Sedulur ada yang belum daftar kartu prakerja? Simak penjelasan cara daftar kartu prakerja di bawah ini, agar bisa mendapatkan insentif bantuan dari pemerintah.

Pendaftaran kartu prakerja dibuat berdasarkan gemlombang pendaftaran yang dibuka secara berkala oleh pelaksana dari Kartu Prakerja. Dalam rangka mengatasi permasalahan masyarakat yang kehilangan pekerjaannya akibat pandemi Covid-19, kartu Prakerja hadir sebagai solusi.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan menjelaskan tentang cara mendaftar kartu pra kerja, agar Sedulur bisa mengikuti pendaftaran gelombang kartu prakerja ketika pembukaan mendaftar kartu prakerja sudah dibuka. Sedulur juga wajib untuk mengetahui syarat mendaftar kartu pra kerja seperti apa saja.

Sebelum masuk pada pembahasan cara daftar kartu prakerja. Ada baiknya kita bahas terlebih dahulu apa sebenarnya kartu prakerja tersebut. Mungkin sebagian dari Sedulur ada yang belum mengetahui mengenai seluk-beluk dan informasi dasar berkenaan dengan kartu prakerja.

-->

Baca Juga: Cara Daftar dan Registrasi Kartu Telkomsel Mudah & Praktis

Apa Itu Kartu Prakerja?

Apa Itu Kartu Prakerja?
ayosemarang.com

Seperti yang sudah disinggung pada penjelasan di awal tadi, bahwa kartu prakerja merupakan sebuah solusi yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat yang kehilangan pekerjaan, baik terdampak karena pandemi Covid-19, atau juga memang sudah kehilangan pekerjaan sebelum adanya pandemi.

Kartu Prakerja merupakan program pengembangan kompetensi dari pemerintah dalam beberapa kegiatan pelatihan dan juga pemberian bantuan biaya. Biaya yang diberikan ditujukan untuk mencari pekerjaan atau juga memulai sebuah usaha. Untuk itu, kegiatan pelatihan diberikan.

Kegiatan dan program pelatihan yang diberikan oleh Kartu Prakerja juga bisa dipilih sesuai minat dari masyarakat, seperti wirausaha dalam berbagai hal, keterampilan dan juga segala hal terkait bidang digital.  Hal ini diberikan untuk meningkatkan kompetensi masyarakat yang terdaftar dalam kartu prakerja agar dapat memiliki daya saing dalam mendapatkan pekerjaan.

Kabar terbaru, Pelaksana Kartu Prakerja akan kembali membuka gelombang pendaftaran bagi masyarakat yang ingin mengikutinya. Gelombang 12 akan segera dibuka, untuk itu bagi Sedulur yang berminat dan belum tahu cara daftar kartu prakerja, simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: Langkah dan Cara Daftar BPJS Kesehatan Online

Tahapan Daftar Kartu Prakerja

1. Membuat Akun Prakerja

1.   Membuat Akun Prakerja
tribunnews.com

Langkah pertama dalam cara daftar kartu prakerja adalah membuat akun prakerja terlebih dahulu. Sedulur bisa mengikuti langkah dalam cara daftar kartu prakerja untuk dapat membuat akun dengan mengikuti langkah di bawah ini:

  • Masuk ke situ www.prakerja.go.id dan pilih menu Daftar Sekarang.
  • Sedulur akan diminta memasukkan nama lengkap dan alamat email, dan diminta untuk membuat kata sandi akun.
  • Setelah itu, Sedulur masuk email Sedulur, konfirmasi email pendaftaran.
  • Lalu kembali masuk ke situs Prakerja untuk melanjutkan pendaftaran akun.

2. Isi Data Diri

2. Isi Data Diri
tribunnews.com

Langkah selanjutnya dalam cara daftar kartu prakerja adalah mengisi data diri untuk akun kartu prakerja yang telah dimiliki. Simak langkahnya di bawah ini:

  • Login ke akun kartu prakerja Sedulur.
  • Masukkan email dan kata sandi yang baru dibuat.
  • Sedulur akan diminta untuk verifikasi KTP, mengisi data diri, dan nomor HP.
  • Masukkan nomor KTP, KK dan klik Lanjutkan.
  • Isi data diri sesuai petunjuk.
  • Upload foto diri dan juga masukkan nomor HP.
  • Tunggu konfirmasi bahwa akun kartu Prakerja Sedulur telah terdaftar.

