Cara Menyimpan Cabe di Kulkas

Cabe merupakan salah satu bahan masakan yang sangat penting untuk kuliner tanah air. Hampir di setiap masakan dari berbagai daerah mencampurkan buah dengan rasa pedas ini. Namun agar bisa awet dan tahan lama, ada beberapa cara menyimpan cabe di kulkas yang benar.

Mengetahui cara menyimpan cabe tentu menjadi hal yang wajib diketahui untuk seorang pengusaha kuliner maupun para ibu-ibu di rumah. Hal ini agar cabe yang sudah dibeli tidak cepat membusuk dan terbuang percuma. Penasaran bagaimana cara menyimpan cabe yang benar agar tetap segar? Simak berikut ini.

BACA JUGA: Jangan Dimasukkan Kulkas, Begini Tips dan Cara Menyimpan Saus yang Benar!

1. Selalu pilih cabai yang masih segar dan baik

Cara Menyimpan Cabe di Kulkas
Urvara Krsi

Cara menyimpan cabe agar bisa selalu segar dan tidak mudah busuk adalah dengan memilih cabe dengan kualitas yang baik.

-->

Dilansir dari The Neff Kitchen, ini merupakan langkah paling pertama jika ingin memiliki persediaan cabe yang bagus untuk waktu yang lama. Jika pada langkah ini Sedulur bisa mendapatkan cabe berkualitas baik, maka cabe bisa bertahan hingga 2 sampai 3 bulan.

Ada beberapa hal yang bisa diperhatikan dalam memiliki cabe yang segar dan baik, yaitu:

  • Perhatikan warna cabe. Pilihlah cabe dengan warna yang cerah dan tidak hitam.
  • Pastikan batang cabe berwarna hijau dan kokoh.
  • Aroma pedas cabe terasa mantap dan bisa dicium secara langsung.
  • Bentuk cabe besar dan lurus.
  • Daging cabe memiliki tekstur yang emput tapi kuat saat dipegang.

2. Sebelum disimpan hilangkan tangkai

Teknik memotong cabai
Unsplash

Jika sudah memiliki cabe dengan kualitas yang baik, maka Sedulur bisa meningkatkan ketahanan cabe selama disimpand dengan menghilangkan tangkainya.

Alasan kenapa ini menjadi cara menyimpan cabai di kulkas biar awet, tidak lepas dari tangkai yang bisa menyerap sari dari daging cabe agar bisa bertahan hidup.

Untuk memotong atau menghilangkan tangkai cabe juga tidak bisa sembarangan. Sedulur bisa menggunakan gunting untuk membuang sebagian batang hingga menyisakan kelopak sedikit diujung cabe.

3. Jangan pernah mencuci cabe

Cara Menyimpan Cabe di Kulkas
Unsplash

Dalam laman Spice India Online, cara menyimpan cabe di kulkas agar tidak cepat busuk adalah dengan tidak mencuci dengan air. Ini menjadi hal yang dianjurkan oleh para ahli demi bisa menambah masa ketahanan cabe.

Berdasarkan penelitian yang ada, kadar air yang tinggi setelah cabe dicuci malah membuat bahan makanan tersebut menjadi semakin lembab. Alhasil, cabe akan lebih mudah mengalami pembusukan. Dan Sedulur bisa mencuci cabe sebelum akan dimasak.

4. Simpan dalam wadah kedap udara

Cara Menyimpan Cabe di Kulkas
Piping Pot Curry

Setelah mengetahui tiga cara menyimpan cabe di kulkas agar tahan lama, amak Sedulur bisa mencoba cara selanjutnya. Yaitu dengan menyimpan cab eke dalam wadah kedap udara.

Dilansir dari Kompas, Chef de Cuisine Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Prasetyo Widodo, cabe bisa memiliki ketahanan yang lebih lama ketika disimpan dalam wadah kedap udara.

Teknik menyimpan cabe ini bisa mengurangi pertumbuhan bakteri yang bisa memicu pembusukan pada cabe. Selain itu, proses ini juga menjaga kadar air dalam cabe sehingga tidak mudah menguap ketika disimpan dalam kulkas.

BACA JUGA: Mengenal Takaran Dalam Resep Masakan Secara Lengkap

5. Manfaatkan bawang putih segar

Cara Menyimpan Cabe di Kulkas
The Foodie Take Flight

Jika Sedulur sering memperhatikan teknik penyimpanan para ahli masakan, maka akan menemukan cabe disimpan bersamaan dengan bawang. Ternyata hal ini bisa menambah daya tahan cabe agar bisa tetap awet dan segar lho.

Sedulur cukup mencampur bawang putih yang sudah dikupas dengan cabe segar. Simpan dalam wadah kedap udara dan berikan alas kertas atau tisu. Jangan lupa untuk rajin mengganti tisu agar menghindari kelembapan dalam wadah.

