Makanan khas Jawa Timur

Jika Sedulur hanya pernah mencicipi makanan seperti rawon dan pecel, maka wajib mencoba menu lain selain itu. Apalagi ada banyak sekali makanan khas Jawa Timur yang tidak boleh dilewatkan karena keunikan rasanya.

Makanan khas Jawa Timur sendiri tidak melulu hanya ada di kota besar seperti Surabaya, Malang, dan Lamongan saja. Karena kota kecil seperti Nganjuk, Mojokerto, dan Situbondo juga memiliki beragam kuliner khas Jawa Timur yang tak kalah lezat. Penasaran ada apa saja? Langsung simak ulasannya berikut ini ya!

BACA JUGA: 11 Spot Nasi Goreng Surabaya Yang Legendaris!

Sate Gebug

makanan khas jawa timur
Post Malang

Makanan khas Jawa Timur pertama yang cukup unik adalah sate gebug. Kuliner dengan bentuk tidak biasa ini populer di wilayah Malang, tepatnya di Jalan Jenderal Basuki Rahmat, Klojen.

-->

Sate ini terkenal dengan teksturnya yang empuk dan sangat mudah dimakan. Hal ini lantaran proses pembuatan sate gebug, daging sapi akan ditumbuk terlebih dahulu oleh si penjual hingga empuk.

Walau bumbu yang digunakan cukup sederhana seperti rempah-rempah dan kecap, rasa sate gebug sungguh istimewa.

Tahu Congor Mentok Bakar

makanan khas jawa timur
Sajian Lezat

Selanjutnya ada makanan khas Jawa Timur yang berasal dari Surabaya, yaitu tahu congor mentok bakar. Ini termasuk dalam kategori kuliner unik karena hasil perpaduan dua makanan yang berbeda.

Bagaimana tidak, Sedulur bisa mencicipi segarnya rujak cingur bersamaan dengan gurihnya mentok bakar. Walaupun dari dua bahan masakan yang berbeda, daging cingur dan mentok bisa menciptakan rasa yang sungguh lezat.

Sego Becek

makanan khas jawa timur
Ragam Info

Jika Sedulur bergeser sedikit ke arah barat dari Surabaya, ada satu kuliner unik yang wajib dicoba. Menu ini juga termasuk dalam makanan khas Jawa Timur yang dikenal dengan nama sego becek.

Makanan satu ini memiliki bentuk yang mirip dengan soto babat. Namun, bahan baku yang digunakan jauh berbeda.

Sego becek menggunakan daging dan jeroan kambing sebagai bahan utamanya. Selain itu, soto ini juga disajikan bersama dengan taoge, kol, seledri, bawang merah goreng, dan irisan tomat.

BACA JUGA: Mengenal Petis Udang, Bumbu Rahasia Makanan Khas Surabaya

Ote Ote Alas

makanan khas jawa timur
Endeus TV

Ote ote adalah nama lain bakwan di wilayah Jawa Timur. Bagi masyarakat, makanan ini merupakan salah satu gorengan yang wajib ada di rumah. Namun, ada satu daerah yang menjadikan ote ote sebagai salah satu makanan khasnya yaitu Mojokerto.

Makanan khas Jawa Timur unik ini terbuat dari bahan utama seperti tepung terigu, wortel, taoge, dan seledri. Selain itu, makanan ini disebut dengan ote ote alas karena ada campuran khusus seperti rebung dan jamur yang didapatkan dari hutan atau alas.

Variasi ote ote alas pun cukup beragam. Bila Sedulur suka dengan sentuhan seafood, ada juga ote ote yang dicampur dengan udang. Makanan ini juga sangat cocok dicocol dengan petis maupun cabe rawit.

Nasi Tumpang

Nasi tumpang
Detik Food

Makanan khas Jawa Timur selanjutnya adalah nasi tumpeng. Untuk Sedulur yang pernah berkunjung ke Bromo atau Malang bagian atas, tentu makanan ini cukup familiar di telinga.

Namun, nasi tumpeng sebenarnya adalah makanan khas dari Kediri lho. Memiliki bahan utama nasi putih, nasi tumpeng memiliki berbagai macam lauk pauk seperti tempe, ayam dan kerupuk rambak.

BACA JUGA: Tips Cara Masak Coto Makassar Kuah Kental Yang Lezat dan Gurih!

Sego Lemang

Sego lemang
Good News From Indonesia

Bergeser ke sudut Jawa Timur, ada sego lemang yang menjadi andalan masyarakat Banyuwangi untuk memberikan suguhan kepada para wisatawan.

Makanan dengan bahan utama nasi dan kecombrang ini memiliki keunikan pada cara penyajiannya. Sego lemang biasanya dimasak menggunakan bambu yang dibakar.

Sego lemang memiliki ciri khas aroma yang wangi dengan rasa makanan yang sangat gurih dan agak sedikit pedas.

Lontong Kecap

Lontong kecap
Kreasi Masakan

Kalau makanan ini termasuk dalam kategori super sederhana. Bagaimana tidak, makanan khas Jawa Timur yang bisa dijumpai di banyak kota ini hanya berbentuk lontong dan kecap.

Namun, jangan salah, meskipun sederhana lonton kecap khas Jawa Timur terkenal gurih lho. Apalagi campuran bumbu kacangnya dibuat secara tidak sembarangan dan dicampur dengan sambal petis.

Tajin Palappa

Tajin palapa
Detik Food

Makanan khas Jawa Timur unik terakhir adalah tajin palapa. Makanan ini merupakan kuliner khas Situbondo yang memiliki keistimewaan rasa tiada duanya.

Tajin palappa berbentuk bubur dengan lauk seperti sayur kankung, taoge, dan bakwan. Bubur ini lantas disiram dengan saus kacang goreng yang dihaluskan bersama cabe merah dan petis.

Itu tadi deretan makanan khas Jawa Timur yang unik tapi tetap lezat Sedulur. Jadi kalau mampir ke Jawa Timur, jangan hanya mencoba rawon dan pecel saja ya. Karena ada banyak sekali kuliner khas lainnya yang tak kalah lezat!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.