pantai pacar

Umumnya orang-orang lebih mengenal tempat wisata pantai terindah itu di Bali, Lombok atau juga Yogyakarta. Namun, siapa sangka di Jawa Timur, tepatnya Kabupaten Tulungagung juga memiliki pesisir yang cantik. Keindahan itu ada di Pantai Pacar.

Bagi Sedulur yang menyukai berwisata ke pantai, nama lokasi ini mungkin tidak begitu terkenal. Namun, jangan sampai menyesal karena Pantai Pacar memiliki pesona alam yang sangat menawan. Sedulur bisa menemukan pemandangan yang tak kalah dengan Lombok atau Bali.

Jadi biar Sedulur makin ingin mengunjungi Pantai Pacar di Tulungagung, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

BACA JUGA: Jatim Park 4 Baloga: Lokasi, Harga Tiket, dan Wahana

-->

Mengenal Pantai Pacar

pantai pacar
Unsplash/Chor Tsang

Pantai ini memiliki sejarah yang cukup panjang. Berdasarkan cerita masyarakat sekitar, pantai ini dahulu adalah hutan belantara yang dipenuhi dengan pohon-pohon dan tumbuhan.

Lantas, bagaimana pantai ini bisa mendapatkan nama Pacar? Ternyata pemberian nama ini bukan karena banyaknya pasangan yang mengadu romansa bersama pacar, tetapi karena banyaknya tumbuhan Pacar yang ada di sekitar pantai. Alhasil, nama Pantai Pacar diberikan.

Tanaman Pacar sendiri merupakan tumbuhan air yang cukup banyak tumbuh di kawasan tropis seperti Indonesia. Tumbuhan ini memiliki nama latin Impatiens balsamina L. yang dikenalkan secara luas sejak abad ke-19.

Tanaman ini adalah tanaman tahunan atau dua tahunan dan memiliki bunga yang berwarna putih, merah, ungu, atau merah jambu. Bentuk bunganya menyerupai bunga anggrek yang kecil. Tinggi tanaman ini bisa mencapai satu meter dengan batangnya yang tebal namun tidak memiliki tekstur kayu dan daunnya yang bergerigi tepinya.

Jam Buka dan Harga Tiket

Pantai Pacar ini bisa Sedulur kunjungi kapanpun karena jam bukanya adalah 24 jam. Sedulur juga tidak perlu khawatir karena biaya atau tiket masuk ke wisata satu ini sangat murah meriah yaitu, Rp 5 ribu. 

BACA JUGA: Pantai Klayar Pacitan: Rute, Daya Tarik, dan Harga Tiket Masuk

Lokasi Pantai Pacar

pantai pacar
Unsplash/Constanze Marie

Kalau Sedulur ingin pergi ke Pantai Pacar. Wisata ini terletak di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung. Lokasinya cukup berdekatan dengan Pantai Molang sehingga menjadikannya sebagai salah satu pilihan berwisata yang menarik untuk para wisatawan di daerah ini.

Jika ingin menggunakan transportasi umum, pantai ini berjarak sekitar 43 sampai 44 kilometer dari Stasiun Tulungagung. Jadi Sedulur sebaiknya menyewa kendaraan bermotor untuk bisa menuju kesana. Perjalanannya tidak begitu lama karena hanya sekitar 1 jam 30 menit saja.

Pesona Keindahan Alam Pantai Pacar

Pantai ini juga memiliki banyak sekali pesona alam yang memukai. Sedulur bisa menikmati beberapa keindahannya seperti berikut ini.

  • Air terjun alami

Di musim hujan, Pantai Pacar memiliki keunikan lain yang jarang ditemui di pantai-pantai lainnya, yaitu adanya air terjun dari batuan bukit yang mengalir deras. Sedulur dapat merasakan kesegaran ini dengan mandi di sekitar air terjun. Air terjun ini akan memberikan suasana yang sangat menyegarkan dan melepas penat dari rutinitas sehari-hari Sedulur.

