Cara membersihkan peralatan dapur

Peralatan dapur yang digunakan setiap hari akan mengalami perubahan penampilan. Salah satu yang biasanya cukup mencolok adalah bekas gosong yang ada di permukaan dalam maupun bagian luar. Sedulur tentu perlu mengetahui tips memberiskan peralatan dapur dengan benar dan tepat.

Jika bekas gosong ini tidak segera dibersihkan, maka peralatan dapur akan lebih cepat berkerak dan berkarat. Bahkan, tidak jarang jika masalah ini tidak segera ditangani dengan baik, maka perlatan masak akan bocor dan rusak.

Nah, agar peralatan memasak di dapur tidak rusak dengan cepat. Coba simak beberapa tips dan trik membersihkannya berikut ini!

BACA JUGA: Perbedaan Teknik Shallow Frying dan Deep Frying

1. Segera bersihkan setelah dipakai

Cara membersihkan peralatan dapur
Gear Patrol

Setelah menggunakan alat memasak, sebaiknya segera membersihkannya. Kerak sisa makanan dapat dengan mudah menempel pada alat dapur dan merusak lapisan permukaannya. Oleh karena itu, setelah digunakan siram dengan air hangat, lalu bersihkan semua kerak dengan gosokan kasar. Setelah itu, Sedulur dapat bilas dan keringkan alat dapur tersebut.

2. Gunakan minyak sayur

Cara membersihkan peralatan dapur
WikiHow

Minyak sayur gak cuma bisa untuk menggoreng makanan, tapi juga menghilangkan noda gosong. Caranya mudah, tinggal oleskan minyak ke bagian alat dapur yang berkerak dan gosong secara merata.

Setelah itu, diamkan sebentar selama dua jam sampai kerak dan noda gosongnya terangkat. Jika nodanya sudah melunak, cuci dan bilas dengan air sampai bersih. Segera keringkan dengan kain, ya.

3. Cuka bisa hilangkan bekas gosong

Cara membersihkan peralatan dapur
Apartment Therapy

Cuka juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan noda gosong dan kerak. Pasalnya, cuka mengandung asam asetat yang ampuh mengangkat kerak gosong pada peralatan dapur, terlebih di panci dan wajan.

Cukup siramkan cuka ke bagian yang gosong dan berkerak, lalu diamkan selama beberapa menit. Biarkan sampai meresap dan mengering, lalu baru digosok dengan kawat pembersih sampai bersih.

4. Rendam dengan larutan jeruk nipis

Food Drink Life

Menggunakan jeruk nipis atau lemon juga bisa membersihkan peralatan dapur yang gosong. Gak heran kalau hampir semua sabun cuci piring menggunakan ekstrak dari jeruk nipis.

Pertama, didihkan air, lalu tuang ke baskom. Kemudian, beri air perasan jeruk nipis ke dalamnya, aduk sampai merata. Rendam peralatan dapur yang gosong dan berkerak selama semalaman, supaya nodanya hilang dan mudah mencucinya.

5. Manfaatkan baking soda saat mencuci

The New York Times

Manfaat baking soda bukan hanya untuk mengambangkan adonan kue. Bahan ini juga bisa menghilangkan noda gosong dalam sekejap. Caranya mudah, tinggal dicampurkan ke dalam air hingga larut, lalu didihkan.

Nantinya, larutan baking soda tersebut dioleskan ke permukaan alat dapur yang gosong. Biar maksimal, diamkan alat dapur yang sudah dioleh selama beberapa jam. Setelah itu, baru dicuci dan dibilas dengan sabun cuci piring.

6. Gosok permukaan dengan garam kasar

Country Living Magazine

Kandungan pada garam dapat membersihkan bakteri yang terdapat pada alat dapur. Antibakteri pada garam dapat membersihkan kuman dengan sangat baik terutama setelah digunakan untuk mengolah daging atau ikan mentah.

Sebelum memberi garam, langkah awal yang harus dilakukan adalah mencuci alat dapur berbahan kayu menggunakan air panas hingga benar-benar bersih. Lalu, taburkan garam pada peralatan dapur tersebut. Setelah itu, gosok menggunakan lemon hingga garam hilang.

Fungsi garam yang dipadukan dengan lemon adalah sebagai membersihkan noda makanan dan noda gosong pada peralatan dengan maksimal. Langkah selanjutnya, cukup bilas dengan air dingin dan tiriskan hingga kering.    

7. Pakai sabun cuci yang tepat

Of Kitchen

Noda gosong dan kerak di alat masak memang sangat mengganggu. Namun, dengan semakin banyaknya sabun cuci piring dan peralatan memasak, Sedulur jadi bisa lebih mudah untuk menyelesaikan masalah ini.

Pilihlah sabun cuci yang memiliki formulasi untuk menghilangkan noda gosong, noda minyak, dan karak. Umumnya sabun cuci ini cukup mahal di pasaran. Tapi harganya akan sangat worth it untuk membersihkan peralatan memasak Sedulur.

Alat Dapur Stainless harus Di-treatment Khusus

Serious Eats

Setelah membahas cara membersihkan bekas gosong di peralatan memasak. Sedulur juga harus tahu, bahwa langkah di atas tidak bisa diterapkan secara general pada semua peralatan masak.

Untuk peralatan memasak yang dibuat dari bahan stainless, maka perlu perawatan khusus ketika dicuci dan menghilangkan bekas gosong yang menempel. Berikut ini beberapa cara dan tips membersihkan peralatan dapur stainless.

  • Siapkan cuka (lebih baik menggunakan cuka semprot), minyak (zaitun), dan kain lap berserat halus.
  • Cermati pola serat yang terdapat pada alat dapur berbahan stainless steel. Pola serat sangat erat hubungannya dengan bahan kayu.
  • Jika Sedulur perhatikan dengan cermat, bahan stainless steel juga memiliki pola serat yang mirip. Serat tersebut berpola antara vertikal atau horizontal. Sebaiknya kamu segera menyeka sesuai dengan arah pola serat tersebut.
  • Semprot alat dapur stainless steel Sedulur menggunakan cuka secukupnya.
  • Dengan menggunakan kain lap, seka cuka searah dengan pola serat. Pada tahap ini, noda kusam pada alat dapur stainless steel Sedulur mulai menghilang.
  • Tuangkan sedikit minyak zaitun pada kain.
  • Gunakan kain yang telah diberi minyak tersebut untuk memoles alat dapur stainless steel.  
  • Setelah melakukan langkah-langkah di atas, Sedulur dapat memiliki alat dapur stainless steel yang kembali mengkilap.

Demikian tadi tips membersihkan peralatan dapur yang bisa Sedulur lakukan. Walaupun terlihat sepele, jangan sampai noda gosong dan karak pada peralatan dapur diam terlalu lama. Karena bukan hanya bisa membuat alat masak berkarat, tapi juga rusak.