website

Website adalah hal yang tidak terpisahkan dari perkembangan internet. Penemuan internet tentunya makin mempermudah kita dalam melakukan banyak hal. Website termasuk sarana yang berperan penting di dalamnya. Berbagai informasi dapat diakses dengan mudah menggunakan internet melalui website atau situs web.

Penyebaran informasi di situs web sangat cepat dan mencakup area luas serta tidak dibatasi oleh jarak dan waktu. Supaya Sedulur makin memahami sarana internet ini, mari simak pembahasan tentang web, mulai dari pengertian, fungsi, unsur, dan jenisnya di bawah ini. Baca ulasannya sampai selesai, ya!

BACA JUGA: Hyperlink: Kenali Definisi, Jenis, Fungsi dan Cara Membuatnya

Apa itu website?

website
Freepik

Website adalah dan contohnya berupa kumpulan halaman terdapat dalam sebuah domain atau subdomain yang berada di dalam World Wide Web (WWW). Situs web berisi informasi tertentu yang dapat diakses secara mudah oleh siapa pun, kapan pun, dan di mana pun menggunakan internet. Sedulur bisa mengakses web dengan menuliskan URL di mesin pencari. Contohnya, Ketika mengetikkan URL https://superapp.id/, maka Sedulur akan masuk ke situs web Aplikasi Super.

Biasanya, agar pengunjung lebih mudah mengakses informasi yang dicari, halaman di situs web dikelompokkan dalam menu di halaman utama. Cara ini akan meningkatkan pengalaman pengunjung saat mengaksesnya.

Selain pengertian secara umum, ada pula definisi website adalah menurut para ahli. Gregorius mengartikan situs web sebagai kumpulan halaman web yang saling terhubung dan seluruh file saling terkait. Sementara Hakim Lukmanul memaknai website adalah fasilitas internet yang menghubungkan dokumen dalam lingkup lokal maupun jarak jauh. Dokumen pada web tersebut disebut dengan web page dan link dalam web memungkinkan pengunjung berpindah dari satu halaman ke halaman lain (hypertext).

Berikutnya, Sholechul Aziz mengartikan situs web adalah halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet. Sebuah situs web merupakan komponen atau kumpulan komponen yang terdiri dari teks, gambar, suara, animasi, dan sebagainya.

Fungsi website

Freepik

Website adalah media yang berfungsi menyampaikan informasi. Dengan tersedianya informasi, situs web dapat digunakan untuk mengubah pengunjung menjadi prospek. Prospek dapat digunakan untuk berbagai tujuan, misalnya perusahaan memiliki situs web dan menggunakan prospek untuk mengembangkan bisnis, menjangkau pelanggan, dan akhirnya meningkatkan pendapatan perusahaan.

Selain itu, blogger juga kerap memanfaatkan situs web untuk berbagi informasi sekaligus mencari uang. Salah satu cara paling umum yang dilakukan blogger yaitu membuat konten dengan tujuan pemasaran afiliasi (affiliate marketing). Blogger cukup mempromosikan suatu produk dan akan mendapatkan komisi dari pemasaran tersebut.

Adapun fungsi website secara umum adalah sebagai berikut.

  • Fungsi komunikasi. Situs web bisa menjadi sarana komunikasi antara pemilik web dengan pengunjung. Biasanya, fasilitas yang disediakan dalam web untuk mendapatkan fungsi komunikasi yaitu web-mail, chatting form, form contact, dan sebagainya.
  • Fungsi informasi. Web yang menyediakan informasi umumnya menekankan kualitas konten karena itu tujuan utamanya. Informasi dalam web meliputi teks, gambar, dan grafik yang dapat diunduh dengan cepat. Contoh web yang menerapkan fungsi ini yaitu website berita.
  • Fungsi hiburan. Situs game online, film, dan musik adalah contoh yang memiliki fungsi ini. Penggunaan animasi, gambar, dan elemen bergerak di dalam web-web tersebut akan menarik perhatian pengunjung.
  • Fungsi transaksi. Situs web dapat digunakan sebagai sarana transaksi bisnis berupa barang, jasa, dan sebagainya. Web akan menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu. Pembayaran dapat dilakukan menggunakan kartu kredit, transfer, atau pembayaran secara langsung.

