cara merebus jengkol agar tidak bau

Jengkol merupakan makanan yang umumnya disukai oleh masyarakat Indonesia meski memiliki aroma yang menyengat. Namun, aroma ini bisa menghilang jika jengkol diolah dengan benar. Salah satunya dengan merebus. Cara merebus jengkol agar tidak bau sendiri memang memerlukan keahlian khusus karena ini menjadi kunci olahan jengkol yang enak.

Jika Sedulur sedang mencari cara untuk mengolah jengkol yang benar, maka bisa menyimak beberapa teknik memasaknya. Terdapat beberapa cara yang bisa Sedulur terapkan agar jengkol bisa nikmat dikonsumsi tanpa meninggalkan aroma yang bau. Lantas seperti apa cara merebus jengkol agar tidak bau? Yuk, mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 7 Cara Memasak Beras Hitam Organik Jadi Pulen dan Lembut

1. Cuci bersih jengkol

cara merebus jengkol agar tidak bau
KlikDokter

Sebelum melakukan cara merebus jengkol agar tidak bau, dari awal mencuci jengkol Sedulur harus melakukannya dengan cara yang tepat. Terutama jika Sedulur menggunakan jengkol tua, mencuci jengkol merupakan kewajiban. Agar jengkol benar-benar bersih dari kotoran. Lebih baik lagi jika jengkol di cuci dengan menggunakan air mengalir. Hal ini akan membuat jengkol benar-benar bersih dan terhindar dari kotoran.

2. Rendam jengkol

Just Try It

Ada satu tahapan lagi sebelum Sedulur melakukan cara merebus jengkol agar tidak bau, yaitu dengan merendam jengkol. Di dalam jengkol terkandung asam oksalat, jika Sedulur ingin menghilangkan kandungan tersebut, Sedulur bisa merendam jengkol selama tiga hari berturut-turut.

Sedulur juga harus mengganti air rendaman setiap hari. Merendam jengkol dalam air beras selama satu malam sudah cukup untuk membuat aroma jengkol yang tidak sedap menghilang. Sedulur bisa menggunakan air cucian beras pertama.

Gunakan air cucian beras tersebut untuk merendam jengkol selama satu hari satu malam. Akan lebih baik jika wadah untuk merendam juga memiliki penutup. Setelah direndam semalaman, angkat jengkol dan tiriskan. Biasanya, cara ini digunakan untuk jengkol yang hendak dimasak goreng balado atau hanya untuk lalapan dengan sambal terasi tanpa dimasak apa pun.

3. Rebus jengkol tanpa tambahan bahan

Fimela

Nah, baru Sedulur bisa masuk ke cara merebus jengkol agar tidak bau. Sedulur bisa langsung merebus jengkol tanpa menggunakan tambahan sama sekali. Namun Sedulur harus memastikan air rebusan mendidih terlebih dahulu, sebelum memasukkan jengkol.

Ketika air rebusan dalam panci sudah mendidih, Sedulur bisa memasukkan jengkol. Rebus jengkol selama 10-15 menit. Jika ingin benar-benar empuk dan baunya menghilang Sedulur bisa merebusnya selama 20-30 menit.

4. Rebus jengkol dengan kopi

Kompas

Selain melakukan cara merebus jengkol agar tidak bau dengan tidak menggunakan bahan tambahan apapun, Sedulur bisa langsung merebus jengkol dengan menggunakan kopi agar bau dari jengkol bisa menghilang.

Waktu yang dibutuhkan untuk merebus jengkol menggunakan kopi pun lebih lama. Sekitar satu jam, waktu yang dibutuhkan untuk merebus jengkol dengan kopi agar aroma dari jengkol bisa sepenuhnya menghilang.

5. Rebus dengan daun jambu biji

Komplain Media

Selain menggunakan kopi, cara merebus jengkol yang benar juga bisa menggunakan daun jambu biji. Namun, untuk merebus jengkol menggunakan jambu biji, Sedulur bisa memilih untuk mengupas jengkol sebelum atau sesudah di rebus.

Agar jengkol lebih wangi atau aroma tidak sedap dari jengkol bisa hilang, Sedulur bisa mengupas terlebih dahulu kulit jengkol lalu merebusnya dengan menggunakan daun jambu biji.

6. Rebus jengkol dengan daun salam

Cookpad

Kali ini Sedulur juga bisa merebus jengkol dengan daun salam, selain dengan daun jambu biji dan bubuk kopi. Daun salam menjadi salah satu cara merebus jengkol agar empuk dan tidak bau. Hal ini sudah banyak dilakukan secara umum karena daun salam banyak dipakai di aneka masakan. Daun salam berfungsi untuk menetralisir bau dan rasa pahitnya. Kamu juga bisa memipihkan jengkol saat merebus jengkol.

7. Goreng jengkol

cara merebus jengkol agar tidak bau
iStock

Setelah selesai merebus jengkol, Sedulur bisa meniriskan jengkol terlebih dahulu. Selanjutnya, Sedulur bisa menggoreng jengkol. Bahkan, agar menghilangkan bau jengkol, Sedulur bisa menggoreng jengkol menggunakan minyak hingga minyaknya habis terserap jengkol.

Dengan digoreng, kandungan air dalam jengkol akan menguap dan membuat aroma tidak sedap yang ada di dalam jengkol bisa hilang atau setidaknya berkurang.

8. Memarkan jengkol

Cookpad

Setelah melakukan cara merebus jengkol yang benar dengan beberapa bahan di atas. Sedulur bisa menggoreng jengkol agar aromanya semakin hilang. Nah, setelah jengkol matang dan selesai digoreng, langkah selanjutnya yang bisa Sedulur lakukan adalah dengan mememarkan jengkol.

Sedulur bisa mememarkan jengkol dengan memukul-mukul jengkol, atau Sedulur juga bisa menggeprek-geprek jengkol hingga jengkol pipih. Setelahnya, Sedulur bisa langsung mengolah jengkol dengan berbagai resep yang Sedulur sukai.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Makanan Untuk Diet Sehat Yang Harus Dicoba

Cara memilih jengkol yang tepat

cara merebus jengkol agar tidak bau
iStock

Selain mengetahui cara merebus jengkol agar tidak bau yang telah dijelaskan sebelumnya, Sedulur juga harus tahu bagaimana cara memilih jengkol yang tepat. Pada dasarnya, jengkol yang tepat atau jengkol yang baik untuk dikonsumsi adalah jengkol yang sudah berumur tua.

Namun, perlu ketelitian agar dapat memilih jengkol yang berumur tua. Sedulur bisa memilih jengkol yang tua dengan memperhatikan beberapa ciri-cirinya. Seperti warna daging jengkol yang kuning cenderung putih serta tekstur dari jengkol yang liat dan sulit dipatahkan.

Maka dari itu, penting untuk Sedulur mengetahui ciri-ciri jengkol tua, agar Sedulur bisa mendapatkan jengkol terbaik yang akan sangat nikmat saat diolah dan dikonsumsi.

Nah itulah cara merebus jengkol agar tidak bau, tips di atas perlu Sedulur ketahui. Apalagi jika Sedulur merupakan salah satu pecinta jengkol. Agar aromanya tidak begitu menyengat dan dapat santap dengan nikmat. Semoga penjelasan di atas bisa membantu Sedulur, ya!