Coban Pelangi

Jika Sedulur pernah mendengar Coban Rondo, maka nama Coban Pelangi tentu cukup familiar juga. Air terjun yang berada di kawasan Ngadas, Malang Jawa Timur memiliki keindahan yang menawan karena kemunculan pelangi di aliran airnya.

Bagi Sedulur yang menyukai wisata alam yang penuh tantangan. Maka Coban Pelangi bisa menjadi alternatif menarik untuk dikunjungi. Penasaran apa saja keistimewaan Air Terjun Pelangi ini? Simak informasi lengkapnya berikut!

BACA JUGA: Edu Park Lontar Sewu, Wisata Alam Penuh Ilmu di Gresik

Lokasi Coban Pelangi

Coban Pelangi
Instagram/Richard kyle

Coban Pelangi merupakan tempat wisata alam di Malang dengan keindahan yang menakjubkan yang akan memanjakan siapapun yang mengunjunginya. Jawa Timur memang daerah wisata, terutama air terjun atau coban. Tak hanya Tumpak Sewu dan Coban Rondo yang memiliki keindahan istimewa, Coban Pelangi Malang juga termasuk lho.

Kabupaten Malang menawarkan banyak wisata alam. Jadi jangan heran jika kota yang satu ini tidak memiliki wisata harian. Rasakan liburan menyenangkan di Malang bersama keluarga dengan menjelajahi keindahan alam Air Terjun Coban Pelangi.

Selain itu, cuacanya yang sangat bagus, ditambah lagi dengan hujan yang mengalir di area sekitar membuat Coban Pelangi menyegarkan.  Lokasi Coban Pelangi sendiri berada di Dusun Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Tempat wisata ini buka dari jam 08.00 WIB sampai 17.00 WIB. Jadi Sedulur yang ingin merasakan kesegaran suasana kaki gunung, bisa datang sejak pagi ya.

Harga Tiket Masuk

Jika Sedulur ingin datang ke Coban Pelangi, maka harga tiket masuk yang dikenakan adalah Rp10 ribu untuk satu orang. Selain itu, ada juga biaya parkir di area Coban Pelangi sebesar Rp3 ribu untuk motor dan Rp5 ribu untuk mobil.

BACA JUGA: Wisata Air Terjun Jagir: Lokasi, Harga Tiket dan Fasilitas

Daya Tarik Coban Pelangi

Unsplash/Jared Tomasek

Daya tarik atau keunikan dari air terjun ini terletak pada kemampuannya menghasilkan warna yang berbeda mirip dengan pelangi. Waktu terbaik untuk melihat acara ini adalah antara pukul 10.00 WIB hingga 12.00 WIB saat cuaca cerah. 

Namun, karena berada di ketinggian 1.400 mdpl, suhu di wisata ini juga sangat dingin, bahkan mencapai 19 derajat Celcius. Jadi Sedulur sebaiknya mempersiapkan jaket tebal agar tidak kedinginan ketika menikmati suasana di Coban Pelangi.

Rute ke Coban Pelangi

Destinasi wisata Air Terjun Coban Pelangi Malang merupakan salah satu tempat yang terkenal. Saat ingin mengunjungi wisata di Malang ini, Sedulur harus mengikutinya dari tempat parkir melewati hutan.

Keindahan keindahan dan naungan kedamaian akan menyambut dan menemani Sedulur ketika berwisata ke sana. Nikmati liburan penuh adrenalin dengan wisata alam Malang yang unik ini.  Berada di Dusun Ngadas, Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur yang jaraknya sekitar 30 kilometer dari Kota Malang. 

Kamu dapat menuju ke air terjun ini baik dengan sepeda motor maupun mobil dengan kondisi jalan yang bagus. Permudah perencanaan liburan Sedulur di Coban Pelangi dengan mengakses peta lokasi menggunakan Google Maps.

BACA JUGA: 12 Destinasi Tempat Wisata di Lumajang yang Wajib Dikunjungi

Ide Aktivitas

rute air terjun coban rais
Pexels/PNW Production

Berwisata di alam sangat membutuhkan dorongan untuk menikmatinya. Tak berbeda jika Sedulur memutuskan untuk pergi ke air terjun di Malang ini. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, wisata ini merupakan bagian dari pegunungan yang terjal dan berangin, serta tempatnya yang kuat.

Bersiaplah untuk melintasi jalan dengan kemiringan hingga 45 derajat, kaya akan bebatuan licin berlumut. Seluruh tempat akan ramah dan dingin yang terus berterima kasih padanya. Selama perjalanan, semakin banyak Sedulur melihat, semakin banyak yang bisa Sedulur lihat keindahan alamnya.

Seperti di hutan belantara yang belum terjamah, pepohonan di sekitar kawasan wisata masih jarang. Nikmati setiap jengkal perjalanan dan biarkan kicauan burung dan binatang buas menemani perjalanan. Usahakan tiba di Coban Pelangi sebelum jam 2 siang.

Fasilitas yang Tersedia

Kamu bakalan betah untuk merasakan indahnya alam air terjun di Coban Pelangi karena fasilitas yang disediakan di tempat ini sudah lengkap. Terdapat tempat parkir kendaraan yang cukup luas, warung makan, musala, dan toilet. Ada juga gazebo yang bisa dijadikan tempat istirahat sementara.

Demikian tadi informasi lengkap tentang Coban Pelangi. Semoga informasi ini bisa membantu Sedulur yang ingin bertualang di alam sekitar Kota Malang ya!