Air Terjun Kakek Bodo merupakan salah satu tempat wisata alam terbaik yang bisa Sedulur kunjungi ketika datang ke Pasuruan, Jawa Timur. Berada di kaki Gunung Welirang, air terjun alami ini memberikan pesona alam yang begitu mempesona dan istimewa.

Apabila Sedulur sedang berwisata ke Pasuruan, maka tidak ada salahnya untuk berkunjung ke Air Terjun Kakek Bodo. Selain bisa menyegarkan pikiran, wisata ini juga penuh dengan cerita legenda yang akan menambah wawasan Sedulur.

Penasaran apa saja keseruan yang bisa Sedulur temukan di Air Terjun Kakek Bodo? Mari simak ulasan lengkap tentang tiket, harga dan sejarahnya di bawah ini.

BACA JUGA: Wisata Alam Brakseng: Lokasi, Daya Tarik dan Harga Tiket

-->

Sejarah Air Terjun Kakek Bodo

Air terjun kakek bodo
Pemkab Pasuruan/Air Terjun Kakek Bodo

Sebelum kita membahas tentang pesona keindahan Air Terjun Kakek Bodo, Sedulur perlu mengetahui sejarah dan legenda tempat wisata ini. Apalagi air terjun ini dikenal sebagai salah satu tempat yang cukup penting di kaki Gunung Welirang.

Kisah Air Terjun Kakek Bodo berawal dari zaman kolonial Belanda beberapa ratus tahun lalu. Dimana hidup seorang kakek yang bekerja untuk para kolonial Belanda. Suatu hari, sang kakek meminta izin istirahat bekerja untuk datang ke air terjun yang berada di pedalaman Pasuruan. Para kolonial pun mengizinkan sang kakek.

Namun, siapa sangka, dalam perjalanan menuju air terjun itu, sang kakek ingin mencari kesaktian dengan bertapa di air terjun. Dia ingin memiliki kekuatan untuk membantu masyarakat agar terbebas dari penjajahan Belanda.

Beberapa hari berlalu, para kolonial Belanda mencari sang kakek dan menemukannya di hutan. Mereka mengajak sang kakek untuk pulang dan bekerja kembali. Namun, sang kakek menolak, dan membuat para penjajah marah. Terlontarlah kata-kata ‘Kakek Bodo’ dari para penjajah.

Sang kakek pun berhasil membuat para penjajah itu pulang dengan tangan hampa dan rasa kecewa. Hingga saat itu, sang kakek diketahui tinggal di air terjun dan jasadnya disemayamkan di sekitar aliran air sungainya. Masyarakat yang menganggap sang kakek sebagai inspirasi dan pemberani akhirnya mengabadikan namanya sebagai sebuah air terjun yang kini dikenal sebagai Air Terjun kakek Bodo.

Lokasi Wisata

Bagi Sedulur yang penasaran dengan lokasi wisata Air Terjun Kakek Bodo. Sedulur bisa menemukannya dengan mudah lewat pencarian di Google Maps. Namun, jika kesulitan untuk mencarinya, Air Terjun Kakek Bodo berada di Jalan Taman Wisata Nomor 541, Area Sawah atau Kebun, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur.

Air terjun ini memiliki tiga pintu masuk, yaitu melalui Candi Jawi, lewat belakang Hotel Surya, dan bisa diakses dari jalur dekat Taman Safari 2 Prigen.

Akses masuk air terjun ini mudah dilalui, jadi aman jika datang kemari bersama keluarga. Lokasinya yang berada di tengah hutan, membuat perjalanan terasa menyenangkan. Namun, pastikan sudah makan terlebih dahulu agar lebih bersemangat saat menapaki jalan menuju air terjun.

BACA JUGA: Air Terjun Nglirip di Tuban, Wisata Tepat untuk Melepas Penat

Rute Perjalanan

air terjun lider
Pexels/Pixabay

Rute untuk bisa menuju wisata Kakek Bodo sebenarnya sangat mudah. Apalagi wisata alam ini berlokasi di area wisata Tretes yang sudah cukup terkenal di masyarakat.

Terdapat beberapa gerbang masuk yang dapat dipilih untuk sampai ke lokasi. Pertama, ada loket 1 yang terletak di tempat yang sama dengan gerbang masuk Pines Garden Resort. Ini merupakan gerbang yang paling ramai dikunjungi. Selain itu, gerbang ini mempunyai rute yang paling dekat dan mudah untuk dilalui.

Selanjutnya ada pintu loket 2 yang dapat ditemukan di Taman Safari II Prigen. Rute melewati area ini cukup mudah karena sudah dibangun dengan bagus oleh pemerintah setempat.

Sedangkan loket 3 berada di belakang Hotel Surya. Ini adalah gerbang masuk bagi pendaki Gunung Arjuna. Rute dari gerbang ini lebih pas bagi para pendaki yang berpengalaman karena jaraknya cukup jauh. Namun, pemandangannya lebih asri dan alami.

BACA JUGA: Air Terjun Lider: Akses Transportasi, Harga, dan Tips Perjalanan

Pesona Air Terjun Kakek Bodo

Air terjun kakek bodo
Liputan6/Ahmad Apriyono

Wisata Kakek Bodo mempunyai banyak fasilitas untuk memanjakan wisatawan. Apalagi pesona air terjun dengan ketinggian mencapai 30 meter ini begitu megah dan indah. Pada kanan kiri air terjun, terbentang luas pemandangan hijau yang begitu asri.

Deretan pepohonan hutan seperti hutan pinus, pohon akasia (Acacia decurrens), pohon kaliandra (Calliandra calathyrsus) dan pohon mahoni (Swientenia macraphylla) sangat mudah dijumpai di sini. Tak jarang terdapat aneka satwa liar seperti kawanan monyet yang masih bisa ditemukan.

Sedulur juga tidak perlu khawatir karena fasilitas di area wisata ini cukup memadai. Misalnya area parkir yang luas, toilet bersih, mushola, lokasi berkemah, kolam renang, kebun bunga, hingga amfiteater.

Untuk tempat makan, Sedulur juga bisa menemukan beberapa warung kecil yang menyediakan snack dan minuman ringan untuk menjadi teman menikmati pemandangan air terjun. Tangga dan jalan setapak yang harus dilalui juga ditata dan dirapikan, jadi nyaman untuk dilewati.

Harga Tiket dan Jam Buka

Sementara itu, harga tiket untuk memasuki lokasi wisata alam ini sangat murah meriah. Untuk orang dewasa, cukup dikenakan biaya sebesar Rp25 ribu untuk sekali masuk. Sementara, biaya parkir kendaraan motor roda dua adalah Rp2 ribu dan roda empat adalah Rp5 ribu.

Sedulur bisa mengunjungi Air Terjun Kakek Bodo mulai pukul 07.00 sampai 17.00 WIB. Namun, disarankan datang pada pagi hari karena suasananya akan sangat menyegarkan dan membuat bersemangat untuk menjelajahi area sekitar air terjun.

Demikian informasi lengkap tentang Air Terjun Kakek Bodo. Semoga informasi ini bisa membantu Sedulur menikmati wisata alam di Pasuruan. Oia, supaya menikmati suasana wisata alam ini semakin nyaman, Sedulur sebaiknya mempersiapkan perbekalan untuk mengatasi haus dengan membawa Pirlo Air Mineral.

Pirlo merupakan air minum dalam kemasan yang sangat mudah dibawa kemana saja dengan kandungan mineral murni yang menyegarkan. Pirlo Air Mineral bisa dengan mudah ditemukan serta tersedia di toko kelontong dan dSuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.