Merek pasta gigi

Ada cukup banyak merek pasta gigi yang dijual. Variasi yang beragam ini, terkadang membuat kita bingung mana saja merek pasta gigi yang cocok digunakan. Khususnya untuk mengatasi gigi berwarna kuning dan berlubang.

Jika Sedulur sedang mencari referensi jenis pasta gigi yang bagus dan efektif mengatasi berbagai macam masalah kesehatan mulut. Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

BACA JUGA: Sariawan di Lidah, Penyebab & Cara Ampuh Mengobatinya

Pilihlah Pasta Gigi Sesuai Jenis

Memilih pasta gigi tidak bolehlah sembarangan. Apalagi setiap gigi yang dimiliki oleh manusia memiliki karakter dan sensitifitasnya masing-masing.

-->

Dilansir dari Kompas, ada 5 jenis pasta gigi yang bisa digunakan sesuai dengan masalah yang sedang dihadapi. Berikut ini beberapa jenis barang yang juga sering disebut dengan odol.

1. Pasta gigi fluoride

Merek pasta gigi terbaik
Sabka Dentist

Jenis pasta gigi yang pertama adalah fluoride. Odol satu ini paling banyak digunakan dan cukup direkomendasikan oleh semua dokter gigi. Fluoride sendiri adalah mineral alami yang memiliki fungsi untuk menjaga gigi agar tidak berlubang.

Selain itu, keunggulan lain dari pasta gigi fluoride adalah menjaga email atau lapisan terluar gigi agar tidak mudah terkikis dan menipis. Ini menjadi salah satu fungsi pasta gigi fluoride yang paling utama.

Ada beberapa merek pasta gigi fluoride yang bisa Sedulur temukan di pasaran, seperti:

  • Pepsodent Basic
  • Enzim Mild
  • Darlie Double Action Mint
  • Colgate Maximum

2. Pasta gigi untuk flossing karang gigi

Pasta gigi untuk karang gigi
Wikipedia

Jenis odol selanjutnya adalah yang memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah karang gigi. Umumnya, masalah karang gigi ini erat kaitannya dengan takaran tar yang cukup banyak dimulut. Biasanya zat ini muncul karena seseorang banyak mengkonsumsi kopi, teh, dan merokok.

Penumpukan plak dari tar ini lantas membuat munculnya bakteri yang mengeras dan menjadi karang pada gigi.

Mengatasi masalah karang gigi seharusnya dilakukan secara langsung di dokter dengan melakukan pengobatan scalling dan semacamnya. Namun, untuk mengurangi resiko terkena karang gigi ada pasta gigi berjenis flossing yang bisa dicoba.

Biasanya merek pasta gigi yang dibuat khusus untuk mengatasi karang gigi memiliki bulir khusus yang berguna untuk menggerus karang di dalam mulut. Beberapa merek pasta gigi yang bisa di coba yaitu:

  • Pepsodent Action 123 Charcoal
  • SPLAT Pasta Gigi Cream (Import)
  • Colgate Total Pro White
  • Close Up Diamond Attraction
  • Zact Lion

Beberapa merek di atas bisa Sedulur temukan di berbagai macam toko kelontong. Selain itu, Sedulur juga bisa membelinya langsung lewat aplikasi berbelanja termurah dan termudah bernama Aplikasi Super.

Cukup download lewat Google Play Store, Sedulur bisa mendapatkan banyak fasilitas menarik dari Aplikasi Super khususnya untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari dari sembako sampai pasta gigi.

BACA JUGA: Jarang Diketahui, Khasiat Masker Beras Yang Bikin Cantik Alami!

3. Pasta gigi sensitive

Merek pasta gigi
Unsplash

Bagi seseorang yang memiliki masalah gigi sensitif, biasanya pasta gigi bisa menjadi solusi terbaik dalam waktu singkat. Apalagi beberapa produsen pasta gigi, sudah berhasil menciptakan beberapa merk pasta gigi khusus untuk gigi sensitif.

Masalah gigi sensitif sendiri biasanya muncul karena adanya penipisan lapisan tengah gigi atau dentin akibat rangsangan dari luar. Penipisan dentin ini, membuat saraf-saraf pada gigi menjadi mudah terpancing dan bereaksi ketika mengkonsumi makanan yang terlalu panas atau dingin.

Ada beberapa merek pasta gigi sensitif yang sangat direkomendasikan para ahli dan dokter, seperti berikut:

  • Sensodyne Repair & Protect
  • Systema Sensitive White
  • Pepsodent Sensitive Mineral Expert
  • Colgate Sensitive Pro
  • Formula Sesitive Active

4. Pasta gigi dengan whitening

tootbrush
Newsweek

Masalah gigi tak hanya soal karang gigi saja, ada juga gigi kuning yang tak kalah meresahkan. Hal ini tidak lepas dari gigi kuning yang bisa merusak penampilan dan membuat seseorang menjadi tidak percaya diri.

Namun, masalah gigi kuning tak hanya sekedar menurunkan kualitas penampilan saja, tapi ini menjadi tanda bahwa gigi sedang tidak baik-baik saja dan perlu dirawat secara khusus. Apalagi biasanya gigi kuning menjadi titik awal kemunculan karang dan gigi berlubang.

Beberapa produsen pasta gigi di seluruh dunia pun saling berusaha agar bisa membuat formula terbaik untuk merawat gigi dan menjaga agar tetap bisa putih alami. Kandungan mineral yang mirip dengan baking soda atau peroksida yang aman untuk digunakan.

Berikut ini beberapa merek pasta gigi yang bisa dicoba:

  • Zact
  • Enzim
  • Colgate
  • Close Up
  • Pepsodent

BACA JUGA: 13 Merk Pewangi Pakaian Terbaik – Lembut & Tahan Lama

5. Pasta gigi anak

Merawat gigi anak
Dental Health Associates

Terakhir adalah jenis pasta gigi khusus anak. Ini juga perlu diketahui karena biasanya anak kecil tidak menyukai sikat gigi sehingga diperlukan formula khusus agar bisa menarik perhatian anak kecil.

Pasalnya, pasta gigi untuk orang dewasa biasanya memiliki rasa yang cenderung pedas dan tidak disukai anak-anak.

Dilansir dari American Dental Association, untuk memilih odol anak yang baik dan aman perlu melihat jumlah fluoride yang digunakan. Misalnya:

  • Anak di bawah 3 tahunm gunakan pasta gigi fluoride hanya seukuran beras saja. Jangan terlalu banyak karena gigi anak memiliki komposisi yang masih rapuh.
  • Sedangkan untuk anak berusia 3-6 tahun, Sedulur bsia menggunakan pasta gigi seukuran kacang polong.

Nah, itu tadi penjelasan singkat tentang merek pasta gigi yang aman untuk Sedulur. Dilihat dari kandungan dan jenisnya, fungsi pasta gigi memang cukup beragam dari mengatasi karang sampai memutihkan gigi. Jadi jangan sampai Sedulur salah memilih dan kurang maksimal dalam menjaga kesehatan gigi.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.