resep nasi goreng gila

Sedulur pasti pernah mendengar istilah masakan bernama nasi goreng gila atau nasi gila. Makanan satu ini memang menjadi favorit banyak orang jika bosan menyantap olahran nasi goreng original.

Berasal dari Kota Jakarta, kepopuleran nasi gila mulai menyebar di berbagai daerah tanah air. Namun penggunaan nama nasi goreng gila masih menyimpan banyak misteri. Benarkah nasi goreng ini membuat orang menyantapnya menjadi edan atau gila? Atau ada alasan lain dibaliknya? Mari simak ulasan lengkapnya berikut ini.

BACA JUGA: Menelisik Sejarah Nasi Goreng, Kuliner Khas Nusantara Yang Mendunia!

Asal usul nasi goreng gila

Nasi goreng gila
Detik Food

Nasi goreng gila merupakan salah satu sajian kuliner yang berkembang pertama kali di Kota Jakarta. Makanan satu ini banyak disukai masyarakat lantaran dalam satu porsi nasi gila, terdapat banyak sekali lauk yang diberikan.

-->

Namun, bagaimana asal usul nama nasi goreng ini? Dilansir dari Pegi-Pegi, ada beberapa versi cerita terkain pemberian nama nasi goreng gila.

Kisah pertama, yaitu ketika seorang pedagang nasi goreng di wilayah Kemang, DKI Jakarta kedatangan seorang pelanggan. Alih-alih memesan nasi goreng biasa, si pelanggan meminta penjual nasi goreng agar mencampur semua topping seperti bakso, sosis, daging ayam, dan telur menjadi satu porsi.

Hal ini sempat membuat si pedagang terkejut dan terheran-heran, apakah si pelanggan ini sudah ‘gila’ memesan sebuah menu nasi goreng yang tidak biasa. Dan setelah disajikan, si pelanggan benar-benar teriak,”Gila enak banget!”.

Pengalaman tak biasa tersebut akhirnya menjadi inspirasi si penjual nasi goreng untuk membuat menu baru bernama nasi goreng gila. Menu ini ternyata banyak menarik perhatian pelanggan lain dan disukai hingga akhirnya menjadi sangat populer.

Dalam kisah lainnya, nasi goreng gila berasal dari hasil eksperimen seorang penjual di Jakarta yang bosan dengan konsep nasi goreng yang begitu-begitu saja. Dia lantas menambahkan lebih banyak bumbu rempah dan topping dalam satu porsi nasi goreng.

Dan ketika para pelanggan diminta untuk mencoba, ekspresi yang ditunjukkan seperti orang yang tergila-gila karena kelezatan rasa yang diberikan dari makanan tersebut.

BACA JUGA: Resep Sapo Tahu Seafood Nikmat Ala Chinese Restoran

Cara membuat nasi goreng gila

nasi goreng gila
Asian Food Network

Setelah membahas sejarah nasi goreng gila, sepertinya tidak lengkap jika Sedulur juga tidak mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Untuk bisa memasak nasi gila, langkah yang perlu dilakukan sebenarnya cukup sederhana dan mudah. Sedulur hanya perlu mencari topping nasi goreng dengan banyak varian. Selain itu, Sedulur juga perlu meningkatkan jumlah bumbu masakan agar rasanya bisa lebih nendang.

Berikut ini sebuah resep nasi goreng terenak yang bisa Sedulur coba.

Bahan:

Bahan nasi goreng
The Spruce Eats
  • 2 porsi nasi putih
  • 2 buah bakso ayam atau sapi potong tipis
  • 1 sosis potong tipis
  • 1 buah telur
  • 1 ikat sawi hijau
  • 2 siung bawang putih cincang
  • 3 buah bawang merah cincang
  • 1 batang daun bawang potong
  • 3 buah cabai rawit
  • Minyak goreng secukupnya
  • Kecap secukupnya
  • Saus tiram secukupnya
  • Garam
  • Merica atau lada
  • 5 sdm air putih matang

Cara masak:

Cara masak nasi goreng
Eating Well
  • Tumis bawang merah dan bawang putih yang sudah dicincang. Biarkan aroma agak sedikit wangi lalu masukkan nasi putih. Tambahkan garam dan merica secukupnya.
  • Aduk nasi sampai merata dan wangi. Jika aromanya sudah muncul, tambahkan kecap manis secukupnya. Naikkan suhu dengan membuat api besar, aduk rata. Pisahkan nasi dari wajan.
  • Masukkan minyak goreng secukupnya. Tumis kembali cabe, bawang putih dan bawang merah. Biarkan wangi sedikit lalu masukkan bakso dan sosis. Biarkan sampai matang sembari ditambahkan garam dan merica.
  • Beri saus tiram dan kecap manis secukuonya. Tambahkan 5 sdm air matang. Setelah agak mendidih mulai masukkan telur. Lalu oseng sampai tekstur menjadi lebih kental dan aromanya wangi.
  • Campurkan topping dengan nasi dan berikan taburan irisan daun bawang di atasnya. Aduk kembali agar semua tercampur rata dan nasi gila siap disajikan.

BACA JUGA: 14 Cara Membuat Sambal Ayam Geprek untuk Makan di Rumah

Tips singkat

Beras Karya Alam Hijau
Aplikasi Super

Ada beberapa tips yang bisa Sedulur lakukan agar bisa membuat nasi gila yang enak. Salah satunya yaitu mempersiapkan bahan terbaik seperti beras premium. Sedulur bisa mencoba beras premium seperti Karya Alam Hijau yang terkenal pulen dan enak.

Sedulur bisa membeli beras premium satu ini di Super Agen yang berada di wilayah Jawa Timur dan sekitarnya. Atau jika Sedulur ingin membeli secara online bisa langsung download Aplikasi Super di Google Play Store.

Selain itu, dalam memasak nasi gila sebaiknya menggunakan wajan anti lengket agar bahan tidak menempel saat dimasak. Menggunakan wajan yang lengket bisa menyebabkan bumbu mudah gosong dan tidak termasak secara baik.

Sedulur juga bisa melakukan berbagai macam improvisasi pada menu nasi gila. Misalnya, jika suka dengan menu masakan laut maka Sedulur bisa menciptakan nasi goreng gila seafood dengan bahan seperti ikan fillet, cumi, sampai udang.

Demikian tadi ulasan lengkap tentang sejarah nasi goreng gila dan asal usul namanya yang unik. Sedulur juga bisa mencoba resep lezat nasi goreng yang sudah disiapkan oleh Aplikasi Super agar bisa membuatnya di rumah. Jadi selamat memasak dan mencoba ya Sedulur!