kebun teh kertowono gucialit lumajang

Kabupaten Lumajang memang terkenal akan berbagai objek wisata alam yang menarik, terutama di kalangan anak-anak muda. Dari sekian banyak wisata alam yang tersedia, Kebun Teh Kertowono Gucialit Lumajang menjadi salah satu yang sedang hits.

Kebun teh ini menyajikan pemandangan alam yang sangat indah, berupa hamparan kebun teh yang mampu memanjakan mata dan menenangkan pikiran. Dengan begitu, kebun teh ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk tempat healing di waktu liburan.

Nuansa yang tenang dengan udara yang sejuk, dijamin membuat para pengunjung merasa betah untuk berada di kawasan wisata ini dalam waktu yang lama. Hal ini bisa terjadi karena Kebun Teh Kertowono Gucialit Lumajang berada di kawasan lereng gunung Semeru dengan ketinggian 1.200 mdpl.

Oleh sebab itu, untuk bisa sampai ke objek wisata tersebut, dibutuhkan tenaga ekstra dan persiapan yang baik. Untuk itu, langsung saja simak dulu informasi mengenai Kebun Teh Kertowono Gucialit Lumajang yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: Pantai Bangsring Banyuwangi, Pesona Bawah Laut yang Indah

Kebun Teh Kertowono Gucialit Lumajang

kebun teh kertowono gucialit lumajang
Unsplash/Anil Xavier

Kebun Teh Kertowono Guncalit Lumajang merupakan salah satu tempat wisata alam yang menawarkan pemandangan hijau perkebunan teh yang luas dan mempesona. Kebun Teh ini menjadi destinasi wisata yang menarik bagi para pengunjung yang ingin menikmati udara segar dan pemandangan yang asri.

Kebun Teh Kertowono menawarkan panorama kebun teh yang hijau membentang luas. Panorama tersebut tentu saja sangat indah dilihat dari berbagai sudut. Para pengunjung juga bisa berjalan-jalan atau bersepeda melintasi jalan-jalan setapak yang melalui perkebunan.

Tidak hanya itu, lokasi dari kebun teh yang berada di dataran tinggi membuat udara yang ada di sini sangat sejuk dan terasa segar. Suasana yang tenang dan damai sangat cocok bagi Sedulur yang ingin melepaskan penat dari rutinitas harian.

Menariknya lagi, para pengunjung juga memiliki kesempatan untuk mempelajari proses produksi teh, mulai dari pemetikan daun teh hingga proses pengeringan dan pengolahan akhir. Tentunya hal ini akan memberikan pengetahuan yang berharga tentang bagaimana teh yang biasa kita minum diproduksi.

Nah, beberapa area di Kebun Teh Kertowono menyediakan spot yang baik untuk piknik. Jadi bagi Sedulur yang sedang bingung mencari tempat wisata alam yang cocok dikunjungi bersama keluarga atau teman-teman, maka kebun teh ini bisa menjadi salah satu opsi yang menarik.

Lokasi Kebun Teh Kertowono

Kebun Teh Kertowono Gucialit Lumajang berlokasi di Desa Gucialit, Kecamatan Gucialit, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Seperti yang sudah dikatakan objek wisata alam yang satu ini berada di kawasan lereng gunung Semeru yang memiliki ketinggian 1.200 mdpl.

Hal itulah yang membuat Kebun Teh Kertowono memiliki suasana yang asri dengan suhu yang cukup dingin. Membuat siapa saja merasa nyaman untuk berada di area wisata tersebut dalam waktu yang lama.

Rute Menuju Lokasi

Kebun Teh Kertowono Gucialit Lumajang ini berjarak cukup jauh dari pusat kota Lumajang, yakni kurang lebih sekitar 21 km jauhnya. Ya, Sedulur dapat menuju ke lokasi wisata dengan waktu tempuh sekitar 30 menit sampai 40 menit.

Nah, jika Sedulur memulai perjalanan dari kota Lumajang, maka bisa melalui Jalan Raya Gucialit untuk menuju ke arah Kecamatan Guci Alit. Selain itu, akses jalan lain yang dapat pilih untuk sampai lokasi yakni dari arah barat, yaitu Surabaya ke Probolinggo menuju arah selatan dari kota Jember.

Selain itu, Sedulur juga bisa lewat Malang, hanya saja jarak yang dilalui sedikit lebih jauh. Silahkan pilih rute mana yang paling sesuai dengan keinginan.

