi Sedulur juga bisa menyaksikan sunset yang mengagumkan.

BACA JUGA: Pantai Bangsring Banyuwangi, Pesona Bawah Laut yang Indah

Fasilitas di Pantai Cacalan

pantai cacalan
Pexels/Elena Zhuravleva

Pantai ini menyuguhkan berbagai fasilitas umum yang lengkap dan cukup memadai. Mushola dan area parkir adalah dua contoh fasilitas umum yang bisa Sedulur temui di sini.

Fasilitas lainnya yaitu warung makan atau cafetaria yang tak hanya menjual kopi andalan untuk nikmati sunrise saja. Melainkan ada juga ragam menu makanan khas Banyuwangi yang terkenal enak. 

Selain itu, ada fasilitas toilet umum, kamar mandi, dan ruang bilas yang disediakan khusus untuk para pengunjung. Satu lagi fasilitas yang jarang dijumpai di wisata pantai di Banyuwangi, bahkan sekelas Pulau Merah.

Fasilitas-fasilitas tersebut adalah bilik serba guna yang biasanya juga digunakan untuk pertemuan, gathering, dan acara bersama rombongan lainnya.

Toko Oleh-Oleh khas Banyuwangi

Saat pulang berwisata dari Pantai Cacalan, Sedulur juga bisa membeli oleh-oleh khas Banyuwangi yang tersedia di toko oleh-oleh. Toko oleh-oleh tersebut berada di dalam area pantai. Oleh-oleh khas Banyuwangi mulai dari jajanan hingga baju tersedia.

Itulah tadi sejumlah informasi yang perlu Sedulur tahu tentang Pantai Cacalan. Banyak sekali daya tarik yang bisa Sedulur nikmati dan juga sudah memiliki fasilitas lengkap. Jadi, kapan mau berlibur ke Pantai Cacalan?

Namun, sebelum ke sana sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum ya. Misalnya membawa Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke pantai ini.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat berlibur!