bukit nirwana

Bukit Nirwana merupakan salah satu objek wisata populer yang ada di Kabupaten Malang. Tempat wisata yang satu ini, termasuk ke dalam kawasan dataran tinggi yang menawarkan panorama alam yang sangat indah dan tidak dapat ditemukan di tempat-tempat lainnya.

Kendati demikian, lokasinya sendiri tidak terlalu jauh dari kota, sehingga langsung melejit menjadi destinasi wisata yang hits di berbagai kalangan. Bukit ini memadukan pesona alam berupa perbukitan yang asri, dengan tempat nongkrong bergaya kekinian.

Bukit yang dikelilingi oleh pegunungan ini, menyediakan tempat yang sangat cocok untuk bercengkerama di tengah suasana yang menyejukkan. Para pengunjung dapat menikmati keindahan alam sembari puas menyantap hidangan dan berfoto tanpa perlu bayar mahal.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Warmindo Malang yang Enak untuk Hangout

Pesona Bukit Nirwana

bukit nirwana
Instagram/Eliebinsaid

Banyak orang yang mencari suasana berbeda untuk rekreasi di akhir pekan. Nah, di Malang sendiri memang tidak susah untuk mencari destinasi wisata alam yang tidak jauh dari pusat kota. Salah satunya yakni Bukit Nirwana, dengan pesona dan daya tarik sebagai berikut.

1. Udara pegunungan yang sejuk

Instagram/Bukitnirwanaofficial

Lokasinya yang dekat dengan kota, membuat objek wisata yang satu ini menjadi favorit bagi para penyuka wisata. Lokasinya mudah untuk ditemukan, dan tidak membutuhkan waktu lama untuk mencapainya. Dengan begitu, tentu Sedulur dapat dengan mudah menikmati kesejukan hawa pegunungan di tempat ini.

Perlu diketahui, bukit satu ini dikelilingi oleh beberapa gunung sekaligus, di antaranya Gunung Kawi dan Gunung Arjuna. Tentu saja pandangan tidak akan bisa lepas dari hijaunya gunung dan perbukitan. Panorama 360 derajat yang disajikan, pastinya mampu memanjakan mata.

Bukit Nirwana juga terlihat tambah cantik dengan taman yang beragam. Sedulur dapat menikmati taman aneka bunga yang bisa langsung dilihat ketika memasuki pintu masuk. Setiap taman di sini, tertata dengan rapi, cantik, serta menarik.

2. Hunting foto di bukit

Bisa dibilang jika sejak pertama kali beroperasi, objek wisata Bukit Nirwana ini langsung berhasil menarik perhatian banyak wisatawan, baik itu lokal maupun dari luar daerah. Bukan tanpa sebab, hal ini tempat ini memadukan konsep wisata kekinian dengan pemandangan alam yang sangat indah.

Sudah pasti, Sedulur bisa hunting foto sepuasnya dengan latar belakang berupa pegunungan yang menakjubkan. Menariknya, telah disediakan pula beberapa spot foto yang bisa bebas digunakan oleh para pengunjung untuk mengambil foto.

Terlebih lagi, pengunjung tidak akan dikenakan biaya tambahan untuk menggunakan spot-spot tersebut. Mulai dari gardu pandang sampai spot yang Instagramable menarik bisa ditemukan di sini. Bagi yang ingin sedang mencari lokasi foto pre-wedding, objek wisata ini juga bisa dijadikan referensi.

3. Wisata kuliner

Tidak hanya cocok dijadikan sebagai lokasi hunting foto yang keren dan cantik, Bukit Nirwana juga bisa menjadi tempat untuk nongkrong yang sangat nyaman. Di sini, Sedulur bisa dengan mudah kafe-kafe dengan pilihan menu yang sangat beragam.

Tidak perlu bingung untuk mencari tempat duduk, karena ada banyak pilihan tersedia. Mulai dari gazebo yang luas untuk rombongan, maupun area duduk yang lebih privat. Para pengunjung bisa memilih sesuai dengan keinginan mereka masing-masing.

Kemudian untuk menu yang tersedia, hampir semuanya adalah menu lokal. Sedulur dapat menemukan makanan berat seperti nasi soto, hingga cemilan seperti roti bakar. Ada juga beragam minuman yang cocok untuk menghangatkan tubuh. Soal harga tidak usah khawatir, tentu saja bersahabat untuk semua kalangan.

4. Rekreasi bersama keluarga

Tidak hanya taman, objek wisata yang satu ini juga menyediakan area kebun agrowisata. Para wisatawan dapat menimba sedikit ilmu berkebun aneka sayur di tempat ini. Sayuran yang ada juga dapat dipetik sendiri dan dibeli sebagai oleh-oleh. Agrowisata memang sangat cocok untuk rekreasi keluarga.

Jika ingin berwisata secara lebih maksimal, Sedulur juga bisa berkemah di dataran tinggi. Paket Family Camp yang satu ini benar-benar menarik untuk dicoba. Paket ini menyediakan pengalaman baru untuk berkemah di area bukit yang dikelilingi oleh pegunungan yang indah.

Sedulur bisa membawa tenda dan perlengkapan yang dibawa sendiri, ataupun menyewa dari pihak pengelola. Dengan berkemah di tempat ini, dijamin Sedulur akan merasakan pengalaman baru yang tidak akan pernah bisa dilupakan.

BACA JUGA: Pesona Pantai Watu Leter di Malang Beserta Harga Tiketnya

Harga Tiket Masuk Bukit Nirwana

bukit nirwana
INstagram/Lingkarmalang

Bisa dibilang jika Bukit Nirwana adalah destinasi wisata yang murah-meriah. Kendati demikian, Sedulur tidak akan kecewa untuk berkunjung ke tempat ini. Hanya dengan tarif tiket masuk sebesar Rp10.000, para pengunjung sudah bisa menikmati seluruh fasilitas spot foto yang telah disediakan.

Kemudian bagi yang dengan menggunakan kendaraan roda 2, bisa menyiapkan biaya Rp5.000 untuk parkir. Sementara bagi yang membawa mobil, biaya parkirnya adalah Rp10.000. Tidak perlu khawatir, harga makanan dan juga minumannya memang cukup beragam, namun pastinya tetap terjangkau.

Nah, bagi Sedulur yang tertarik untuk mencoba paket Family Camp, maka perlu menyiapkan biaya Rp400.000. Harga tersebut sudah termasuk dengan tenda untuk maksimal empat orang. Nantinya juga akan disediakan matras serta sleeping bag untuk menjaga kenyamanan tidur.

Bukan hanya itu saja, para wisatawan yang berkemah juga mendapatkan beberapa hidangan. Mulai dari jagung bakar, mie instan, dan juga minuman hangat. Pokoknya semua keperluan untuk berkemah sudah masuk dalam paket Family Camp yang dipilih.

Itulah informasi singkat mengenai objek wisata Bukit Nirwan yang ada di Malang. Tempat wisata ini tepatnya berada di Desa Pujon Kidul, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Dari Kota Batu, Waktu tempuh yang dibutuhkan kurang lebih sekitar 20 menit saja.

Rute yang harus dilalui yakni rute normal Batu hingga Pujon. Kondisi jalannya pun sudah sangat bagus, namun Sedulur harus tetap berhati-hati apalagi jalan mendekati lokasi menanjak dan cukup licin. Jadi selamat berwisata ke Bukit Nirwana ya Sedulur!