american breakfast

American breakfast artinya merujuk pada menu sarapan yang biasa dikonsumsi orang Amerika Serikat. Sebenarnya tiap negara memiliki menu sarapan khasnya masing-masing. Seperti Indonesia yang identik dengan bubur ayam dan nasi uduk, di Amerika Serikat ada beberapa menu populer yang disajikan untuk sarapan. 

Nah, menu sarapan khas mereka tentunya berbeda dengan menu yang biasa kita temui di tanah air. Kabarnya, menu mereka lebih praktis dan kaya protein, lho. Bila Sedulur tertarik dengan menu-menu makanan di bawah ini, Sedulur juga bisa mencobanya sendiri di rumah. Simak dengan baik, yuk! 

BACA JUGA: 3 Cara Membuat Keju dengan Bahan Sederhana di Rumah

1. Toast 

american breakfast
Instagram @fotografsara

Toast adalah roti tawar yang dipanggang hingga berwarna kecoklatan dan renyah. Ia bisa dimakan bersama selai buah atau selai kacang. Namun, bisa pula disajikan dengan telur mata sapi dan kacang merah panggang. Ada pula yang memasak telurnya dengan model egg benedict, yaitu merebusnya dengan teknik khusus hingga bagian kuningnya tertutup sempurna oleh putih telur. Lalu, saat disobek dengan garpu, kuning telurnya yang setengah matang akan meleleh. 

-->

Kalau ala California, biasanya toast disajikan dengan topping alpukat segar dan siraman minyak zaitun serta taburan biji-bijian. Menu sarapan ini memang praktis dan durasi pembuatannya cukup singkat jika dibandingkan dengan bubur ayam atau nasi uduk. 

2. Waffles atau pancakes 

american breakfast
Instagram @testkitchen

Waffle atau pancake  merupakan dua menu yang terbuat dari tepung dan masuk ke dalam jajaran American breakfast yang cukup tersohor. Bahkan, tepung instan untuk membuat waffle atau pancake tersedia secara khusus di berbagai swalayan Amerika Serikat.

Biasanya, tepung khusus tersebut sudah dikemas dan tinggal dicampurkan dengan air dan telur, sehingga konsumen tidak perlu memasukkan baking powder, gula, mentega dan bahan-bahan lainnya. Hal ini tentu membuatnya semakin praktis dan disukai. Untuk melengkapinya, Sedulur bisa menambahkan sirup maple atau whipped cream dengan potongan buah-buahan segar.

3. Deviled eggs 

american breakfast
Instagram @livewellbakeoften

Menu American breakfast berikutnya berbahan telur dan sebenarnya cukup unik. Sedulur membutuhkan telur yang direbus hingga matang sempurna bagian kuningnya. Kuning telur kemudian diambil dan dicampurkan dengan mayones, cuka, mustard, garam, dan merica.

Setelah itu dikembalikan lagi pada cekungan yang terbuka di putih telur. Baru kemudian disantap. Rasanya jauh lebih kaya dibanding makan telur rebus biasa tanpa bumbu. Biar lebih lengkap menu ini bisa disantap bersama salad sayur segar. 

4. Hash brown 

american breakfast
Instagram @flavourjourney

Hash brown adalah olahan kentang yang cukup berbeda dari olahan lainnya. Jika biasanya kentang hanya dipotong dan digoreng atau direbus untuk dihaluskan menjadi bentuk mashed potato. Maka, Hash brown dibuat dengan memarut kentang hingga membentuk bulir-bulir kasar.

Kemudian, sisa airnya diperas dan akhirnya digoreng dengan sedikit minyak di atas panci. Hasilnya adalah dadar kentang yang krispi dan gurih. Hash brown disantap sebagai sumber karbohidrat bersama lauk lain, seperti sosis, sayuran, bacon, dan lainnya. 

BACA JUGA: Resep Lemet Singkong Cemilan Tradisional yang Lembut & Legit

5. Bagel 

american breakfast
Instagram @islandbagelsbali

Untuk menu American Breakfast dengan cheese, biasanya orang menyajikannya dalam bentuk bagel. Bagel adalah sejenis roti keras yang bentuknya sekilas mirip donat dengan taburan wijen di atasnya. Dalam penyajiannya bagel akan dibelah menjadi dua secara melintang dan diberi olesan krim keju di setiap permukaannya. Kemudian, diisi dengan sayuran dan daging atau potongan ikan. Rasa rotinya gurih cenderung asin, jadi cocok untuk menu sarapan yang mengenyangkan dan serunya bisa dimakan sambil berjalan atau berkendara.

6. Smoothies 

american breakfast
Instagram @fitblendz_

Smoothies bisa jadi liquid American breakfast yang praktis dan bernutrisi tinggi. Ia terbuat dari campuran susu dan buah atau sayuran yang diblender jadi satu hingga halus. Beberapa menambahkan es batu agar teksturnya lebih kental dan padat sehingga terasa mengenyangkan dan bisa dinikmati perlahan. Sayur dan buah butuh waktu lama untuk diserap usus sehingga menimbulkan efek kenyang yang juga lebih lama. Pas buat menu sarapan Sedulur. 

7. Parfaits 

american breakfast
Instagram @oat_to_eat

Menu lainnya yang bisa Sedulur coba adalah parfaits. Sangat sederhana, komponennya hanya berupa yogurt, buah, dan kacang-kacangan atau multigrain. Semuanya tinggal ditata di atas mangkuk atau gelas. Kemudian, tinggal disantap perlahan. Cocok buat menu diet atau buat Sedulur yang belum terbiasa sarapan dengan makanan berat. 

8. Quiche 

american breakfast
Instagram @projectgezond

Quiche sebenarnya berasal dari Prancis dan berupa pastry yang diisi campuran telur, keju, dan sayur. Ada pula yang menambahkan potongan bacon atau bisa daging ayam ke dalamnya untuk memperkaya rasa dan gizi. Quiche dimasak dengan cara dipanggang hingga keras bagian tepinya, tetapi lembut lumer di bagian isiannya. 

Itu tadi beberapa menu sarapan ala Amerika atau yang dikenal sebagai American breakfast. Selain sederhana, praktis, dan tidak membutuhkan persiapan memasak yang lama, bahan-bahan mentahnya, seperti buah, telur, daging, tepung, dan keju, juga sangat mudah didapatkan. 

Agar semakin praktis dalam berbelanja, Sedulur bisa menggunakan Aplikasi Super untuk membeli telur, roti, tepung, maupun keju untuk membuat beragam menu American breakfast di atas. Tidak hanya produk yang lengkap, harganya juga murah dan banyak promo menarik. Apalagi dengan cashback dan voucher gratis ongkir, belanja akan semakin nyaman dan tenang.

Tunggu apalagi? Yuk, kreasikan menu American breakfast di atas dengan belanja bahan-bahannya di Aplikasi Super. Download aplikasinya di PlayStore sekarang juga!