Bagi Sedulur yang kerap bergelut di bidang otomotif, tentunya pembahasan mengenai ukuran baut sudah tidak asing lagi. Baut merupakan satu dari serangkaian komponen peralatan yang memiliki peranan penting. Salah satunya adalah untuk menggabungkan beberapa komponen tertentu yang sifatnya permanen.

Tidak semua orang mengerti tentang seluk beluk baut ini. Maka dari itu, dalam artikel ini kita akan sedikit mengulas tentang baut, terutama ukuran baut dan cara-cara membacanya. Yuk, simak ulasan berikut ini!

BACA JUGA: 10 Realita & Fakta di Maldives yang Harus Diketahui Turis

Perbedaan antara baut, mur, dan sekrup

Perbedaan mur baut
Unsplash

Dalam dunia peralatan, baik itu bengkel, otomotif, atau apapun itu yang berkaitan dengan kegiatan perakitan suatu benda, baut, mur, dan sekrup adalah tiga komponen yang lazim ditemui. 

Bagi orang awam, mereka menganggap baut, mur, dan sekrup adalah tiga hal serupa. Memang sama-sama dibutuhkan untuk merakit sesuatu, tetapi sejatinya terdapat perbedaan yang signifikan antara baut, mur, dan sekrup. Lantas, apa perbedaan di antara ketiganya?

BACA JUGA: Cara Menghitung Rumus Diskon di Excel dengan Mudah

Baut

ukuran baut
Depositphotos

Mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), baut adalah besi batangan yang berulir (untuk menyambung atau mengikat dua benda), biasanya dipasangkan dengan mur.

Ciri-ciri baut:

  • Ujung kaki baut tidak berbentuk lancip atau datar.
  • Kerapatan ulir baut lebih halus.
  • Cara mengencangkan baut pada permukaannya adalah menggunakan kunci, baik itu kunci pas, kunci shock, kunci ulir, dan kunci-kunci lainnya.
  • Memerlukan mur untuk pemasangan baut
  • Biasanya dipakai untuk mengaitkan komponen yang terbuat dari bahan dasar besi.

Mur

ukuran baut
Depositphotos

Mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mur adalah pelat logam dari berbagai macam bentuk. Biasanya berbentuk segi enam atau segi empat, memiliki lubang berulir sekrup untuk menguatkan baut.

Sekrup

Depositphotos

Mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sekrup adalah pasak (paku besi) dan sebagainya yang berulir (dimasukkan pada kayu, besi, dan sebagainya dengan diputar).

Ciri-ciri sekrup:

  • Ujung sekrup berbentuk lancip.
  • Kerapatan ulir sekrup lebih kasar.
  • Cara mengencangkan sekrup adalah menggunakan obeng.
  • Biasanya tidak membutuhkan mur.
  • Dipakai guna mengencangkan berbagai komponen yang terbuat dari bahan dasar plastik atau kayu, tidak butuh momen pengencangan terlalu besar seperti baut.

Cara membaca ukuran baut

Unsplash

Nah, tentunya sampai sini Sedulur sudah Sedikit paham seperti apa rupa baut dan juga perbedaannya dengan mur serta sekrup. Pembahasan selanjutnya akan mengulas sedikit mengenai cara membaca ukuran baut.

Seperti yang kita ketahui, terdapat macam-macam ukuran baut yang disesuaikan untuk kebutuhannya. Berikut ini merupakan informasi lengkap bagaimana cara membacanya.

BACA JUGA: 10 Jenis Hamster yang Cocok Dipelihara & Cara Merawatnya  

1. Bagian-bagian baut

Pinterest

Cara pertama adalah dengan memahami bagian-bagian baut. Setidaknya terdapat 5 bagian baut secara umum. Simak gambar di atas dan poin-poin di bawah ini, ya Sedulur!

  • 1) Diameter atau lingkar baut.
  • 2) Panjang baut.
  • 3) Panjang ulir baut.
  • 4) Lebar sejajar antara kepala baut dengan ukuran kunci.
  • 5) Jarak antara ulir baut.