Jam Buka dan Jam Tutup

Kebun Teh Kertowono Gucialit Lumajang ini dibuka setiap hari secara umum untuk para wisatawan, baik itu dari dalam maupun luar daerah. Objek wisata ini mulai buka dari pagi hari, sehingga bisa menikmati udara pagi yang sejuk dan menangkan.

Sementara untuk jam tutupnya, objek wisata kebun teh ini tutup sore hari sebelum petang. Jadi Sedulur bisa menghabiskan waktu seharian di tempat ini. Nah, untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini jam operasional dari Kebun Teh Kertowono.

  • Senin : 08.00 WIB – 17.00 WIB
  • Selasa : 08.00 WIB – 17.00 WIB
  • Rabu : 08.00 WIB – 17.00 WIB
  • Kamis  : 08.00 WIB – 17.00 WIB
  • Jumat : 08.00 WIB – 17.00 WIB
  • Sabtu : 08.00 WIB – 17.00 WIB
  • Minggu : 08.00 WIB – 17.00 WIB

Harga Tiket Masuk

Kebun Teh Kertowono memang sangat tepat untuk dijadikan destinasi ketika Sedulur ingin menghilangkan penat dan juga rasa stres usai menjalani aktivitas sehari-hari yang melelahkan. Objek wisata ini juga menawarkan paket wisata edukasi, mulai dari proses pemetikan teh, pengemasan, hingga mencobanya.

Tidak hanya itu saja, Kebun Teh Kertowono ini juga menyediakan fasilitas area berkemah alias camping ground, bagi yang ingin bermalam dan menyaksikan sunrise atau matahari terbit. Nah, harga tiket masuk yang dikenakan di objek wisata kebun teh ini cukup terjangkau, yakni hanya Rp5.000 saja per orang.

Dan bagi yang ingin bermalam di sini, telah tersedia villa penginapan yang mana Sedulur harus membayar biaya menginap per malamnya. Selain itu, Sedulur juga harus menyediakan dana untuk keperluan lain seperti tarif parkir dan menikmati hidangan di warung yang ada di sekitar lokasi.

BACA JUGA: 10 Spot Snorkeling Banyuwangi Paling Worth It, Karangnya Indah!

Daya Tarik yang Dimiliki

Unsplash/Muhammad Prayogi

Kebun Teh Kertowono terletak di area pegunungan dan memiliki pemandangan alam yang sangat indah dengan udara yang segar. Nah, terdapat beberapa daya tarik utama yang menjadikan kebun teh ini sebagai sebuah destinasi yang patut dikunjungi, baik oleh turis lokal maupun luar daerah.

1. Pemandangan alam yang cantik

Salah satu daya tarik utama Kebun Teh Kertowono adalah hamparan kebun teh yang luas dan hijau. Warna hijau yang menyegarkan mata membentang sejauh pandangan mata memandang, memberikan kesan ketenangan dan kedamaian.

Selain itu, kebun teh ini dikelilingi oleh pegunungan yang menjulang, menciptakan latar belakang yang dramatis untuk pemandangan hijau kebun teh. Kabut yang sering turun di pagi dan sore hari menambah nuansa mistis dan mempesona pada pemandangan tersebut.

2. Udara sejuk yang menyegarkan

Kebun Teh Kertowono terletak di ketinggian yang lebih tinggi dari permukaan laut, di mana suhu cenderung lebih rendah. Ketinggian ini tidak hanya menghasilkan suhu yang lebih sejuk tetapi juga memberikan udara yang lebih bersih dan bebas dari polutan yang sering ditemukan di area urban.

Kesempatan untuk menikmati udara segar dan sejuk di Kebun Teh Kertowono tentu saja menambahkan daya tarik yang signifikan untuk wisatawan yang mencari pelarian dari rutinitas harian dan mencari kesegaran dalam lingkungan alami yang indah.

3. Beragam pilihan wisata

Kebun teh yang luas dengan latar belakang pegunungan yang indah menyediakan kesempatan sempurna untuk berjalan-jalan santai atau melakukan hiking. Ada berbagai jalur yang bisa diikuti, baik untuk pemula maupun penggemar hiking yang lebih berpengalaman.

Bagi Sedulur yang lebih suka dengan aktivitas yang lebih dinamis, bersepeda di sekitar kebun teh dapat menjadi pilihan yang menyenangkan. Ini adalah cara yang menarik untuk menjelajahi area yang lebih luas sambil berolahraga.