3. Ikuti Tes dan Seleksi

3. Ikuti Tes dan Seleksi
tribunnews.com

Setelah Sedulur melakukan cara daftar kartu prakerja, langkah selanjutnya dalam cara daftar kartu prakerja yang harus Sedulur lakukan adalah mengikuti seleksi dan tes. Sedulur siapkan alat tulis untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan dasar secara online sebagai salah satu syarat dalam cara cara daftar kartu prakerja.

Pilih gabung pada pendaftaran gelombang kartu prakerja yang sedang dibuka, jawab pertanyaan yang diberikan. Berikan jawaban yang terbaik, dan jangan lupa untuk membacanya dengan seksama. Jangan sampai Sedulur menjawab dengan keliru. Selanjutnya, Sedulur tinggal menunggu apakah Sedulur lolos seleksi atau tidak.

Syarat dan Ketentuan Daftar Kartu Prakerja

Syarat dan Ketentuan Daftar Kartu Prakerja
kompas.com

Terdapat beberapa syarat dan ketentuan dalam cara daftar kartu prakerja yang harus Sedulur ketahui, namun tidak ada syarat dan ketentuan yang sulit terpenuhi. Bagi Sedulur yang membutuhkan kerja, Sedulur telah dianggap memenuhi syarat yang diberikan. Berikut syarat untuk mendaftar kartu prakerja:

  • Kartu Prakerja diperuntukan bagi Warga Negara Indonesia.
  • Berusia 18 tahun ke atas.
  • Tidak sedang bersekolah, kuliah atau menempuh pendidikan lainnya.

Hindari Aksi Penipuan saat Mendaftar Kartu Prakerja

Hindari Aksi Penipuan saat Mendaftar Kartu Prakerja
wartaekonomi.com

Terdapat beberapa okunum yang tidak bertanggung jawab dan melakukan banyak aksi penipuan dalam cara daftar kartu prakerja. Tujuannya dilakukannya penipuan adalah untuk mendapatkan informasi pribadi seperti NIK, nomor KK, nomor HP, alamat email dan lain sebagainya.

Sedulur jangan lengah dan terbuai, pelajari dengan betul syarat dan ketentuan dalam cara daftar kartu prakerja. Jika ada hal kecil yang mencurigakan, Sedulur wajib untuk menanyakannya pada pihak terkait. Dalam setiap gelombang pendaftaran kartu prakerja, selalu ada oknum yang melakukan aksi penipuan untuk keuntungannya sendiri.

Nomor Layanan dan Pusat Informasi Kartu Prakerja

Nomor Layanan dan Pusat Informasi Kartu Prakerja
hipwee.com

Bagi Sedulur yang mencurigai terdapatnya beberapa percobaan penipuan yang mengatas namakan cara daftar kartu prakerja per gelombang, Sedulu bisa menghubungi nomor layanan kartu prakerja ke nomor 0800-150-30001. Atau Sedulur juga bisa mengikuti akun media sosial resmi dari kartu prakerja, di instagram Sedulur bisa mengikuti akunnya yaitu @prakerja.go.id.

Sekian penjelasan cara daftar kartu prakerja, semoga kemudahan dan fasilitas dari pemerintah ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh Sedulur. Jangan lupa untuk mengikuti setiap tahapan dalam cara daftar kartu prakerja dengan sebaik mungkin.

Bagi Sedulur yang membutuhkan pekerjaan dan pemasukan tambahan, Sedulur bisa mencoba untuk menjual sembako secara online dan bergabung menjadi Super Agen di Aplikasi Super. Sambil menunggu gelombang pendaftaran kartu prakerja dibuka. Sedulur bisa mendapatkan pemasukan dengan cara yang mengguntungkan.

Sedulur bisa klik di sini untuk daftar sebagai bagian dari Aplikasi Super sekaligus melihat segala informasi dan testimoni dari mereka yang telah mendapatkan keuntungan dari Aplikasi Super. Sedulur juga bisa klik di sini bagi yang belum download Aplikasi Super, gunakan Aplikasi Super di smartphone, agar hari-hari Sedulur menjadi jauh lebih mudah!