  • Sunset spot

Selain aktivitas siang hari, Pantai Pacar juga menyajikan pemandangan matahari terbenam yang memukau. Saat matahari mulai merunduk ke horizon, langit akan berubah menjadi warna oranye dan merah yang memukau. Ini adalah momen yang sempurna untuk mengambil foto indah atau sekadar menikmati kedamaian alam.

  • Pasir putih yang cantik

Pantai Pacar tidak hanya menawarkan air terjun yang menarik, tetapi juga memiliki air laut yang jernih. Sedulur dapat berenang dan bermain air di sini, tetapi tetap waspada terhadap ombak besar yang kadang muncul. Pantai ini juga memiliki hamparan pasir putih yang lembut, yang mengundang Sedulur untuk bermain pasir atau sekadar bersantai di tepi pantai.

  • Bersepeda

Selain itu, keberagaman ekosistem laut di sekitar pantai menarik perhatian para penyelam dan pecinta kehidupan bawah laut. Berbagai jenis ikan, terumbu karang, dan biota laut lainnya menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemar snorkeling dan diving.

Bagi yang menyukai petualangan, Pantai Pacar juga menawarkan kegiatan seru seperti bersepeda di sepanjang pantai atau menjelajahi area sekitar dengan trekking. Dengan hamparan pasir yang luas dan hutan mangrove yang rimbun, pengalaman petualangan di pantai ini tak akan terlupakan.

BACA JUGA: Air Terjun Lider: Akses Transportasi, Harga, dan Tips Perjalanan

Rute Menuju ke Sana

Unsplash/Sam Hull

Akses menuju Pantai Pacar apabila dari Tulungagung, Sedulur dapat mengikuti jalan menuju Kecamatan Ngunut. Ketika sampai Pasar Ngunut, Sedulur bisa mengikuti petunjuk jalan ke Pasar Panjerejo, lalu mengikuti jalan ke Desa Pucanglaban.

Setibanya di Desa Pucanglaban, ikuti saja jalan menuju tambak udang. Nah Pantai Pacar ini bersebelahan dengan tambak udang. Untuk jalan  menuju ke pantai ini masih lumayan sempit, jadi Sedulur perlu berhati-hati agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

Fasilitas

Sedulur juga bisa menikmati banyak fasilitas karena wisata ini sudah dikelola dengan baik. Berikut ini beragam fasilitas yang bisa dirasakan.

  • Camping ground

Jika Sedulur ingin merasakan petualangan yang lebih mendalam, Pantai Pacar menyediakan fasilitas untuk berkemah. Sedulur dapat bermalam di sini dengan teman-teman Sedulur, sambil membakar hasil tangkapan ikan.

Pengelola pantai juga menyewakan tenda dan matras dengan harga yang terjangkau. Tenda besar untuk hingga 6 orang dapat disewa seharga Rp 35 ribu, sementara tenda untuk 4 orang seharga Rp 25 ribu, dan matras seharga Rp 5 ribu.

  • Tempat parkir

Meskipun akses jalan menuju pantai cukup sempit, pengelola pantai telah menyediakan area parkir yang memadai. Jadi, jika Sedulur menggunakan kendaraan pribadi, Sedulur dapat dengan mudah memarkirkan mobil atau sepeda motor Sedulur.

  • Mushola

Fasilitas pendukung lainnya adalah mushola. Sedulur dapat melakukan ibadah di mushola ini ketika berlibur di Pantai Pacar, menjadikan kunjungan Sedulur lebih berarti.

  • Kamar mandi

Pantai ini juga telah dilengkapi dengan fasilitas kamar mandi yang bersih dan terawat. Ini sangat membantu para wisatawan yang ingin membersihkan diri setelah bermain di air laut atau pasir.

  • Warung makan

Setelah seharian beraktivitas di pantai, Sedulur mungkin akan merasa lapar. Jangan khawatir, di sekitar area wisata Pantai Pacar, terdapat warung-warung yang menjual makanan lezat. Ini adalah kesempatan bagi Sedulur untuk mencicipi hidangan lokal dan juga membantu meningkatkan perekonomian warga setempat.

Demikian tadi informasi lengkap mengenai Pantai Pacar di Tulungagung. Dengan pesona alam yang begitu indah, tentu wisata satu ini tidak boleh dilewatkan ya!