Siapa sih yang tak ketagihan dengan gurih pedasnya ayam geprek? Panganan asal Jogja ini menemukan momennya di tahun 2014an dan jadi primadona di kalangan mahasiswa. Warung pertama yang mempopulerkannya adalah warung Bu Rum yang lokasinya ada di kawasan beberapa kampus ternama di Yogyakarta. 

Ayam geprek sendiri merupakan ayam goreng yang diulek bersama dengan bawang putih, garam, dan cabe rawit sesuai dengan permintaan pembeli. Barulah di tahun 2017, mulai banyak gerai yang menawarkan menu ayam geprek. Meski tidak seperti geprek asli yang ayam dan sambalnya diulek bersama, tetap saja orang menggilai makanan ini. Makin banyak jenis sambal yang ditawarkan. Sedulur bisa kok mencoba cara membuat sambal ayam geprek berikut ini. 

BACA JUGA: 10 Resep Kentang Keju Renyah & Gurih untuk Camilan Keluarga

Sejarah dan esensi ayam geprek 

sambal ayam geprek
Instagram @seleramode

Sebenarnya ayam geprek versi Bu Rum yang populer pertama kali di kalangan mahasiswa adalah ayam yang diulek langsung bersama sambal di sebuah cobek. Itulah mengapa pembeli bisa melakukan permintaan jumlah cabe. Mau cabe 1 sampai 15 pun akan mereka layani sepenuh hati. Namun, ayam geprek kemudian melebar ke berbagai kota di Indonesia. Beberapa gerainya bahkan membuat cabang berskala nasional. 

-->

Bedanya nih, kebanyakan ayam geprek baru yang tidak lahir di Yogyakarta menawarkan ayam ulek yang disiram sambal. Bukannya diulek bersama sambalnya. Hal ini membuat varian sambal ayam geprek pun makin beragam. Ada yang cenderung basah karena tidak ada kewajiban untuk mengulek ayam di satu cobek yang sama dengan sambal. Kalau Sedulur tim mana, nih?

1. Sambal geprek sederhana 

sambal ayam geprek
Instagram @tarathepickyeater

Untuk membuat sambal ayam geprek simple, Sedulur cuma butuh bawang merah, bawang putih, dan cabe rawit. Semuanya ditumbuk halus bersama garam. Kemudian siram dengan sedikit minyak panas agar matang. Bila ingin lebih otentik, silakan langsung masukkan ayam dalam cobek dan hancurkan ayam bersama sambal tersebut. Tuang ke atas sepiring nasi. Mudah, bukan? 

2. Sambal ayam geprek ijo 

Instagram @ayamkeprukbuyatiek

Untuk sambal ijo sebenarnya caranya tidak jauh berbeda, kok. Sedulur hanya butuh mengganti cabe rawit merah dengan cabe rawit hijau yang super pedas. Bila ingin rasanya lebih segar dan tidak terlalu pedas, ganti dengan cabe hijau muda yang warnanya terang. Ulek bersama bawang merah, bawang putih, dan garam. Siram sedikit minyak, kemudian ulek lagi bareng ayam goreng yang sudah disiapkan. 

BACA JUGA: Resep Ketoprak Sedap, Nikmat & Mudah Disantap Kapanpun

3. Sambal matah yang sedap 

Instagram @si_mir

Bensu jadi salah satu pelopor ayam geprek dengan sambal matah. Sebenarnya sambal asal Bali ini menggunakan bawang merah, tetapi versi Bensu menggunakan bawang putih. Terserah Sedulur saja mau pakai bawang jenis apa. Tak hanya bawang merah, Sedulur juga harus menyiapkan daun jeruk, cabe rawit, dan serai. Semuanya dicincang kecil, kemudian disiram minyak panas. Baru kemudian diberi perasan jeruk nipis agar makin segar. Terakhir, silakan tuang di atas ayam yang sudah digeprek sampai tulangnya remuk. 