2. Cara membacanya ukuran yang benar

Baut dibuat dengan berbagai macam ukuran. Ukuran tersebut biasanya akan dijelaskan dalam sebuah kode. Simak contoh kode baut di bawah ini, yuk!

Jika terdapat sebuah baut dengan ukuran M8x1.5 2 LH L: 35 mm, maka cara membacanya adalah:

  • SImbol “M8” menunjukkan bahwa baut tersebut memiliki sudut puncak antar pitch 8 mm (milimeter), dengan kunci 8. Jadi, jika ada pertanyaan “Ukuran baut M10 kunci berapa?”, maka jawabannya adalah kunci 10.
  • Angka “1.5” menunjukkan bahwa jarak ulir dari baut tersebut adalah 1,5 mm.
  • Angka “2” menunjukkan kelas material yang digunakan untuk membuat baut.
  • Simbol “LH” menunjukkan bahwa arah ulir dari baut dari kanan ke kiri.
  • Simbol “L: 35” menunjukkan panjang baut secara keseluruhan.

3. Tabel ukuran baut

Selain kode di atas, terdapat beberapa kode lain dari ukurannya. Di bawah adalah daftar singkat dari tabel ukuran baut inchi dan milimeter.

Nominal diameter – diameter – pitch – lebar kepala

  • Ukuran baut M6 – 6 mm – 1.00 mm – 10 mm
  • Ukuran baut M8 – 8 mm – 1.25 mm – 12 mm
  • Ukuran baut M10 – 10 mm – 1.25 mm/1.50 mm – 14 mm
  • Ukuran baut M12 – 12 mm – 1.25 mm/1.75 mm – 17 mm

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Brand Sepatu Lokal Terbaik dan Berkualitas

Pengukuran baut berdasarkan standar ISO metric

Unsplash

Untuk mempermudah pengukuran baut di seluruh dunia, biasanya ukuran-ukuran tersebut akan disesuaikan dengan satu acuan yaitu ISO metric. Standar ukuran ISO metric ini lazim menggunakan ukuran milimeter. Contoh yang sebelumnya kita bahas (M8x1.5 2 LH L: 35 mm) termasuk ukuran yang menggunakan standar ISO metric.

BACA JUGA: 120 Kata Kata untuk Sahabat, Bikin Makin Kompak & Sayang

Pengukuran baut secara manual

Depositphotos

Selain berpacu pada pengukuran berdasarkan ISO metric, kita juga dapat melakukan pengukuran menggunakan cara-cara manual. Pengukuran tersebut biasanya dimulai dengan mengukur kepala baut, mengukur diameter ulir baut, serta mengukur panjang baut. Di bawah ini adalah ulasan singkatnya.

1. Mengukur kepala baut

Mengukur seberapa besar kepala baut dapat dilakukan dengan menggunakan alat bantu seperti jangka sorong atau kaliper. Penggaris pun dapat digunakan sebagai alternatif jika Sedulur tidak memiliki jangka sorong atau kaliper. Jika kepala baut memiliki ukuran 12 mm, maka kunci yang digunakan untuk memasang atau melepasnya adalah yang berukuran 12. Jika nominal diameter ukuran baut M3, maka kunci yang digunakan adalah yang berukuran 3.

2. Mengukur diameter ulir baut

Alat bantu tadi, seperti jangka sorong, kaliper, dan penggaris, dapat Sedulur gunakan juga untuk membaca besaran diameter ulir baut. Sesuaikan ukuran yang tertera pada tabel ukuran baut dan kuncinya.

3. Panjang baut

Penggaris juga sangat bermanfaat untuk mengukur panjang ukuran baut dan kuncinya. Namun, ketika mengukur panjang baut menggunakan penggaris bukan dari ujung kepala sampai ujung baut ya, tetapi dari leher baut hingga ujungnya.

Nah Sedulur, di atas merupakan informasi seputar ukuran baut. Pembahasan di atas sudah mencakup beberapa poin penting, seperti perbedaan antara baut dan sekrup, cara membaca baut, pengukuran berstandar ISO metric, serta pengukuran secara manual. Semoga ulasan singkat tadi dapat memberikan manfaat dan membantu Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.