air terjun nglirip

Air Terjun Nglirip merupakan destinasi wisata andalan yang sering dikunjungi para wisatawan. Bahkan pada tahun 2019 silam, air terjun yang ada di Kabupaten Tuban, Jawa Timur ini masuk dalam kategori wisata alam paling indah di Indonesia.

Jadi tidak heran jika yang berkunjung ke tempat ini bukan hanya wisatawan lokal saja. Ada banyak sekali wisatawan asing yang juga datang kesini karena merasa tertarik dengan keindahan dan daya tarik yang dihadirkan oleh Air Terjun Nglirip.

Air Terjun Nglirip menjadi salah satu destinasi wisata di Tuban yang wajib untuk dikunjungi. Sangat cocok untuk Sedulur yang sedang ingin berlibur atau hanya sekadar healing bersama keluarga, teman-teman, maupun pasangan.

Karena suasananya yang sejuk akan membantu merefresh otak anda yang sedang penat memikirkan pekerjaan dan urusan di rumah.

BACA JUGA: Pesona Bukit Nirwana Malang Beserta Harga Tiket Masuknya

Lokasi Air Terjun Nglirip

air terjun nglirip
Instagram/Airterjunnglirip

Lokasi dari air terjun Nglirip sendiri berada di Dusun Jojogan yang masuk kawasan Desa Mulyoagung. Tepatnya objek wisata  alam ini berlokasi di Jl. Raya Mulyoagung, Sawah, Mulyoagung, Singgahan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Rute Menuju Lokasi

Bisa dibilang jika rute untuk menuju ke kawasan Air Terjun Nglirip ini sangatlah mudah. Bahkan untuk saat ini, penataan jalannya pun sudah dilakukan sampai ke lokasi utama. Nah, jarak tempuh untuk menuju lokasi dari Air pusat Kabupaten Tuban, yakni sekitar 23,6 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 39 menit.

Perjalanan dari pusat Kabupaten Tuban tersebut dilakukan dengan melalui Jalan Raya Montong. Bagi para pengunjung yang tidak datang dengan kendaraan, tidak usah khawatir. Sedulur bisa menggunakan angkutan umum dari terminal Tuban yang menuju Montong.

Setelah itu, dilanjutkan dengan kendaran umum lain menuju ke daerah Jojogan. Ya, letak dari air terjun ini berada di jalur Montong serta jalur Jojogan.

Rute lain yang bisa diambil yakni melalui Singgahan. Sedulur dapat menaiki angkutan umum bis dari terminal Tuban menuju Jatirogo. Bis tersebut nantinya akan transit di terminal Bojonegoro sebelum akhirnya menuju Jatirogo.

Nah, Sedulur dapat turun di pertigaan warung anjlok. Jarak dari tempat tersebut hingga sampai ke air terjun cukup dekat, yaitu sekitar satu kilometer saja.

BACA JUGA: Wisata Alam Brakseng: Lokasi, Daya Tarik dan Harga Tiket

Pesona dan Aktivitas yang Bisa Dilakukan

air terjun nglirip
Instagram/Fendy_Lavigne

Seperti yang sebelumnya sudah dikatakan, jika banyaknya pengunjung dari objek wisata alam ini bukan karena tanpa alasan. Melainkan Air Terjun Nglirip ini memiliki pesona yang tidak bisa ditolak. Nah, berikut ini beberapa pesona yang dimaksud, lengkap dengan aktivitas yang dapat dilakukan.

1. Kemegahan air terjun yang memanjakan mata

Dilihat dari sudut manapun, Air Terjun Nglirip pasti Sedulur akan terpukau jika melihatnya. Air terjun yang satu ini, mempunyai ketinggian 29 meter, lebar 25 meter, serta kedalaman 30 meter. Dengan begitu, maka tidak disarankan untuk berenang di dalam sungainya.

Kendati demikian, Sedulur masih bisa menikmati kemegahannya sekaligus mengabadikan momen-momen di tempat ini, baik itu melalui foto maupun video.