4. Ayam geprek sambal korek 

sambal ayam geprek
Instagram @riani_yumzone

Resep sambal korek ayam geprek juga tak kalah mudah. Ia dominan rasa bawang putihnya, nih. Untuk membuat sambal ini sediakan cabe rawit, bawang merah, dan bawang putih. Ulek halus bersama garam dan disiram dengan minyak panas atau ditumis. Sambal ini cenderung basah karena kandungan minyaknya yang cukup banyak. Beda ketimbang resep ayam geprek asli versi Bu Rum yang sambalnya lebih kering. 

5. Sambal terasi 

Instagram @yusnitaerni.9

Untuk membuat resep sambal ayam geprek sedap ini Sedulur membutuhkan bahan-bahan seperti tomat, cabe merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, terasi, garam, dan gula merah. Semua bahan kecuali garam, terasi, dan gula merah baiknya ditumis dulu sampai harum dan lunak. Baru kemudian ditumbuk halus bersama garam dan gula merah dan terasi bakar. Setelah itu, disajikan bersama perasan jeruk limau. Santap deh bersama ayam yang sudah kamu geprek. 

BACA JUGA: Resep Cookies Coklat Lezat Cocok untuk Camilan Keluarga

6. Sambal petai buat para penggemarnya

sambal ayam geprek
Instagram @a_elisacha

Meski bikin nafas bau, petai punya penggemar setianya sendiri. Sambal pete pun laris di pasaran dan bisa dipakai dalam cara membuat sambal geprek sederhana. Sediakan dulu segenggam pete dan segenggam cabe rawit. Tambah juga dengan cabe merah keriting, garam, gula, serta tomat dan terasi. Silakan tambah bawang merah dan bawang putih. Semua bahan kecuali petai dan tomat boleh diblender atau diulek manual. Kemudian ditumis sampai harum. Tambahkan petai dan tomat, masak sampai matang dan tomat hancur. Sajikan bersama ayam geprek kesukaanmu. 

7. Sambal kemangi 

sambal ayam geprek
Instagram @popoayamgeprek

Untuk membuat resep sambal ayam geprek sedap, Sedulur siapkan dulu bahan-bahan seperti cabe rawit, bawang merah, bawang putih, tomat hijau, terasi, gula merah, dan garam. Jangan lupa daun kemangi secukupnya. Bawang dan cabe ditumis dulu, kemudian diulek dalam cobek bersama terasi bakar, gula merah, dan garam. Kalau sudah, masukkan kemangi dan aduk rata menggunakan sendok. Di tahap ini, Sedulur bisa langsung memasukkan ayam untuk diulek bersama atau mau disiramkan saja di atasnya. 

8. Sambal daun jeruk 

sambal ayam geprek
Instagram @pecelkita.id

Untuk membuat sambal daun jeruk, sebenarnya bahan-bahannya tak jauh beda dengan sambal pada umumnya. Siapkan bawang merah, cabe rawit, bawang putih, garam, dan penyedap bila selera. Semua bahan diulek dulu sampai halus. Kemudian, ditumis dengan sedikit minyak bersama daun jeruk yang sudah dicuci bersih. Cukup beberapa menit saja, kemudian silakan dituang ke atas ayam yang sudah diulek. 

9. Resep sambal geprek mentah

Instagram @sam_kuliner

Buat Sedulur yang ingin menikmati sambal bebas minyak, silakan coba sambal mentah ini. Bahannya cukup 3 komponen saja, yaitu bawang putih, cabe rawit, dan garam secukupnya. Semuanya ditumbuk halus bersama ayam goreng panas yang baru keluar dari penggorengan. Tuang ke sepiring nasi yang sudah dicetak rapi. Nikmati saat itu juga karena sambalnya mentah, jadi tak tahan lama. 

