tips jualan sayur

Selain menjadi pedagang sembako, berjualan sayur segar juga merupakan usaha dengan potensi keuntungan yang besar. Namun, untuk bisa sukses menjalankan bisnis ini, Sedulur perlu memperhatikan beberapa tips jualan sayur.

Kenapa harus usaha jualan sayur memerlukan perhatian yang lebih, hal ini tidak lepas dari sayur yang perlu dijual saat dalam keadaan segar dan baik. Lantas apa saja cara dan tips jualan sayur di rumah yang bisa Sedulur coba? Simak berikut ini.

BACA JUGA: 14 Cara Membuat Salad Sayur Enak & Lezat Agar Si Kecil Suka

Tentukan metode penjualan

Tips jualan sayur
Unsplash

Tips jualan sayur yang pertama adalah menentukan rencana dan metode bisnis yang hendak Sedulur lakukan. Karena pada era yang sudah serba digital sekarang ini, penjualan tidak selalu dilakukan secara offline tapi juga online.

-->

Jika Sedulur sudah memiliki bayangan ingin menjalankan bisnis dengan konsep yang mana, maka bisa mulai menentukan seberapa besar yang akan dibutuhkan.

Persiapan modal menjadi tahap yang tidak boleh dilewatkan karena dengan memiliki anggaran modal yang tepat, Sedulur bisa membuat bisnis menjadi lebih jangka panjang.

Misalnya, jika Sedulur memilih untuk berjualan secara online, maka cara jual sayur online tidak membutuhkan toko offline yang terlalu besar. Sedulur bisa membuat stok sayur menyesuaikan dengan seberapa banyak orderan yang datang.

Hal ini penting dipersiapkan karena sayur merupakan kebutuhan pokok yang memiliki masa waktu kesegaran yang cukup cepat. Jadi jangan sampai Sedulur menjual barang dagangan yang sudah tidak segar lagi.

Pilih supplier yang baik

tips jualan sayur
The Balance Small Business

Salah satu tips dan cara memulai bisnis sayur online paling awal adalah dengan mencari supplier yang baik. Karena dengan memiliki mitra yang baik, Sedulur tidak akan mudah untuk dicurangi dan dirugikan.

Atau jika Sedulur ingin menentukan biaya sendiri, maka ada opsi membuat kebun organik. Cara ini cukup populer karena beberapa penjual sudah mulai mengembangkan kebunnya sendiri.

Beberapa jenis sayuran yang bisa dikembangkan dengan mudah di rumah ada selada air, daun bawang, jahe, hingga cabe.

Utamakan kesegaran sayur

selada
Unsplash

Dalam bisnis sayuran, para konsumen biasanya mengutamakan kesegaran sayur saat membeli. Untuk itu, jangan sampai Sedulur menjual sayuran yang sudah layu dan jelek karena para pembeli pasti tidak akan berminat.

Kondisi sayur yang masih segar juga menunjukkan bahwa sayuran tersebut masih memiliki kandungan gizi yang baik.

Dikutip dari laman Nature Fresh California, sayur yang sudah berubah warna menunjukkan adanya pengurangan kandungan gizi sebesar 30%. Jadi jika Sedulur ingin menjual sayur sebaiknya jual saat sayur benar-benar dalam keadaan segar dan baru saja datang dari supplier.

BACA JUGA: Mengenal Sejarah Toko Kelontong di Indonesia

Manfaatkan freezer

Bayam segar
Eat This Not That

Berkembangnya teknologi ternyata membantu dalam menemukan cara dan tips jualan sayur. Sedulur pasti sudah tahu tentang kulkas atau freezer yang memiliki kemampuan untuk menjaga berbagai macam kebutuhan pokok agar tetap dalam kualitas yang baik.

Jika Sedulur memiliki modal lebih dalam memulai bisnis sayur online, maka sebaiknya anggarkan dana untuk membeli sebuah freezer.

Barang satu ini sangat membantu untuk menjaga agar sayur bisa bertahan lebih lama dan menjaga kesegaran sayur sebelum akhirnya dijual kepada konsumen.

Jaga kebersihan lokasi jualan

tips jualan sayur
Klook

Konsumen biasanya sangat ketat dalam memperhatikan kebersihan tempat mereka membeli kebutuhan pokok khususnya sayuran. Hal ini tidak lepas dari sayuran yang biasanya menjadi bahan utama masakan atau dimakan langsung sebagai lalapan dan salad.

Untuk itu, jika Sedulur ingin menjadi pengusaha sayuran yang sukses perhatikan kebersihan tempat berjualan dan juga gudang dimana sayur disimpan. Jangan sampai sayur segar dibiarkan berada pada tempat yang sama dengan sayur yang sudah jelek atau busuk.

Selain menjaga kebersihan tempat, Sedulur juga harus memastikan setiap peralatan yang digunakan untuk memotong sayur dalam kondisi yang higenis. Hal ini tidak lepas dari mudahnya bakteri muncul di tempat yang penyimpanan barang organik seperti sayuran.

BACA JUGA: 17 Barang Kelontong Wajib Dijual, Potensi Laku Keras!

Buat packing yang menarik

tips jualan sayur
Good Mockups

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam cara memulai bisnis sayur online adalah packing atau kemasan. Pengiriman sayur yang dilakukan dengan box biasanya lebih mudah mengalami kerusakan.

Sehingga Sedulur sebaiknya mempersiapkan kemasan yang lebih aman dengan membuat packing kertas terlebih dahulu dengan lapisan bubble warp agar sayur tidak mudah tergencet oleh barang lainnya.

Lalu Sedulur bisa memasukkan sayur ke dalam kotak box yang sudah didesain dengan menggunakan nama usaha agar bisa selalu diingat oleh para konsumen.

Berikan promo offline dan online

Aplikasi Sembako
Aplikasi Super

Tips terakhir jika Sedulur ingin memulai bisnis jualan sayuran, maka perlu melakukan promo dan memasarkannya baik secara offline maupun online.

Apalagi sekarang ini sudah banyak sekali media yang bisa digunakan untuk mempromokan usahamu. Buatlah sebuah sistem pemasaran yang menarik seperti bundling sayur segar atau diskon saat berbelanja di waktu tertentu.

Promo dan pemasaran ini bisa meningkatkan keuntungan secara signifikan. Selain itu, usaha milik Sedulur juga akan lebih mudah diingat oleh para konsumen.

Daftar sayur yang berpotensi dijual

Sayur segar
Unsplash

Nah, agar Sedulur tidak bingung ingin menjual sayur apa saja dalam bisnis ini. Berikut ada sayuran terlaris di pasar yang bisa Sedulur coba.

  • Bayam
  • Kangkung
  • Sawi hijau
  • Daun singkong
  • Kacang panjang
  • Jagung manis
  • Wortel

Demikian tadi tips jualan sayur yang bisa Sedulur terapkan ketika ingin memulai menjalankan bisnis sayuran. Semoga tips di atas bisa membantu Sedulur untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dari bisnismu. Selamat mencoba!