Berdasarkan penelitian yang ada, bawang putih bisa menjadi pengawet alami karena memiliki senyawa yang mengandung antibakteri. Hal ini yang membuat cabe menjadi awet dan tidak mudah busuk.

6. Gunakan kulkas untuk menyimpan

Cara menyimpan sayur
Reader’s Digest

Cara menyimpan cabe selanjutnya adalah dengan menyimpannya di kulkas. Ini menjadi sangat penting karena kulkas bisa membuat cabe dalam kondisi yang stabil dan tidak mudah dihinggapi bakteri yang mempercepat pembusukan.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Amuz Gorumet Restaurant, cabai yang disimpan di dalam kulkas bisa memiliki daya tahan hingga seminggu. Hal ini dibandingkan saat cabe disimpan di ruangan yang hanya bisa bertahan selama 2 hari.

Salah satu kunci agar cabe bisa bertahan lama di kulkas adalah pengaturan suhu yang tepat. Dimana saat kulkas harus diatur agar memiliki suhu sekitar 5 derajat Celcius.

7. Bungkus dengan tisu kering

Cara Menyimpan Cabe di Kulkas
Kumparan

Cara menyimpan cabe di kulkas agar tetap segar yang terakhir adalah membungkus cabe dengan tisu kering. Cara ini menjadi tips tepat untuk membuat cabai tetap kering saat disimpan dalam kulkas.

Apalagi dengan menaruh tisu kering dalam wadahnya, Sedulur bisa mengurangi resiko kelembapan yang berlebihan pada cabe. Adapaun tisu kering bisa dijadikan untuk alas di wadah atau membungkus cabainya langsung.

Cobalah untuk memperhatikan tisu dan menggantinya dalam jangka waktu tertentu agar cabe tetap segar.

BACA JUGA: Inspirasi Isi Paket Sembako Murah Untuk Berbagi dan Sedekah

Hal yang harus dihindari

Setelah mengetahui cara menyimpan cabe di kulkas yang baik dan benar. Sedulur juga perlu memperhatikan beberapa pantangan saat menyimpan cabe di kulkas.

Hal ini karena ada beberapa barang yang jika disimpan berdekatan dengan cabe, malah bisa mempercepat pembusukan. Berikut ini ulasannya:

1. Jauhkan dari produk susu

Menyimpan susu
Eat This, Not That

Susu biasanya menjadi salah satu produk bahan makanan yang selalu disimpan di dalam kulkas. Namun, ketika Sedulur ingin menyimpan cabe di tempat yang sama, maka jangan taruh susu dan cabe bersebelahan.

Hal ini tidak lepas dari kandungan zat dari susu yang bisa menyerap aroma cabe dan membuat rasanya jadi hambar. Sedulur juga harus memperhatikan produk turunan susu lainnya seperti keju dan yoghurt agar tidak berada dekat dengan cabe.

2. Perhatikan saat mencampur cabe dengan sayuran

Cara Menyimpan Cabe di Kulkas
Rohtopia

Walaupun termasuk dalam kategori buah sayur, cabe tidak bisa dicampur dengan sayuran lainnya lho. Ini juga menjadi salah satu cara menyimpan cabe di kulkas agar bisa tahan lama dan awet.

Berdasarkan sebuah penelitian, cabe yang disimpan bersama sayur lain seperti sawi, bayam, hingga daun seledri bisa menghisap aroma cabe secara cepat. Ini bisa berdampak dengan hilangnya rasa cabe dan sayur memiliki aroma yang tidak segar.

3. Jauhkan dari buah yang cepat busuk

Menyimpan buah
That Salad Lady

Selain sayuran, buah-buahan juga disarankan tidak berada dekat dengan tempat penyimpanan cabe. Ini karena buah bisa memicu cabe menjadi cepat busuk dan bau.

Adapun beberapa buah yang bisa membuat cabai kehilangan kesegarannya adalah alpukat, pisang, dan tomat. Untuk itu, taruhlah buah dan sayur dalam kontainer kulkas yang berbeda.

4. Hindari cabe berdekatan dengan telur

Telur
Unsplash

Telur menjadi produk hewani yang sangat tidak disarankan dekat dengan cabe saat disimpan di kulkas. Hal ini karena kandungan gas yang dilepaskan oleh telur bisa membuat cabe lebih cepat layu.

Demikian tadi deretan cara menyimpan cabe di kulkas yang bisa Sedulur coba. Tak hanya membuat bertahan dalam hitungan hari saja, persedian cabe Sedulur bisa awet selama berbulan-bulan lho. Selain itu, cabe juga selalu dalam keadaan segar.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.