wifi portable

Bisa dikatakan jika akses internet menjadi salah satu kebutuhan bagi hampir setiap orang untuk saat ini, terutama sejak digalakannya sistem sekolah online serta kerja dari rumah. Untuk menunjang kebutuhan tersebut, salah satu perangkat yang mungkin dibutuhkan adalah MiFi atau WiFi portable.

Ya, bagi sebagian orang WFH memang terasa mengasyikkan karena bisa tetap berkumpul dengan keluarga. Akan tetapi, di balik itu semua adanya jaringan internet di rumah menjadi salah satu hal yang wajib dipikirkan.

Nah, daripada Sedulur harus berlangganan paket internet rumahan yang harganya relatif mahal, lebih baik menggunakan WiFi portable yang biayanya lebih terjangkau.

Apa itu WiFi portable?

WiFi portable adalah sebuah router internet yang bisa digunakan secara sifatnya tidak tetap alias bisa berpindah-pindah. Jika router WiFi umumnya tersambung dengan kabel optik yang dipasang oleh provider penyedia layanan internet, maka sebaliknya WiFi portable tidak disambungkan dengan kabel.

Sebagai gantinya, sumber koneksi internet pada WiFi portable ini menggunakan kartu SIM. Secara fleksibel, WiFi portable juga bisa digunakan di berbagai wilayah yang memiliki koneksi jaringan ponsel, termasuk di luar negeri dengan menggunakan kartu SIM luar negeri pula.

Cara menggunakan WiFi portable ini juga cukup mudah. Sedulur hanya perlu memasukkan kartu SIM yang memiliki kuota internet. Kemudian aktifkan perangkat tersebut, dan koneksi internet layaknya WiFi pada umumnya sudah muncul dan bisa langsung digunakan pada beberapa perangkat.

Untuk jumlah perangkat yang bisa dijangkau oleh WiFi portable ini, tergantung dari tipe dan merek perangkat tersebut. Sedangkan untuk pemakaian di luar ruangan, perangkat ini telah dilengkapi dengan baterai yang bisa diisi ulang secara simultan.

BACA JUGA: Sering Lupa, Begini Cara Mengetahui Password Wifi di Laptop & HP

Keunggulan dan kekurangan WiFi portable

wifi portable
Rumah

Secara sepintas, perangkat ini mempunyai fungsi yang sama seperti WiFi berbasis router statis. Meskipun begitu, WiFi portable juga tak luput dari kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Nah, berikut ini beberapa keunggulan dan kekurangan MiFi.

Keunggulan 

  • Bentuk yang ringkas dan mudah dibawa ke mana-mana.
  • Bisa digunakan di berbagai tempat yang tidak memiliki jaringan WiFi.
  • Bisa lebih menghemat paket data pada ponsel.
  • Bisa menghemat baterai tablet dan juga ponsel karena paket data tidak menyala.
  • Membuat para pengguna bisa mengakses internet di mana saja, asalkan terdapat jaringan internet berbasis penyedia layanan kartu SIM.

Kekurangan

  • Baterai yang terbatas, sehingga sewaktu-waktu harus diisi ulang.
  • Kecepatan internet yang dihadirkan bergantung pada jangkauan internet dari penyedia layanan kartu SIM.
  • Penggunaan yang terbatas pada kuota internet yang disediakan oleh provider kartu SIM
  • Penggunaan untuk banyak berangkat bisa menghabiskan baterai dan kuota lebih cepat, terutama dalam waktu yang lebih singkat.
  • Adanya Fair Usage Policy (FUP) yang membatasi pemakaian secara wajar.
  • Dibutuhkan pengaturan khusus pada saat digunakan di luar negeri, walaupun sejatinya tetap bisa digunakan.

BACA JUGA: Cara Ganti Password Wifi Indihome dengan Praktis & Cepat

Rekomendasi WiFi portable

wifi portable
Dien may XANH

Seteleh mengetahui informasi yang ada di atas, apakah Sedulur mulai tertarik untuk menggunakan MiFi? Jika iya, tentu saja ingin memilih WiFi portable terbaik kan? Nah, tidak usah bingung, berikut beberapa merek dan tipe MiFi yang direkomendasikan.