Unsur website

Freepik

Terdapat 5 unsur yang sangat penting pada website. Berikut pembahasannya.

  • Domain, sebuah alamat situs web.
  • Hosting, server tempat di mana semua file situs web disimpan serta dapat diakses dan dikelola melalui internet.
  • Konten, semua informasi yang disediakan dalam situs web, baik berupa teks, gambar, maupun video.
  • Bahasa pemrograman, terdapat beberapa bahasa pemrograman seperti CSS untuk mengatur tampilan website dan JavaScript agar website lebih dinamis serta interaktif.
  • Tampilan website, unsur ini harus dibuat menarik dan user friendly. Dalam artian, tampilan web menarik berkat kombinasi warna yang pas dan strukturnya rapi sehingga memudahkan akses pengunjung.

BACA JUGA: Cara Membuat Website Gratis untuk Pemula Tanpa Coding!

Jenis-jenis website

website
Freepik

Berdasarkan sifatnya, website terbagi menjadi dua yaitu website statis dan dinamis. Jika informasinya tetap atau tidak berubah disebut statis. Sebaliknya, apabila informasi dalam web berubah-ubah disebut website dinamis. Sementara itu, dilihat dari tujuan penggunaannya, situs web terbagi menjadi sebagai berikut.

1. Website pribadi

website
Freepik

Website pribadi adalah jenis situs web yang dimiliki oleh individu atau perorangan. Pada umumnya, jenis ini sering digunakan untuk berbagi informasi, menyampaikan opini pribadi, atau untuk tujuan profesionalitas. Contohnya, Sedulur bisa menggunakan web untuk menunjukkan berbagai karya melalui web portofolio.

2. Website perusahaan

Freepik

Jenis ini digunakan untuk menunjukkan eksistensi perusahaan. Ketika ada yang ingin mencari informasi tentang sebuah perusahaan di internet, website perusahaan inilah yang menjadi sumber utamanya. Selain itu, web perusahaan juga sangat penting untuk meningkatkan kredibilitas bisnis. Web ini akan menampilkan profil dan berbagai informasi yang terkait dengan perusahaan.

Secara umum, website perusahaan akan menampilkan profil, jajaran pimpinan perusahaan, berita, karir, hingga informasi investor. Sebuah perusahaan dapat pula menunjukkan campaign yang sedang dijalankan dalam situs webnya.

BACA JUGA: Apa Itu WordPress? Ini Pengertian Kelebihan & Kekurangannya

3. Website toko

Freepik

Jenis web ini digunakan sebagai toko online atau e-commerce. Penggunaan jenis ini sangat populer karena dinilai dapat menjalankan bisnis secara efektif, khususnya dengan pangsa pasar online yang jauh lebih luas. Situs web toko biasanya memiliki halaman dan menu yang menunjukkan aktivitas bisnis dari sebuah tempat berbelanja. Ada fitur seperti keranjang belanja, checkout, katalog serta halaman produk, dan sebagainya. Selain itu, web toko online juga bisa didesain sesuai kebutuhan, misalnya menggunakan warna khas toko dan mencantumkan logo.

4. Website berita

website
Freepik

Web berita adalah jenis yang bertujuan menyebarkan informasi aktual. Jenis ini makin populer karena saat ini ranah berita online sudah mulai ditinggalkan. Sama halnya koran, web portal berita berisi informasi terkini dalam berbagai topik seperti politik, kesehatan, lingkungan, teknologi, hiburan, dan sebagainya. Contoh web berita yaitu The New York Times yang mempublikasikan berbagai macam berita setiap harinya.

Nah, itulah pembahasan singkat mengenai website, mulai dari definisi, fungsi, hingga jenis-jenisnya. Tanpa disadari, ternyata website memiliki banyak fungsi yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari, baik untuk urusan pribadi, bisnis, hingga masyarakat. Semoga ulasan ini bisa makin menambah wawasan Sedulur terkait teknologi yang terus berkembang, ya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!