ukuran kartu nama

Sebagai seorang profesional dalam bidang pekerjaan tertentu, kartu nama merupakan hal penting untuk dimiliki. Karena, kartu nama dapat menjadi identitas kita saat bertemu dengan rekanan baru atau klien yang berkaitan dengan pekerjaan. Tujuannya agar rekanan atau partner mengenal kita tanpa harus berbasa-basi berkenalan.

Nah, namun sebelum Sedulur membuat kartu nama, penting bagi Sedulur untuk mengetahui ukuran nasional dan internasional. Baik ukuran kartu nama cm atau ukuran kartu nama inchi. Jangan khawatir, Sedulur bisa mengetahuinya dalam penjelasan kali ini.

BACA JUGA: Kegunaan & Manfaat Kartu Prakerja Serta Cara Mendapatkannya

Peran penting kartu nama

ukuran kartu nama
Metro Andalas

Mengetahui ukuran kartu di word tidak kalah penting dengan mengetahui peran penting dari kartu nama itu sendiri. Mungkin Sedulur pernah menerima kartu nama dari seseorang dan tidak mengetahui pentingnya kartu nama yang Sedulur terima dari orang lain.

Akhirnya, kartu nama yang Sedulur terima tidak berarti apapun. Tapi pikiran tersebut ternyata salah, kartu nama yang disebar ke banyak orang bisa membuat kita dikenal sebagai seorang profesional. Nah, untuk lebih lengkap lagi, berikut ini daftar manfaat dan peran penting dari kartu nama itu sendiri.

1. Proses rekrutmen menjadi lebih mudah

LinovHR

Tanpa disadari, kartu nama akan memberikan peran dalam proses rekrutmen. Selain mengatahui ukuran kartu nama px, peran penting dari rekrutmen akan menjadi lebih mudah. Terutama bagi Sedulur yang tengah mencari pekerjaan lebih baik, para rekruter tidak perlu kesulitan mencari namamu, terutama jika membutuhkan kemampuan dan kinerja kita.

2. Menambah kepercayaan diri

Deposit Photos

Selain ukuran kartu nama photoshop yang juga penting, peran lain dari kartu nama bisa menambah kepercayaan diri. Karena dalam kartu nama, terdapat penjelasan terkait pekerjaanmu, hal tersebut dapat membuat Sedulur percaya diri dalam menjalankan pekerjaan. Tentu kepercayaan diri akan mempengaruhi kinerjamu.

3. Membangun jaringan

Deposit Photos

Kartu nama juga dapat membangun jaringan, terutama terkait pekerjaan. Sebagai profesional, tentu saja Sedulur harus terus memperluas jaringan. Seperti dengan menghadiri conference, seminar ataupun meeting dengan client. Daripada hanya sekadar bertukar kontak, bertukar kartu nama juga akan membuat Sedulur dan perusahaan tempat bekerja terlihat lebih profesional.

4. Menunjukan profesionalitas

Deposit Photos

Terakhir peran penting kartu nama dalam dunia kerja yaitu dapat menunjukan profesionalitas kita sebagai seorang pekerja. Dengan memiliki kartu nama, itu artinya kita merupakan seorang pekerja yang telah profesional dan terbukan untuk menjalin komunikasi, kerja sama atau kemungkinan lainnya.

Dengan begitu, kartu nama itu sendiri merupakan sebuah simol atau lambang dari diri kita dalam dunia kerja. Maka dari itu penting untuk memikirkan desain, warna, bentuk huruf dan logo yang ada di dalam kartu nama itu sendiri. Bukan hanya penting mempertimbangkan ukuran kartu nama portrait

Informasi yang diperlukan dalam kartu nama

ukuran kartu nama
Solusi Percetakan

Setelah mengetahui manfaat dan fungsi dari kartu nama di atas, Sedulur juga harus tahu informasi apa saja yang diperlukan di dalam kartu nama. Jadi informasi yang berada di kartu nama merupakan bagian penting selain mengtahui ukuran kartu nama dalam mm.

