Perbedaan Tepung Tapioka dan Tepung Kanji

Ada cukup banyak tepung yang dikenal dalam dunia kuliner. Setiap tepung pun memiliki karakter, fungsi, dan ciri khasnya masing-masing. Namun, masih banyak orang yang belum bisa mengetahui perbedaan tepung tapioka dan tepung kanji.

Dua nama tepung ini memang jadi bahan yang cukup sering digunakan dalam proses memasak makanan sehari-hari. Baik itu untuk membuat gorengan, cimol, cilok, sampai pempek. Untuk Sedulur yang belum mengetahui beda antara tepung tapioka dan tepung kanji, wajib untuk menyimak ulasan berikut ini.

BACA JUGA: 24 Resep Sayur Bayam Bening Segar dan Menggugah Selera

Beda tapioka dan kanji

Perbedaan Tepung tapioka dan tepung kanji
Pinterest

Bagi Sedulur yang masih bingung perbedaan tepung tapioka dan tepung kanji, maka jawaban dari pertanyaan ini adalah tidak ada bedanya.

-->

Tepung kanji dan tepung tapioka adalah jenis tepung yang sama. Di beberapa daerah lain, tepung ini juga dikenal dengan nama tepung aci.

Nama tepung tapioka sendiri berasal dari bahasa Portugis yaitu tapioca. Dimana tapioca juga berarti hasil olahan singkong yang dibuat menjadi bubuk. Sementara itu, nama kanji berasal dari bahasa Jawa yang merujuk pada tepung pati.

Namun baik tepung kanji dan tepung tapioka, keduanya sama-sama berasal dari ekstrak umbi singkong yang dibuat menjadi bubuk.

Dilihat dari kandungan gizi, tepung tapioka dan kanji juga sama. Menurut Conde Nast, dalam Nutrition Data, tepung kanji merupakan sumber karbohidrat yang rendah protein, lemak jenuh, dan sodium.  

Cara membuat tepung tapioka

Proses pembuatan tepung
Lazy Cat Kitchen

Setelah mengetahui perbedaan tepung tapioka dan tepung kanji, Sedulur juga harus mengetahui proses pembuatan tepung tapioka.

Dilansir dari Fimela, proses pembuatan tepung tapioka sebenarnya cukup sederhana dan mirip dengan pembuatan tepung sagu.

Langkah pertama dengan memarut singkong sehingga menjadi halus. Parutan singkong tersebut lalu dicampur air dan disaring. Air saringan ini nantinya akan didiamkan agar pati singkong mengendap.

Bila pati sudah mengendap, pisahkan dengan air dan keringkan pati yang tersisa. Proses pengeringan ini bisa menggunakan sinar matahari langsung atau oven. Jika sudah, pati kering tersebut bisa ditumbuk halus menjadi bubuk tepung. Proses ini menarik dipelajari, apalagi jika Sedulur ingin mencoba membuat tepung tapioka sendiri di rumah.

BACA JUGA: Cara Membuat Es Boba Segar Sendiri Di Rumah, Gampang!

Belanja tepung kanji di Aplikasi Super

Aplikasi Super
Aplikasi Super

Tepung kanji merupakan salah satu bahan masakan yang wajib ada di rumah. Hal ini lantaran tepung kanji dibutuhkan untuk memasak gorengan sampai cemilan seperti cimol atau cilok.

Jika Sedulur sedang membuka usaha jajanan atau cemilan ringan seperti di atas, tentu memiliki persedian tepung kanji di rumah merupakan hal yang wajib. Sedulur bisa membeli tepung kanji dengan harga yang murah meriah lewat Aplikasi Super.

Belanja bulanan
Aplikasi Super

Hanya perlu mendownload aplikasinya lewat Play Store, Sedulur bisa membeli berbagai macam merk tepung tapioka seperti berikut:

  • Tepung tapioka Gunung Agung Merah 500 gr harga mulai Rp 113 ribu (karton).
  • Tepung tapioka Pak Tani Gunung 500 gr harga mulai Rp 137 ribu (karton).
  • Tepung tapioka Rose Brand 500 gr harga mulai Rp 5.900 (per pcs) dan Rp 114 ribu (karton).

Proses pembeliannya pun mudah karena Sedulur bisa memesannya langsung dari rumah. Selain itu, ada juga fasilitas gratis ongkir dan diantar langsung sampai depan rumah. Menarik sekali bukan?

BACA JUGA: Mengenal Takaran Dalam Resep Masakan Secara Lengkap

Fungsi tepung kanji

Tepung kanji memiliki cukup manfaat dan fungsi dalam dunia kuliner. Umumnya, tepung ini digunakan untuk mengenyalkan makanan. Tapi ada beberapa fungsi lain yang perlu Sedulur ketahui juga. Dan berikut ini beberapa fungsi tepung tapioka:

1. Pengikat dan penstabil adonan

Patty burger
Food Network Canada

Dalam praktik dunia memasak, tepung kanji memiliki fungsi yang sangat penting. Salah satunya adalah untuk mengikat dan menstabilkan tekstur adonan.

Umumnya para koki akan mencampurkan tepung kanji dalam olahan daging yang digiling halus. Hal ini lantaran daging yang sudah digilang tidak memiliki kemampuan untuk mengikat sebuah tekstur. Contohnya adalah pembuatan patty burger dan nugget ayam.

Selain untuk merekatkan bahan masakan, tepung kanji juga bisa menyimpan kelembapan sehingga masakan tidak mudah basah saat dipanggang atau disimpan dalam freezer.

2. Memberikan tekstur kenyal

Cara membuat boba
Sift & Simmer

Ini jadi fungsi tepung kanji paling penting dalam dunia kuliner, yaitu memberikan tekstur kenyal pada bahan masakan.

Dilansir dari The Spruce Eats, tepung kanji atau tapioka banyak sekali digunakan pada era memasak zaman sekarang. Tak hanya untuk makanan berat, tepung ini juga banyak diolah menjadi campuran minuman, puding, dan permen lho.

Beberapa contoh yang mungkin bisa Sedulur lihat di sekitar adalah topping boba, puding tapioka, kue lapis, cimol, dan cilok.

3. Pengental masakan berkuah

Sup kental
Olive & Mango

Tepung tapioka atau kanji tak hanya bisa digunakan untuk makanan gorengan atau kukus saja. Tepung ini juga bisa jadi campuran yang cocok untuk masakan berkuah.

Seperti dikutip dari Kompas, tapioka juga sering dicampurkan pada sup dan saus untuk menciptakan tekstur kental.

Hal ini tidak lepas dari kemampuan tapioka atau kanji yang memiliki kualitas kekentalan yang lebih baik dibandingkan tepung lainnya. Selain itu, harga tepung kanji juga sangat murah bila dibandingkan dengan bahan pengental lain di pasaran.

Demikian tadi ulasan lengkap tentang perbedaan tepung tapioka dan tepung kanji. Semoga dengan informasi di atas, Sedulur sudah tidak bingung lagi ya dengan perbedaan nama dua tepung tersebut.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.