1. Telkomsel MiFi HKM BL-03

wifi portable
JD

Yang pertama datang dari provider Telkomsel, yaitu modem MiFi Telkomsel HKM BL-03. MiFi yang juga dikenal sebagai WiFi portable Indihome ini, mampu menawarkan kecepatan download mencapai 150 MB serta kecepatan upload hingga 50 MB.

MiFi ini juga dapat terkoneksi dengan 10 perangkat secara bersamaan dan diklaim lebih irit baterai, lho. Hal ini karena kapasitas baterai yang dimilikinya cukup besar, yakni 3000 mAh. Sedulur dapat menggunakan MiFi ini selama 10 jam penuh, dan 300 jam untuk mode standby.

Dengan perangkat ini, Sedulur juga bisa memilih berbagai jenis paket internet yang ditawarkan oleh provider Telkomsel. Modem WiFi murah ini dibanderol dengan harga Rp438.000 dan bisa kamu dapatkan di aplikasi jual beli online maupun Grapari Telkomsel.

2. Telkomsel MiFi 4G LTE Huawei E5573

wifi portable
Bhinneka

Bagi Sedulur yang sedang mencari WiFi portable untuk di rumah yang terbaik, maka bisa memilih Telkomsel MiFi 4G LTE bermerk Huawei E5573. Modem 4G LTE ini, menawarkan kecepatan download 150 Mbps dengan kecepatan upload mencapai 50 Mbps.

Kemudian untuk paket internetnya, provider Telkomsel menyediakan berbagai opsi paket internet yang dapat Sedulur pilih sesuai dengan kebutuhan. MiFi dari Telkomsel ini, dapat terkoneksi ke lebih dari 10 perangkat.

Kapasitas baterainya sebesar 1.500 mAh, yang diklaim mampu bertahan selama 6 jam pemakaian dan 300 jam dengan mode standby. WiFi portable murah ini, dijual dengan harga Rp649.000. Sedulur bisa mendapatkannya melalui aplikasi jual beli online dan juga di GraPARI Telkomsel.

3. Smartfren Modem WiFi Andromax M3S

wifi portable
Shopee

Berikutnya ada MiFi dari Smartfren yaitu Andromax M3S. Bentuknya yang kecil, membuatnya menjadi salah satu modem 4G terbaik karena nyaman untuk dibawa kemana saja. WiFi portable ini juga dapat terkoneksi dengan 32 perangkat sekaligus.

Dengan ini, Sedulur dapat juga menggunakan modem internet ini sebagai sarana untuk digunakan secara bersamaan di kantor maupun di rumah. Selain itu, Sedulur juga bisa bermain internet dengan lebih puas, karena kapasitas baterainya sebesar 3000 mAh.

Tak hanya sampai disitu saja, MiFi ini juga telah dibekali dengan slot MicroSD up to 32 GB. Jadi selain menyediakan akses internet, perangkat ini juga bisa berfungsi sebagai penyimpanan data. Salah satu modem terbaik ini, bisa Sedulur miliki dengan harga Rp499.000 dengan dua varian warna yang keren.

4. Smartfren Modem WiFi M5

wifi portable
Bukalapak

WiFi portable untuk pc, laptop, atau ponsel yang selanjutnya adalah Smartfren modem WiFi M5. Sedulur dapat sharing WiFi sampai ke 32 perangkat sekaligus dengan modem yang satu ini. MiFi besutan provider Smartfren ini telah mengadopsi teknologi Cat4 dengan chipset Qualcomm MDM 9307.

Dengan penggunaan teknologi USB on the go dan storage sharing, tentu saja membuat modem WiFi M5 ini mampu mendukung gaya hidup Sedulur yang membutuhkan koneksi internet setiap saat. Akan tetapi, Sedulur hanya bisa menggunakan kartu Smartften saja dalam MiFi ini.

