wisata bondowoso

Bondowoso memang bukan kota besar seperti Surabaya, Lamongan, atau Malang. Namun, Sedulur bisa menikmati banyak sekali wisata Bondowoso yang seru dan menyenangkan. Bahkan, untuk Sedulur yang menyukai wisata dengan konsep alam maka Bondowoso bisa jadi surga yang tak terlupakan.

Nah, supaya Sedulur bisa menikmati semua wisata Bondowoso tentu dibutuhkan panduan tempat agar rute dan rencana liburan bisa berjalan lancar. Berikut ini kami sudah menyiapkan deretan rekomendasi wisata Bondowoso terbaik dan sedang hits di tahun ini!

BACA JUGA: Makanan Khas Bojonegoro Paling Lezat Yang Tidak Boleh Terlewat

1. Kawah Wurung Bondowoso

wisata bondowoso
Phinemo

Menjadi destinasi yang wajib kamu kunjungi saat ke liburan ke Bondowoso. Kawah Wurung menyuguhkan pemandangan alam yang memesona, hijau dan penuh keajaiban yang bisa membuat kamu terpesona oleh keindahannya.

Wisata Bondowoso dengan pemandangan perbukitan dan kawah ini memiliki keunikan pada bentuknya yang tak biasa. Bagi para pecinta wisata alam, Kawah Wurung wajib kamu datangi ya!

2. Taman Bunga Villa Afdeling Jampit

Berkunjung Bondowoso khususnya area Jampit, maka tidak boleh melewatkan Villa Afdeling. Wisata Bondowoso ini memiliki objek utama yaitu taman bunga dengan berbagai jenis flora yang istimewa dan langka.

Sedulur juga bisa berfoto sembari menikmati suasana udara yang segar selama di sana. Apalagi ditambah suasana villa yang memiliki konsep indies, membuat lokasi wisata ini begitu apik.

3. Air Terjun Tancak Kembar

IDN Times

Percaya atau tidak, air terjun ini konon bisa membuat pengunjungnya awet muda jika mandi di bawahnya. Namun, jika melihat rute yang ditempuh untuk sampai ke lokasi, memang dibutuhkan jiwa dan tenaga seperti anak muda karena medan yang cukup berat. Meski begitu, dijamin kamu akan dibuat terpesona karena keindahannya.

4. Bukit Mahadewa

Ingin wisata Bondowoso yang murah meriah? Sedulur bisa langsung datang ke Bukit Mahadewa saja. Dengan harga tiket masuk sekitar Rp 3.000, kamu sudah bisa menikmati keindahan alam yang tersaji di Bukit Mahadewa.

Kamu bisa melihat hamparan luas pemandangan perbukitan yang mengelilingi Bondowoso. Dijamin pemandangannya akan semakin tak terlupakan ketika Sedulur mendatanginya saat senja akan tenggelam.

5. Bendungan Sampean Baru

Di Bondowoso, bendungan pun bisa menjadi destinasi wisata yang menarik. Salah satunya adalah Bendungan Sampean Baru. Bendungan yang menjadi urat nadi suplai air di wilayah Bondowoso ini memiliki zona pemecah arus air, tentunya keberadaan alat pemecah tersebut bisa menjadi spot berselfie kamu yang unik banget.

6. Bukit Jabal Kirmit

wisata bondowoso
Traveloka

Bukit Jabal Kirmit Bondowoso ini disebut mirip dengan bukit yang ada di Selandia Baru. Hal ini tak lepas dari terhamparnya sabana hijau yang begitu luas dengan bukit-bukit kecil di sekitarnya. 

Kawasan Bukit Jabal Kirmit ini termasuk dalam kawasan base camp pendakian Kawah Ijen. Akses jalan menuju Jabal Kirmit relatif menantang. Transportasi yang digunakan sebaiknya benar-benar dalam kondisi baik. Rute bisa ditempuh menggunakan motor ataupun mobil, terutama mobil jeep.

7. Air Terjun Belerang Kalianyar

Air Terjun Belerang ini juga terletak di Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso. Air terjun ini unik karena memiliki air belerang yang berasal dari Kawah Ijen. Wisata ini menyediakan beberapa pemandian air hangat. Namun, ketika kamu mendekati sumber air belerang jangan lupa untuk selalu berhati-hati karena jalannya licin ya!

8. Air Terjun Blawan

wisata bondowoso
Kalianyar BWS

Konon, air terjun Blawan ini menjadi tempat semedi Damar Wulan sebelum melawan Minak Jinggo. Penggemar cerita rakyat pastinya tahu dengan kisah ini. Namun, jika melihat keindahan yang disuguhkan dari air terjun ini, serta sejuk dan segarnya nuansa alam di sekitarnya,.

Jadi wajar saja jika Damar Wulan memilih tempat ini sebagai spot untuk merefleksikan diri. Namun, dibalik semua cerita rakyat yang sudah turun temurun, keindahan air terjun ini memang tiada lawan.

9. Sabana Labeng Seng

Menyebut kawasan Labeng Seng mungkin hanya diketahui oleh warga lokal. Namun jika menyebut Kawah Ilalang di Bondowoso, hampir semuanya tahu daerah yang dimaksud adalah kawasan di tengah perbukitan hijau yang indah dengan dipenuhi ilalang yang tumbuh subur dan menghadirkan pemandangan yang luar biasa indah.

10. Alun-alun Bondowoso

Travel Yuk

Wisata Bondowoso terakhir yang wajib dikunjungi adalah alun-alun kotanya. Alun-Alun Bondowoso adalah pusat kegiatan masyarakat dengan berbagai macam hiburan yang dijamin cocok untuk Sedulur nongkrong dan santai setelah seharian jalan-jalan.

Di sini, ada banyak sekali pilihan permainan, cemilan, hingga kuliner yang dijamin tidak akan membuatmu menyesal.

Demikian tadi deretan rekomendasi wisata Bondowoso yang wajib Sedulur kunjungi. Tak hanya hits dan jadi tujuan utama para wisatawan, wisata Bondowoso di atas juga menyajikan pengalaman keindahan alam yang sangat memukau.