Adapun beberapa hal yang perlu dicantumkan dalam kartu nama adalah sebagai berikut:

  • Nama lengkap dan gelar
  • Nomor telepon dan email
  • Title pekerjaan yang paling menggambarkan diri Sedulur. (Contoh: UI/UX Designer)
  • Website portfolio atau media sosial jika Sedulur aktif melakukan personal branding

Dalam kartu nama tidak perlu Sedulur cantumkan alamat rumah atau hobi dan informasi yang tidak relate lainnya. Jika bisa, Sedulur juga wajib menggunakan desain yang sederhana dan tidak terlalu ramai. Usahakan membuat desain yang simple dan mewakili pribadi Sedulur sebagai seorang pekerja profesional itu sendiri.

1. Ukuran standar kartu nama di Indonesia

Ukuran kartu nama
Solusi Percetakan

Untuk Indonesia, ukuran kartu nama yang sesuai standar adalah 9 x 5,5 cm atau 90 x 55 mm. Selain berlaku di Indonesia, Sedulur juga bisa menerapkan ukuran standar tersebut di New Zealand, Australia, Taiwan dan Denmark. Karena memiliki ukuran yang sama persis yang berlaku di Indonesia.

Namun, kartu nama tentu saja berbeda dengan ukuran KTP (Kartu Tanda Penduduk). Ukuran standar KTP ditentukan oleh negara dan juga dikeluarkan oleh negara itu sendiri.

2. Ukuran kartu nama di Jepang

ukuran kartu nama
PaDi UMKM

Berbeda dengan di Indonesia, di Jepang sendiri ukuran kartu nama dalam mm berbeda. Standar ukuran di Jepang yaitu 91 x 55 mm. Namun ketika dicetak, terlihat ukuran kartu tidak terlalu jauh berbeda dengan ukuran standar yang ada di Indonesia.

3. Ukuran di Asia

ukuran kartu nama
Solusi Percetakan

Untuk ukuran kartu di Asia, hanya lebih pendek 1 mm, yaitu menjadi 90 x 54 mm. Jadi, jika Sedulur mencetak ukuran sesuai standar Asia, seharusnya Sedulur juga bisa menggunakannya di Indonesia karena tidak berbeda jauh.

4. Ukuran kartu di Eropa

ukuran kartu nama
Solusi Percetakan

Di Eropa, ukuran kartu nama standarnya menyerupai ukuran kartu kredit yaitu 85 x 55 mm. Jika membuat ukuran kartu nama dengan standar Eropa, Sedulur bisa menggunakannya di Belanda, Inggris, Swiss, Belgia, Portugal dan negara-negara Eropa lainnya.

5. Ukuran kartu di Amerika

Visindo Ads

Di Amerika, ukuran kartu nama yang standar adalah 89 x 51 mm atau 3,5 x 1,98 inci. Ukuran kartu dengan standar Amerika juga sama dengan beberapa negara lainnya seperti Korea Selatan, Rusia, Finlandia, Ceko, Kanada, Afrika Selatan, Sri Lanka, Israel dan beberapa negara lainnya.

BACA JUGA: Cara Daftar Kartu Prakerja + Syarat Lengkapnya

Jenis kertas yang digunakan

Pinhome

Setelah mengetahui berbagai ukuran kartu di atas, serta pentingnya memiliki kartu nama dalam dunia kerja. Sedulur juga harus tahu bahan kertas yang bisa Sedulur gunakan untuk membuat kartu nama. Adapun kertas yang biasa digunakan adalah sebagai berikut:

  • Art Paper: Kertas jenis ini cukup tebal dengan ketebalan 260 gsm. Namun, jenis kertas ini agak licin, sehingga agak sulit jika Sedulur ingin menuliskan sesuatu pada kartu nama.
  • Mohawk Option: Kertas dengan ketebalan 250 gsm ini cukup halus dan memiliki daya serap tinta yang bagus. Jenis kertas ini cocok untuk Sedulur yang mau fokus pada desain kartu nama dan ingin membuat cetakan kartu nama bolak-balik.
  • Linen Jepang: Memiliki ketebalan 250 gsm dan bertekstur garis-garis horisontal dan vertikal. Biasanya, jenis kertas ini digunakan oleh kartu nama perusahaan karena cenderung simpel dan profesional.

Nah itulah tadi berbagai ukuran kartu nama baik secara nasional yang berlaku di Indonesia ataupun secara internasional yang berlaku di seluruh negara yang ada di dunia. Semoga penjelasan di atas bisa jadi acuan bagi Sedulur yang hendak membuat kartu nama, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.