Untuk mendapatkannya, Sedulur bisa membeli di gerai resmi atau toko online. Sedulur juga dapat memilih paket bundling dengan penawaran variasi kuota yang beragam. Modem WiFi ini ditawarkan dengan harga mulai dari Rp439.000, dan Sedulur juga dapat memilih paket bundling dengan kuota yang bervariasi.

5. Smartfren Super Modem WiFi S1

Tokopedia

Rekomendasi yang selanjutnya ada Smartfren Super Modem WiFi S1 yang mampu memberikan berbagai fitur dan keunggulan yang beragam. Mulai dari teknologi 4G + Cat 7, hingga kemampuannya yang bisa dijadikan sebagai USB on the go.

Dibekali dengan baterai berkapasitas 3.250 mAh, MiFi diklaim mampu bertahan sampai 20 jam. Selain WiFi portable yang satu ini bisa digunakan oleh 32 perangkat sekaligus secara bersamaan. Menariknya, perangkat ini tidak hanya berfungsi sebagai modem saja.

Sedulur bisa memanfaatkan Smartfren Super Modem WiFi S1 sebagai power bank saat baterai HP mulai habis, lho. Dalam situs resminya, modem WiFi ini dijual dalam dijual mulai Rp1.200.000 dengan beberapa pilihan paket bundling.

6. XL GO Huawei E5573

wifi portable
Bhinneka

Di urutan selanjutnya ada WiFi modem keluaran provider XL, yakni Huawei E5573 dengan bundling operator XL Axiata. XL GO Huawei E5573 ini telah mendukung jenis koneksi internet 4G LTE, lho. Sedulur bisa mengkoneksikannya ke 16 perangkat secara bersamaan.

Namun, sayangnya kapasitas baterai yang dimiliki hanya 1500 mAh saja. Meskipun begitu, perangkat ini dapat digunakan selama 6 jam penuh. Sedulur dapat membeli modem WiFi XL GO di gerai resmi XL atau aplikasi jual beli online dengan harga Rp649.000.

Harga tersebut sudah termasuk bonus kuota utama sebenar 20 GB 3G/4G. Dengan berbekalkan MiFi yang terjangkau ini, Sedulur sudah bisa bermain internet di mana saja, bahkan kamu bisa streaming tanpa takut terjadi buffering.

7. TP-Link M7350

wifi portable
Tokopedia

Dengan dukungan teknologi jaringan 4G dan kecepatan download mencapai 150 Mbps, TP-Link M7350 menjadi rekomendasi Wifi portable all operator terbaik yang bisa Sedulur pilih. MiFi ini juga telah dilengkapi dengan layar kecil yang akan menampilkan berbagai informasi penting.

Sedulur bisa menggunakannya selama 8 jam penuh berkat baterai 2.000 mAh yang telah disematkan di dalamnya. Selain itu, ada juga slot micro SD berkapasitas sampai 32GB yang berfungsi untuk media penyimpanan.

Ya, modem yang satu ini juga dapat digunakan oleh 10 perangkat secara bersamaan. Dengan berbagai keunggulan yang mampu diberikannya, harga modem WiFi 4G ini dibanderol dengan harga berkisar Rp950.000.

8. Prolink PRT7011L

Bhinneka

Rekomendasi modem WiFi 4G all operator yang berikutnya ada Prolink PRT7011L. Dengan tampilan desain yang compact dan bobot yang hanya sekitar 93 gram saja, membuat MiFi ini bisa Sedulur jadikan sebagai alternatif terbaik.

Prolink PRT7011L hadir dengan baterai berkapasitas sebesar 2.000 mAh, yang diklaim mampu bertahan sampai 10 jam. Sementara bagi Sedulur yang memiliki beberapa perangkat, maka jaringan 4G dari modem ini bisa digunakan pada 10 perangkat sekaligus.

Kemudian Untuk harganya sendiri, Prolink PRT7011L dibanderol dengan harga sekitar Rp600.000 yang dapat Sedulur temukan di berbagai market place.