BACA JUGA: 10 Resep Pisang Bolen Enak, Praktis untuk Camilan Keluarga

10. Sambal tomat mentah 

Instagram @resepsayurtop

Sambal ayam geprek mentah lainnya juga tak kalah sedapnya. Sedulur bisa bikin dengan bahan bawang merah, bawang putih, tomat, terasi bakar, dan cabe rawit. Tambahkan pula garam dan gula merah. Tumbuk semua bahan sampai halus dan nikmati langsung dengan ayam geprek. Mengingat mentah, segera konsumsi sambal ini sebelum basi, Sedulur. Jika ingin mengurangi minyak, sebenarnya Sedulur bisa merebus saja bahan-bahan di atas sebelum diulek, sehingga tetap matang dan bisa tahan lebih lama. 

11. Ayam geprek sambal keju 

Instagram @kulineryogya

Ingin juga coba ayam geprek sambal keju, dong. Caranya mudah, kok. Sedulur bisa menggunakan resep sambal korek, yaitu bawang putih, cabe rawit, dan garam yang ditumis dengan sedikit minyak panas. Kemudian, siram ke atas ayam yang sudah ditumbuk sampai hancur. Terakhir, taburi dengan keju yang mudah meleleh, bisa mozarella atau jenis lain. Lelehkan menggunakan torch sampai leleh. Tunggu sampai agak dingin, baru santap ayam geprekmu bersama nasi atau sumber karbo lain. 

12. Sambal dabu-dabu 

sambal ayam geprek
Instagram @batamdine

Sambal lain yang sedap disantap bersama ayam geprek adalah sambal dabu-dabu ala Manado. Ia memiliki kemiripan dengan sambal matah dengan cita rasa segar. Bahan yang Sedulur butuhkan adalah cabe merah, cabe rawit, bawang merah, dan tomat. Cincang kasar semuanya, kemudian taburi dengan garam dan air jeruk nipis. Aduk rata. Siram dengan minyak panas dan aduk kembali. Sajikan deh sambal dabu-dabumu sebagai topping untuk ayam geprek. Segar dan pedasnya nampol. 

13. Sambal bajak khas Jatim 

Instagram @resepmasakankolonial

Sambal bajak adalah jenis sambal sedap yang digoreng. Daftar bahannya cukup panjang, Sedulur butuh cabe merah besar, cabe keriting, cabe rawit, bawang merah, terasi, daun salam, serai, lengkuas, garam, air asam jawa, dan gula merah. Cabe dan bawang dihaluskan dulu sampai lunak dan tercampur raya. Kemudian ia harus ditumis dulu dalam minyak panas bersama terasi, serai, lengkuas. Setelah harum, baru air asam jawa, gula merah, dan garam dimasukkan. Boleh cicip dulu rasanya sebelum api dimatikan. Mengingat sambal ini basah, ia mungkin lebih cocok disajikan dengan cara disiram di atas ayam geprek ketimbang diulek bersama ayamnya langsung. 

14. Sambal penyet 

sambal ayam geprek
Instagram @sam_kuliner

Sebelum geprek merajalela, ada yang namanya sambal penyet. Bahannya sebenarnya tak jauh beda dari sambal bawang pada umumnya. Seperti biasa bawang merah, bawang putih, cabe keriting, cabe rawit, cabe besar, diulek bersama tomat, terasi, garam, dan gula merah. Kemudian ditumis sampai matang. Nah, sama dengan ayam geprek, sambal kemudian diulek bersama ayam goreng. Bedanya sambalnya lebih basah dan lebih manis dibanding geprek asli ala Bu Rum yang jadi pelopornya. 

Sambal apapun sebenarnya bisa kok disantap dengan ayam geprek. Mengingat ayam goreng sendiri saja sudah sedap tanpa apapun. Namun, para penggemar makanan pedas pasti ingin menyantap sambal yang pedasnya enak dan rasanya gurih. Sambal sendiri bisa menambah nafsu makan, jadi cocok buat yang sedang ingin menambah berat badan atau belakangan agak picky soal makanan. Selamat mengulek! 

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.