Kebutuhan bumbu dapur menjadi hal yang tidak bisa diabaikan dalam kebutuhan sehari-hari. Apalagi kalau Sedulur sosok yang sangat suka memasak atau memiliki usaha kuliner. Dalam dunia perbumbuan sendiri, ada dua jenis bumbu yang biasa dipakai yaitu bumbu basah dan bumbu dapur kering.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan berfokus membahas tentang bumbu dapur kering terlebih dahulu. Hal ini tidak lepas dari kebutuhan bumbu dapur kering yang hampir selalu dipakai setiap saat. Selain itu, bumbu dapur kering juga awet dan tahan lama.

Agar Sedulur tidak salah menyimpan bumbu dapur, yuk simak daftar bumbu dapur kering yang wajib ada di rumahmu!

BACA JUGA: 20 Jenis Rempah Indonesia untuk Masakan Serta Manfaatnya

-->

Bubuk Cabe

Bumbu dapur kering
Product Nation

Bumbu dapur kering pertama yang harus Sedulur persiapkan adalah bubuk cabe. Bumbu ini tidak boleh terlewat karena bisa digunakan untuk berbagai macam jenis masakan. Apalagi masyarakat Indonesia memang terkenal memiliki selera makanan pedas.

Jika Sedulur berminat untuk membeli bumbu dapur seperti bubuk cabe ini, bisa langsung download Aplikasi Super. Dengan Aplikasi Super, Sedulur bisa membeli segala kebutuhan memasak lewat ponsel. Berikut ini beberapa produk bubuk cabe yang bisa Sedulur beli langsung lewat Aplikasi Super:

  • Bon Cabe level 15 – Rp 9.600/pcs
  • Bon Cabe level 30 – Rp 9.600/pcs
  • Bon Cabe level 50 – Rp 11.000/pcs

Bubuk Bawang Putih

Bumbu dapur kering
CekList

Selanjutnya adalah bubuk bawang putih. Ini merupakan bumbu dapur kering yang sangat penting, karena bawang putih merupakan salah satu bahan utama agar sebuah masakan menjadi lezat.

Namun, terkadang stok bawang putih segar tidak selalu ada di rumah. Agar masalah ini bisa terselesaikan dan Sedulur bisa tetap memasak menu yang diingkan. Sedulur bisa mempersiap bubuk bawang putih baik itu yang berbentuk sachet atau botol. Beberapa produk bumbu dapur kering untuk bubuk bawang putih adalah:

  • Koepoe Koepoe Bawang Putih 130 gr – Rp 13.000/botol
  • Jays Garlic Powder 80 gr – Rp 27.000/botol

BACA JUGA: Resep Ayam Srundeng Kelapa Berempah Gurih Harum

Bubuk Kayu Manis

CNN

Sedulur juga perlu menyimpan bubuk kayu manis sebagai salah satu stok bumbu dapur kering. Tak hanya berguna untuk membuat makanan pencuci mulut, kayu manis bubuk juga bisa dimanfaatkan dalam berbagai jenis masakan. Salah satunya untuk memberikan rasa manis alami.

Bubuk kayu manis atau yang juga dikenal dengan cinamons juga cukup banyak dijual dalam bentuk kemasan. Berikut ini beberapa produk bubuk kayu manis yang bisa dicoba:

  • Koepoe Koepoe Kayu Manis 35 gr – Rp 5.000
  • Jays Cinnamon Ground 75 gr – Rp 16.500

Bubuk Merica

Bumbu dapur kering
BharaQ8

Merica merupakan salah satu rempah-rempah yang menjadi kunci kelezatan masakan nusantara. Jadi tidak heran, jika bumbu kering satu ini harus selalu ada di dapur rumah. Sedulur juga tidak perlu khawatir karena sudah ada cukup banyak varian merica bubuk kemasan baik itu sachet atau botol yang dijual.

Berikut ini beberapa jenis bubuk merica yang bisa dibeli langsung lewat Aplikasi Super:

  • Ladaku 2.5 gr karton – Rp 449.000
  • Ladaku 3 gr renceng – Rp 9.700
  • Harum Enak Lada Putih 3 gr Pack – Rp 53.300

Bubuk Ketumbar

Bumbu dapur kering
Tea for Turmeric

Ketumbar adalah rempah yang bisa memberikan rasa gurih alami pada sebuah masakan. Tak hanya itu, ketumbar bubuk juga mampu meningkatkan aroma agar makanan semakin menggugah selera. Bumbu dapur kering satu ini juga sudah banyak dibuat dalam bentuk sachet agar bisa selalu ada di dalam dapur. Berikut ini harganya:

  • Desaku ketumbar 15 gr – Rp 1.200
  • Koepoe koepoe ketumber 25 gr botol – Rp 4.300
  • Jays Coriander 75 gr botol – Rp 14.500

BACA JUGA: Urutan Cabe Terpedas di Dunia, Cabe Rawit Kalah Jauh!

Bubuk Kunyit

Inaexport

Kunyit menjadi salah satu bumbu dapur kering yang banyak dimanfaatkan dalam masakan nusantara. Misalnya saja membuat nasi kuning, masakan padang, opor. sampai roti tradisional yang memiliki warna kuning. Jadi tidak heran kebutuhan bumbu dapur kering kunyit juga sangat tinggi.

  • Desaku kunyit bubuk 10 gr renceng – Rp 10.700
  • Koepoe Koepoe kunyit bubuk botol – Rp 5.480

Bubuk Penyedap Rasa

Bumbu dapur kering
Youtube Masako

Micin atau bubuk penyedap rasa menjadi bumbu kering yang tidak boleh terlewat. Bumbu satu ini umumnya terbuat dari olahan kaldu daging ayam atau daging yang dikristalisasi menjadi bubuk. Tak hanya bermanfaat meningkatkan rasa masakan, bubuk penyedap rasa sachet juga dikenal awet.

Berikut ini beberapa jenis bubuk penyedap rasa yang harus bisa Sedulur beli dan sediakan di rumah:

  • Masako Ayam 8.5 gr – Rp 4.600
  • Masako Sapi 8.5 gr – Rp 4.500
  • Royco Ayam 8 gr – Rp 4.700
  • Royco Sapi 8 gr – Rp 4.600
  • Sasa Penyedap Rasa 250 gr karton – Rp 570.000

Demikian tadi deretan bumbu dapur kering yang wajib ada di rumah Sedulur. Bumbu kering di atas, tak hanya bisa membantu Sedulur agar tetap bisa memasak tapi juga mempermudah saat berbelanja kebutuhan sehari-hari.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. 
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.