Sudahkah Sedulur tahu urutan peredaran darah besar yang ada pada tubuh kita ini? Informasi mengenai ini merupakan pengetahuan dasar yang sudah kita pelajari saat di sekolah. Namun, mungkin kita lupa dan tidak mengingatnya dengan baik terkait urutan peredaran darah.

Berikut ini adalah urutan peredaran darah besar yang ada pada tubuh kita, untuk menambah pengetahuan Sedulur terkait bagian dalam tubuh. Namun sebelum itu, lebih baik kita bahas terlebih dahulu apa itu peredaran darah dalam tubuh. Yuk, mari langsung kita cek!

BACA JUGA: 13 Titik Bekam Sesuai Sunnah Rosul & Manfaatnya Untuk Kesehatan

Apa itu Peredaran Darah dalam Pada Manusia?

urutan peredaran darah besar
grid.id

Sistem peredaran darah atau sistem kardiovaskular merupakan suatu sistem organ yang berfungsi untuk memindahkan zat dan nutrisi dari sel ke sel dalam tubuh. Sistem ini juga memiliki fungsi untuk menolong stabilisasi suhu dan pH (tingkat keasaman) tubuh terutama bagian dari hemeostasis.

Sementara itu, urutan peredaran darah besar yang benar adalah alur dari berjalannya darah melalui jaringan-jaringan yang terdapat dalam tubuh. Urutan peredaran darah besar adalah sebuah sistem dalam tubuh yang berfungsi untuk memastikan sistem kardivaskular berjalan dengan baik.

Lantas seperti apa urutan sistem peredaran darah besar yang benar? Berikut ini penjelasannya:

BACA JUGA: 10 Manfaat Minyak Tawon Untuk Kesehatan Tubuh, Wajib Tau!

1. Urutan Peredaran Darah Besar

hellosehat

Pertama adalah urutan peredaran darah besar, yang berlangsung dari jantung ke seluruh tubuh dan kembali lagi kepada jantung. Secara runut, urutan tersebut adalah: jantung (bilik kiri) – aorta – pembuluh nadi – pembuluh kapiler – pembuluh balik atas dan pembuluh balik bawah – jantung (serambi kanan).

Saat di sekolah, di setiap buku pelajaran Biologi, kita pernah melihat gambar urutan peredaran darah besar. Secara detail, runutan darah mengalir sebagaimana urutan di atas.

BACA JUGA: 6 Manfaat Ikan Betok Untuk Kesehatan, Baik untuk Tulang

2. Urutan Peredaran Darah Kecil

urutan peredaran darah besar
kelaspintar

Selanjutnya adalah urutan peredaran darah besar dan kecil, yang mengalirkan darah kecil melalui jantung, ke paru-paru, kemudian ke jantung lagi. Secara runut, urutannya adalah sebagai berikut: jantung (bilik kanan) – pembuluh nadi paru-paru – paru-paru – pembuluh balik paru-paru – jantung (serambi kiri).

Peredaran darah kecil mengatur bagaimana darah mengalir ke paru-paru, untuk menggerakan paru-paru dalam bekerja. Darah merupakan bagian penting dalam tubuh. Jika kita kekurangan darah, tubuh akan kelelahan dan menganggu aktivitas. Hal tersebut disebabkan darah memegang peran yang amat penting untuk tubuh dan kehidupan manusia.

Itulah penjelasan terkait urutan peredaran darah besar dan kecil yang wajib Sedulur ketahui. Informasi ini merupakan informasi dasar yang telah kita terima pelajarannya sejak masa sekolah. Namun karena berbagai aktivitas, mungkin kita lupa akan informasi penting ini. Semoga penjelasan di atas bisa membantu Sedulur untuk mengingat kembali pentingnya peredaran darah dalam tubuh!