cara menjernihkan minyak goreng bekas

Minyak goreng menjadi kebutuhan pokok yang sangat penting bagi masyarakat. Bahkan, terjadinya kelangkaan minyak goreng beberapa waktu lalu membuat banyak ibu rumah tangga dan pedagang pusing dibuatnya. Berbagai upaya pun dilakukan agar bisa tetap memiliki minyak goreng, salah satunya dengan cara menjernihkan minyak goreng bekas.

Upaya ini menjadi solusi cepat yang banyak dilakukan karena selain biayanya yang murah dibandingkan harus membeli minyak goreng premium. Menjernihkan minyak goreng bekas juga cepat.

Namun, agar Sedulur tetap bisa menjaga kualitas minyak goreng yang dijernihkan tetap bagus dan tidak berbahaya untuk kesehatan. Sebaiknya simak tips cara menjernihkan minyak goreng bekas yang baik dan benar berikut ini!

BACA JUGA: 6 Cara Masak Nasi Biar Tetap Putih, Pulen, dan Tidak Mudah Basi!

-->

Manfaatkan arang halus

Bubuk arang
Homeguides

Pertama, Sedulur bisa menggunakan cara menjernihkan minyak goreng bekas dengan arang. Cara ini terbukti jitu karena dilansir dari Very Well Health, arang memiliki kandungan mineral yang bisa mengikat kotoran yang ada pada minyak goreng.

Selain itu, kandungan karbon bisa mengurangi aroma menyengat atau tajam yang tertinggal pada minyak goreng bekas.

Caranya, haluskan arang kayu secukupnya dengan ditumbuk sampai jadi serbuk. Kemudian, masukkan dua genggam serbuk arang kayu untuk 1 liter minyak jelantah. Aduk merata dan tunggu hingga warna minyak lebih terang jernih. Saring minyak berisi arang kayu dan minyak yang jernih bisa kembali digunakan.

Gunakan kentang

Cara menjernihkan minyak goreng
The Jakarta Post

Cara menjernihkan minyak goreng bekas selanjutnya adalah menggunakan kentang. Cara kedua ini berbeda dengan sebelumnya karena kentang hanya bisa menghilangkan serpihan sisa gorengan yang mengendap di minyak.

Sedulur cukup kupas kentang dan potong dengan ukuran dadu. Goreng kentang dalam minyak bekas sampai semua serpihan sisa gorengan menempel.

Walaupun Sedulur bisa mendapatkan kentang goreng dalam proses ini, jangan sekali-kali berpikir untuk mencoba mengkonsumsinya  ya. Hal ini karena serpihan sisa gorengan yang menempel di kentang memiliki kandungan kolesterol yang tinggi dan tidak baik untuk tubuh.

Pakai serai untuk hilangkan bau

Cara menjernihkan minyak goreng bekas
Sales SP

Minyak goreng yang digunakan untuk menggoreng ikan asin atau bahan masakan berbau tajam kadang sulit untuk diatasi. Hal ini karena bau dari sisa gorengan akan tertinggal di minyak goreng dan minyak tidak bisa digunakan untuk menggoreng bahan masakan lainnya.

Namun, Sedulur tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara untuk menjernihkan minyak goreng dari bau tidak sedap yaitu dengan menggunakan serai.

Cara menjernihkan minyak goreng bekas dengan serai ini cukup mudah. Sedulur hanya perlu mengoreng serai yang sudah digeprek. Tunggu selama dua jam, maka aroma tidak sedap dalam minyak akan hilang.

Jika sudah buang sisa gorengan serai dan minyak goreng bisa kembali digunakan untuk memasak bahan makanan lainnya.

BACA JUGA: Kenapa Harga Sembako Naik? Ini Faktor Penyebabnya

Nasi bisa buang kotoran minyak bekas

cara menjernihkan minyak goreng bekas
Great British Chef

Umumnya nasi memiliki fungsi utama sebagai sumber makanan manusia karena kandungan karbohidratnya yang tinggi. Namun, siapa sangka ternyata nasi juga bisa menjadi alat untuk membersihkan minyak goreng bekas dari kotoran.

Dilansir dari Kata Data, tekstur nasi yang lengket dan padat bisa membantu membersihkan sisa-sisa gorengan dalam minyak yang sulit disaring.

Sedulur cukup buat kepalan segenggam nasi lalu masukkan ke dalam minyak goreng bekas. Bolak balik kepalan nasi tersebut sampai seluruh kotorannya menempel.

Jika seluruh sisa gorengan dan kotoran tadi menempel pada nasi, Sedulur bisa menyaring nasi tersebut dan minyak goreng bekas jadi bersih kembali deh.

Saring pakai kulit pisang

cara menjernihkan minyak goreng bekas
Cookingwithdog

Membersihkan minyak goreng bekas atau juga dikenal sebagai jelantah juga bisa memanfaatkan buah-buahan lho. Salah satu buah yang bisa digunakan adalah pisang. Dimana Sedulur hanya perlu memanfaatkan bagian kulitnya untuk menyaring minyak agar bebas dari kotoran dan menjadi jernih kembali.

Cara menjernihkan minyak jelantah dengan kulit pisang cukup sederhana untuk dilakukan. Sedulur hanya perlu memotong kulit pisang dan bersihkan bagian dalamnya hingga halut dan lembut. Setelah itu, letakkan kulit pisang di atas saringan dan persiapkan wadah bersih untuk menampung minyak goreng.

Tuangkan minyak goreng bekas tersebut dari atas saringan sehingga mengenai kulit pisang. Dan, minyak goreng bekas Sedulur akan langsung jernih seketika.

BACA JUGA: 7 Tips Menata Warung Sembako Kecil Agar Menarik Pembeli

Endapkan minyak bekas selama semalam

cara menjernihkan minyak goreng bekas
Simply Recipes

Cara menjernihkan minyak goreng bekas paling sederhana dan mudah adalah dengan mengendapkannya selama semalam. Kotoran sisa penggorangan akan turun ke bagian bawah minyak dan Sedulur mulai bisa mengambil minyak bersih yang ada di bagian atas.

Namun, cara ini cuma bisa memisahkan kotoran dan minyak jernih ya. Untuk aroma, minyak goreng akan masih memiliki sedikit bau dari hasil penggorengan sebelumnya.

Cara menjernihkan minyak goreng bekas dengan tepung terigu

cara menjernihkan minyak goreng bekas
Olive Oil From Spain

Terakhir yaitu menggunakan tepung. cara menjernihkan minyak goreng bekas dengan tepung ini ada dua teknik. Pertama menggunakan tepung kanji dan kedua menggunakan tepung terigu.

Pengaplikasian dua tepung ini sebenarnya cukup sama, tapi dalam segi efektifitas tepung kanji bisa membuat minyak goreng lebih jernih dibandingkan dengan tepung terigu.

Sedulur harus membuat adonan tepung yang dicampur terlebih dahulu dengan air. Lalu goreng adonan cair tersebut ke dalam minyak yang sudah panas. Setelah adonan tadi menggumpal, Sedulur tinggal mengangkat dan seluruh kotoran yang ada di minyak goreng akan menempel deh ke dalam tepung.

Langkah terakhir dalam cara menjernihkan minyak goreng bekas dengan tepung kanji adalah menyaring minyak dan Sedulur sudah bisa menggunakannya untuk memasak lagi.

Demikian tadi tips dan cara menjernihkan minyak goreng bekas dengan barang-barang alami yang ada di rumah. Semoga ulasan di atas bisa membantu Sedulur agar bisa memanfaatkan minyak goreng secara maksimal ya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.