cara menyimpan jahe kunyit lengkuas di kulkas

Persedian kunci-kuncian seperti jahe, kunyit, dan lengkuas merupakan hal yang sangat penting. Tak hanya untuk memasak, tapi juga bisa menjadi obat alami disaat tubuh tidak sehat. Salah satu cara menyimpan jahe, kunyit, dan lengkuas yang baik adalah menggunakan kulkas.

Namun, cara menyimpan jahe, kunyit, dan lengkuas di kulkas tidak boleh sembarangan. Sedulur perlu memperhatikan beberapa hal agar kunci-kuncian tersebut tetap fresh saat hendak digunakan. Penasaran seperti apa tips dan cara menyimpan bumbu-bumbu tersebut? Mari simak ulasannya berikut ini.

BACA JUGA: Resep Wedang Tahu Atau Kembang Tahu Kuah Jahe Khas Semarang

1. Hindari kupas kulit sebelum disimpan

Cara menyimpan jahe di kulkas
Home Cook Basics

Cara menyimpan jahe kunyit lengkuas di kulkas yang pertama adalah dengan membiarkan kulitnya. Jangan sekali-kali Sedulur mencoba untuk mengupas kulit kunci-kuncian ketika ingin disimpan di dalam kulkas.

-->

Dilansir dari The Spruce Eats, dengan menjaga kulit kunci-kuncian, maka akan meningkatkan daya tahan bumbu tersebut. Hal ini karena kadar air dalam kunci-kuncian tidak mudah hilang saat terkena hawa dingin di dalam kulkas.

2. Singkirkan kotoran

Cara mencuci jahe
Home Cook Basics

Kunci-kuncian yang dibeli dari pasar biasanya memiliki banyak sisa pasir yang menempel. Maka cara menyimpan jahe kunyit lengkuas di kulkas yang perlu dilakukan adalah mencuci bersih kotoran tersebut.

Kotoran yang biasanya menempel pada jahe, lengkuas, dan kunyit bisa memicu munculnya pertumbuhan bakteri atau jamur. Hal ini jelas berbahaya dan bisa membuat kunci-kuncian jadi lebih cepat busuk.

3. Bersihkan dari jamur

Manfaat jahe
The Ginger People

Selain kotoran, Sedulur juga harus memperhatikan pertumbuhan jamur pada jahe, kunyit, dan lengkuas. Hal ini lantaran kunci-kuncian sebelumnya disimpan dalam tempat yang cukup lembab dan kotoran tanah yang menempel membuat jamur mudah berkembang.

Cara menyimpan jahe, kunyit dan lengkuas di kulkas yang aman adalah dengan membersihkan jamur tersebut. Sedulur cukup mencucinya dan menggosok kunci-kuncian agar bersih dari jamur dan kotoran.

BACA JUGA: Mengenal Jintan, Rempah Berkarakter Spicy Dengan Sejuta Manfaat!

4. Pastikan kondisi fisik baik

Cara nenyimpan kunyit
Grid ID

Umumnya, kunci-kuncian memiliki kondisi fisik yang baik. Namun, tak sedikit pula jahe, kunyit dan lengkuas yang berlubang saat dipanen sehingga kondisinya menjadi cacat.

Biasanya kondisi ini akan mempengaruhi kulit kunci-kuncian yang berubah menjadi keriput dan lemas. Jika hal ini Sedulur temukan, sebaiknya tidak simpan jahe, kunyit dan lengkuas di dalam kulkas karena malah akan mempercepat pembusukan.

5. Bungkus dengan kantong atau kertas

Cara menyimpan jahe di kulkas
Eat This Not That

Dilnsir dari laman Root Babes, agar kunci-kuncian bisa awet saat disimpan di dalam kulkas. Sebaiknya Sedulur menggunakan pembungkus khusus dari kantong ataupun kertas.

Hal ini karena membungkus kunci-kuncian bisa menjaga agar kondisi jahe, kunyit, dan lengkuas tetap berada pada kondisi kering dan tidak mudah lembab. Jika disimpan dalam kulkas dengan menggunakan pembungkus, maka ketahanan kunci-kuncian bisa bertahan sampai 2 minggu lamanya.

6. Letakkan pada bagian bawah atau pintu

Adventurous Way

Kulkas biasanya memiliki beberapa bagian di dalamnya. Setiap bagian memiliki suhu dingin yang berbeda-beda. Lalu kira-kira dimana tempat yang cocok untuk menyimpan kunci-kuncian? Maka jawabannya adalah bagian bawah atau pintu.

Pada bagian ini, suhu kulkas biasanya berada di antara 8 derajat Celcius dan bisa membuat kunci-kuncian dalam kondisi yang fresh.

BACA JUGA: Mengenal Pallubasa, Kuliner Berkuah Khas Makassar Super Nikmat!

7. Simpan dengan suhu ruangan

Practical Pain Management

Cara menyimpan jahe, kunyit, lengkuas jika tidak berada di dalam kulkas juga bisa di luar ruangan. Cara ini cukup umum karena dengan menempatkan kunci-kuncian di dalam suhu ruangan juga mampu menjaga ketahanan kunci-kuncian dalam beberapa hari.

8. Bekukan dalam freezer

cara menyimpan jahe kunyit lengkuas di kulkas
Detikcom

Ada satu bagian yang juga bisa digunakan oleh Sedulur untuk menyimpan kunci-kuncian adalah freezer. Namun, untuk bisa menyimpan jahe, kunyit, dan lengkuas di freezer, perlu membersihkan kulit kunci terlebih dahulu.

Kunci-kuncian adalah bumbu dapur yang banyak kegunaannya. Agar bumbu ini tidak mudah busuk dan awet di rumah, Sedulur bisa mencoba cara menyimpan jahe, kunyit dan lengkuas di kulkas di atas. Selamat mencoba ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.