4. Edukasi tentang teh

Di sini, para pengunjung dapat belajar tentang berbagai jenis tanaman teh, kondisi tanah dan iklim yang ideal untuk pertumbuhan teh, serta teknik-teknik pertanian yang digunakan untuk memastikan kualitas daun teh yang tinggi.

Sedulur juga bisa tahu informasi tentang pemangkasan, pemeliharaan tanah, dan pencegahan hama. Selain itu, ada pula paket tur yang memperlihatkan bagaimana daun teh diolah setelah dipetik. Dan menariknya, para wisatawan juga bisa menikmati teh yang ditanam dan diproses di tempat ini.

5. Kuliner lokal

Seperti yang dikatakan sebelumnya, pengunjung dapat mencicipi berbagai jenis teh yang diproduksi langsung di kebun. Ya, menyeduh dan menikmati teh di tempat teh itu tumbuh menambah pengalaman yang sangat otentik dan memuaskan.

Beberapa hidangan lokal yang khas juga bisa Sedulur nikmati di objek wisata satu ini. Makanan-makanan tersebut tentu saja disajikan dengan bumbu dan rempah-rempah lokal yang kaya, memberikan rasa yang kuat dan memuaskan.

6. Berkemah

Berkemah di Kebun Teh Kertowono tentu saja bisa menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan dan memikat. Hal ini juga memungkinkan para pengunjung untuk benar-benar merasakan kedamaian dan keindahan alam pegunungan secara lebih dekat.

Berkemah bersama dengan keluarga atau teman-teman di area kebun teh yang satu ini, akan memberikan kesempatan untuk terhubung dengan alam dan menikmati lingkungan yang tenang jauh dari hiruk-pikuk kehidupan kota.

BACA JUGA: Wisata Air Terjun 7 Bidadari, Surga Tersembunyi di Jember

Fasilitas yang Tersedia

kebun teh kertowono gucialit lumajang
Unsplash/tsaiga

Kebun Teh Kertowono Gucialit Lumajang merupakan salah satu objek wisata alam yang belakangan ini sedang banyak dibicarakan. Hal itu membuat tempat tersebut semakin banyak dikunjungi oleh para wisatawan dari dalam dan luar daerah.

Selain itu, saking banyaknya pengunjung yang datang membuat pihak pengelola objek wisata menyediakan berbagai macam fasilitas untuk mendukung aktivitas dari para pengunjung. Kurang lebih, berikut ini beberapa fasilitas yang bisa ditemukan di area Kebun Teh Kertowono.

  • Area parkir untuk kendaraan yang dibawa oleh para pengunjung.
  • Villa penginapan yang bisa disewa untuk bermalam dan menikmati matahari terbit.
  • Aula yang bisa digunakan untuk berbagai aktivitas, seperti rapat dan pertemuan.
  • Warung wisata yang menyediakan berbagai makanan dan minuman khas.
  • Banyak spot foto instagramable yang cocok digunakan untuk berburu foto.
  • Wahana permainan yang menarik untuk dicoba.
  • Toilet umum yang bisa digunakan oleh semua pengunjung.
  • Mushola untuk tempat beribadah Umat Muslim.
  • Gazebo dan tempat duduk untuk beristirahat dan bersantai.

Tips Sebelum Berkunjung

Sebelum berkunjung ke Kebun Teh Kertowono, ada beberapa tips yang akan membantu Sedulur untuk bisa pengalaman yang maksimal. Serta memastikan kunjungan berlangsung dengan lancar dan juga menyenangkan.

  • Karena Kebun Teh Kertowono berada di dataran tinggi, cuaca bisa berubah dengan cepat.
  • Persiapkan pakaian yang dibutuhkan, seperti jaket hujan, payung, dan pakaian hangat.
  • Jangan lupa membawa kamera atau ponsel dengan baterai yang masih penuh.
  • Ikuti semua aturan dan pedoman yang diberikan oleh pengelola kebun teh untuk menjaga tempat tersebut.
  • Jangan lupa untuk membawa tabir surya, topi, dan kacamata hitam untuk melindungi diri dari sinar UV selama berada di area kebun teh.

Oia, karena wisata satu ini membutuhkan perjalanan yang cukup melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur jalan-jalan ke Kebun Teh Gucialit ini.

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat berlibur!

Itulah informasi lengkap mengenai Kebun Teh Kertowono Gucialit Lumajang yang bisa dibagikan pada kesempatan kali ini. Udara sejuk dan segar di kebun teh sangat ideal untuk mereka yang mencari pelarian dari kesibukan dan polusi kota.