9. Huawei E5577 Max XL Go Izi

Bukalapak

Huawei E5577 Max XL Go Izi adalah modem WiFi 4G yang dijual dalam bundling dengan kartu SIM keluaran operator XL. MiFi 4G yang satu ini, menawarkan kecepatan jaringan 4G mencapai 150Mbps dan bisa digunakan oleh 10 perangkat secara bersamaan.

Kemudian untuk daya tahannya, Huawei E5577 Max XL Go Izi telah dibekali dengan baterai berkapasitas 3.000 mAh. Kapasitas baterai tersebut diklaim mampu bertahan dalam durasi pemakaian 12 jam pada jaringan 4G.

Dalam website resmi XL, modem yang satu ini dibanderol dengan harga Rp869.000. Jika Sedulur membelinya, maka akan langsung mendapat bonus kuota internet 20GB ketika sudah berhasil registrasi kartu perdana.

10. Huawei E5673

JakartaNotebook

Merek Huawei sendiri memang telah berhasil meluncurkan sejumlah produk modem dan WiFi unggulan sejak dulu. Nah, kali ini ada salah satu MiFi 4G keluaran Huawei yang bisa Sedulur coba, yakni HUAWEI E5673.

Huawei E5673 ini hadir dengan dukungan antena Cat4 yang sanggup berjalan dengan kecepatan internet mencapai 150Mbps. Perangkat modem WiFi Huawei ini juga telah dibekali dengan baterai berkapasitas 1.500 mAh, yang bisa bertahan sampai 6 jam penggunaan.

Selain itu, MiFi ini juga bisa digunakan oleh 16 perangkat sekaligus, lho. Nah, pada sejumlah market place, HUAWEI E5673 dijual secara bundling dengan kartu SIM operator Telkomsel yang terkenal dengan jaringannya yang kuat dan luas.

11. Huawei B312

Tokopedia

Apakah Sedulur sedang mencari WiFi portable dengan jangkauan yang jauh? Jika iya, maka cobalah Huawei B312. MiFi yang satu ini, diklaim mampu menyediakan jaringan internet dengan jangkauan hingga 10 meter.

Dengan luasnya jangkauan tersebut, tentu saja MiFi ini mampu menyediakan koneksi internet untuk satu rumah. Untuk kapasitas perangkat yang bisa terhubung juga cukup banyak, yakni mencapai 32 perangkat. Untuk daya tahan, Huawei B312 dibekali dengan baterai berkapasitas 1500mAh.

Baterai tersebut, mampu membuat perangkat ini bisa digunakan hingga 6 jam penuh. Jika Sedulur ingin memiliki WiFi portable keluaran Huawei ini, maka bisa membelinya di berbagai platform e-commerce dengan harga berkisar Rp.620.000.

12. Huawei E5577 Max

ValueQ

Nah, rekomendasi WiFi portable yang terakhir juga berasal dari merek Huawei. Sedulur dapat menikmati kencangnya akses internet 4G dengan perangkat modem Huawei E5577 Max. Perangkat ini telah dilengkapi dengan LCD 1.45 inch untuk menampilkan berbagai informasi.

Sedangkan untuk kecepatannya, MiFi ini dapat mengakses jaringan 4G LTE dengan kecepatan akses mencapai 150 Mbps. Kemudian untuk kecepatan penyebarannya, perangkat ini diklaim mampu mencapai 2,4 Ghz.

Dengan baterai sebesar 3000 mAh, Huawei E5577 Max bisa digunakan selama 12 jam penuh. Sedulu bisa membelinya dengan harga Rp835.000, dan dapat menautkannya pada 10 perangkat dalam waktu yang bersamaan.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Penguat Sinyal WiFi Terbaik dan Murah

Mungkin hanya itu beberapa WiFi portable yang direkomendasikan untuk saat ini. Ya, sebenarnya masih ada banyak lagi merek dan tipe MiFi yang bisa Sedulur temukan di pasaran.

Akan tetapi, beberapa MiFi yang telah dijelaskan itulah yang sudah mampu membuktikan kelebihannya. Silahkan Sedulur pilih merek dan tipe MiFi sesuai dengan keinginan.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.