Resep kue apem tepung beras

Kue apem merupakan jenis jajanan pasar yang tetap jadi favorit banyak orang sejak ratusan tahun lamanya. Terbuat dari tepung beras, kue apem memiliki rasa manis legit yang lezat. Jika Sedulur sedang mencari resep kue apem tepung beras untuk dibuat di rumah. Mari simak ulasan berikut ini!\

BACA JUGA: Tips Menggoreng Ayam Crispy ala Restoran Cepat Saji

Mengenal kue apem yang legendaris

resep kue apem tepung beras
Detik

Kue apem termasuk kue legendaris di Indonesia. Namun, tahukah Sedulur kalau kue tradisional sebenarnya berasal dari India. Dilansir dari Streetfoodideas, masyarakat India menyebut kue ini dengan ‘appam’. Kata ini cukup mirip dengan penyebutan di Indonesia yaitu apem.

Sebelum menjadi salah satu jajanan tradisional nusantara, kue apem sempat mengalami pengaruh dari tiga budaya yaitu Arab, Melayu dan Jawa. Hal ini terlihat dari bentuk dan warna kue apem yang sangat beragam.

-->

Selain itu, terdapat kisah dari Ki Ageng Gribig yang merupakan keturunan dari Prabu Brawijaya. Beliau dipercaya sebagai pembawa kue apem pertama di tanah air usai melakukan perjalanan ke tanah suci. Kue tersebut lantas dibagikan kepada masyarakat sebagai buah tangan dan tanda syukur kepada Tuhan.

Resep kue apem pertama merupakan campuran antara tepung beras, santan, telur, gula dan tape. Setelah itu, adonan tersebut bisa dibakar maupun dikukus.

BACA JUGA: Menilik Sejarah Gudeg Yang Legendaris, Makanan Raja di Abad Ke-15!

Resep kue apem tepung beras

kue apem original
IDN Times

Untuk bisa menciptakan kue apem original, Sedulur perlu mempersiapkan bahan utama seperti tepung beras. Jika Sedulur menggunakan tepung lainnya maka kemungkinan besar, adonan apem tidak akan lembut dan lezat.

Bahan-bahan untuk resep kue apem tepung beras bisa Sedulur cek berikut ini:

  • 750 ml santan
  • 1/2 sdt garam
  • 200 gr tape singkong masak
  • 150 gr gula pasir
  • 500 gr tepung beras
  • 100 gr tepung terigu
  • 1 bungkus ragi instan

Cara memasak resep kue apem tepung beras:

  1. Masak santan hingga mendidih lalu angkat. Diamkan hingga hangat, saring santan.
  2. Buang serat tape singkong, remas-remas hingga halus benar.
  3. Aduk bersama tepung terigu, tepung beras dan ragi instan hingga rata.
  4. Lalu tuang santan yang sudah hangat ke dalam adonan tepung, aduk-aduk hingga licin dan rata.
  5. Saring adonan dalam wadah lalu tutup wadah dengan serbet dan diamkan selama 1 jam hingga berbuih halus.
  6. Panaskan cetakan serabi dari tanah liat, wajan kecil atau cetakan kue lumpur. Olesi dengan minyak sayur tipis-tipis.
  7. Aduk-aduk adonan lalu tuangkan tiap 1 sendok makan adonan ke dalam cetakan.
  8. Masak hingga pinggirnya beku lalu tutup cetakan dan masak hingga seluruhnya matang.
  9. Angkat apem, kerjakan yang sama dengan sisa adonan.

BACA JUGA: Resep Puding Coklat Lembut dan Kenyal untuk Camilan Si Kecil

Resep apem pandan

resep kue apem tepung beras
Endeus TV

 Selain resep original, sudah ada inovasi yang cukup banyak terjadi pada kue apem. Salah satunya dari pemberian warna agar kue apem menjadi lebih menarik ketika akan dimakan. Yang paling populer adalah resep kue apem dengan pandan.

Efek penggunaan pandan ini membuat kue apem menjadi lebih wangi, sedangkan warnanya menjadi lebih kehijauan. Untuk bahan pembuatan resep kue apem tepung beras dengan pandan simak berikut ini.

  • 100 ml santan kental
  • 250 ml air
  • 125 g gula pasir
  • 2 sdt pasta pandan
  • ½ sdt garam
  • 225 g tepung beras
  • 75 g tepung terigu
  • 1 sdt ragi
  • 1 sdt baking powder

Untuk langkah membuat resep apem dengan pandan, Sedulur bisa cek berikut.

  1. Dalam panci, masak santan, air, gula pasir, pasta pandan dan garam sambil diaduk hingga mendidih. Angkat, biarkan uap panasnya hilang.
  2. Campur tepung beras, tepung terigu, ragi dan baking powder dalam mangkuk. Tuang campuran santan, aduk dengan whisk hingga licin.
  3. Tutup adonan dengan plastic wrap atau kain bersih, istirahatkan selama 45 menit hingga berbuih.
  4. Tuang adonan ke dalam cetakan kue mangkuk. Kukus dalam dandang panas selama 20 menit hingga matang dan merekah. Angkat, keluarkan dari cetakan. Sajikan.

Demikian tadi resep kue apem tepung beras yang legendaris. Jajanan tradisional ini tak hanya terkenal lezat, tapi juga cocok menjadi santapan dalam berbagai acara penting. Jadi selamat mencoba ya Sedulur!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.