2. Suasana yang sangat segar dan nyaman

Sumber air dari air terjun yang satu ini, berasal dari hutan lindung krawak yang letaknya kurang lebih sekitar 2 km dari Nglirip. Selain itu, ada juga aliran dari mata air di lohgung dan beberapa sumber lainya. Bukan tanpa sebab, hal ini karena lokasinya yang berdekatan dengan hutan.

Jadi tidak hanya pemandangannya yang sangat cantik, suasana alam yang disajikan benar-benar masih asri dan sejuk. Apalagi dengan perpaduan pepohonan rindang yang mengelilingi tebing.

3. Keunikan warna air terjun

Dapat dikatakan jika Air Terjun Nglirip menghadirkan daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Saat musim kemarau, airnya memiliki hijau tosca. Warna air yang jernih tersebut, tentu akan membuat setiap pengunjung ingin bermain air pada saat melihatnya.

Selain itu, biasanya pada musim hujan juga akan muncul pelangi apabila cuacanya sedang cerah. Jadi memang Sedulur akan dibuat terpana dengan keindahan yang dimilikinya.

4. Wisata religi

Bukan hanya sekadar wisata alam biasa, Sedulur juga dapat berwisata religi di makam Syekh Abdul Jabbar. Lokasi dari makam tersebut, tepat berada di atas air terjun. Syekh Abdul Jabbar sendiri merupakan tokoh masyarakat juga dikenal dengan nama lain Mbah Jabbar.

Penduduk setempat menganggap bahwa makam tersebut adalah makam suci, sehingga menjadikannya sebagai pusat ziarah masyarakat Tuban dan sekitarnya.

Jam Operasional dan Harga Tiket

Tempat wisata alam yang satu ini, sudah buka dari pukul 06.00 hingga 17.00 WIB. Sementara untuk tiket masuk yang dikenakan, yakni Rp5.000 untuk dewasa dan Rp3.000 untuk anak-anak. Bagi Sedulur yang menggunakan datang dengan mobil pribadi, diharapkan menyiapkan biaya parkir sebesar Rp10.000.

Di lokasi juga telah disediakan beberapa fasilitas yang akan mendukung para pengunjung. Beberapa fasilitas yang dimaksud diantaranya seperti area parkir, spot foto, toilet, saung, kantin, dan juga gazebo.

BACA JUGA: Pesona Pantai Watu Leter di Malang Beserta Harga Tiketnya

Tips Sebelum Berkunjung

Pexels/Quang Nguyen Vinh

Agar perjalanan liburan Sedulur dan keluarga di Air Terjun Nglirip terasa tetap menyenangkan. Jangan lupa untuk mempersiapkannya dengan baik. Simak dan ikuti beberapa tips yang ada di bawah ini sebelum berkunjung dan menikmati keindahan alam dari Nglirip.

  • Waktu yang paling cocok untuk berkunjung ke Air Terjun Putri Nglirip adalah pada musim kemarau saat warna airnya hijau tosca.
  • Pastikan cuaca sedang cerah supaya Sedulur bisa mendapatkan pemandangan dan suasana yang terbaik saat berada di sana.
  • Jangan lupa gunakan outfit terbaik, agar bisa berburu foto di kawasan Air Terjun Putri Nglirip.
  • Selalu berhati-hati pada saat berkunjung, terlebih ketika musim hujan.
  • Jaga kebersihan saat berada di lokasi, buang sampah pada tempatnya.

Selamat berlibur dan menikmati keindahan air terjun Nglirip ya Sedulur. Namun pastikan untuk mematuhi peraturan yang sudah ditetapkan seperti tidak boleh berpacaran atau memadu kasih, serta membuang sampah pada tempatnya agar tidak merusak alam sekitar.

Agar menikmati suasana air terjun makin asik, Sedulur bisa mencoba ditemani Liven Up. Minuman soda kemasan dengan rasa cola dan lemon yang menyegarkan. Dimana setiap aktivitas bertualang di alam akan semakin seru. Sedulur bisa menemukan Liven Up dengan mudah karena tersedia di toko kelontong dan juga di SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.