fakta maldives

Maldives atau Sedulur mungkin mengenalnya dengan nama Maladewa, merupakan sebuah negara yang terletak di Asia Selatan dan seringkali menjadi pilihan sebagai destinasi wisata karena keindahan alamnya yang mempesona.

Dibalik alasan para turis memilih Maldives sebagai tempat wisata, ternyata  terdapat realita dan fakta yang perlu Sedulur ketahui. Nah, dalam kesempatan kali ini kita akan bahas bersama daftar realita dan fakta terkait negara satu ini. Yuk, mari langsung saja kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: Fakta Faroe Island Beserta Letak, Ekonomi & Pemerintahannya

1. Berpenduduk Muslim

Agama di Maldives
PMS News

Jika Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar dengan jumlah umat Muslim terbanyak di dunia, namun Indonesia masih kalah jauh dengan Maladewa. Karena di Maladewa seluruh penduduknya merupakan umat muslim.

-->

Hal ini adalah realita Maldives yang wajib diketahui oleh para turis. Karena tentu agama akan mempengaruhi beberapa kebijakan saat berlibur di pantai.

2. Sekilas sejarah

Keluyuran

Sebelum membahas Maldives pantai yang indah, tentu Sedulur wajib tahu sejarahnya terlebih dahulu. Ini bisa menjawab mengapa di Maladewa 100% penduduknya adalah muslim. Maldives pernah diduduki oleh Portugis dan Inggris, tapi kemudian sukses direbut oleh salah seorang pemimpin muslim yang bernama Muhammad Thakurufaanu Al Auzam.

Ia kemudian memimpin negara tersebut sejak tahun 1573. Mulanya Maldives adalah negara kesultanan yang berada di awah perwalian Inggris sampai akhirnya merdeka tanggal 26 Juli 1965. Setelah itu, Maldives kemudian berubah menjadi Republik sampai saat ini.

Pada tahun 2019, penduduk negara ini mencapai 530.000 dan seluruh rakyatnya menganut agama Islam. Dengan total luas wilayahnya 297,8 kilometer persegi, tidak berlebihan apabila negara ini dikatakan sebagai negara Islam terkecil yang ada di dunia.

3. Islam adalah agama wajib

Dunia – RMOL

Bagi Sedulur ada yang bertanya Maldives di negara apa? Jawabannya ada di kawasan negara di Asia Selatan. Dari perjalanan sejarahnya, diketahui bahwa Islam merupakan agama wajib. Maka dari itu, dalam hukum dan undang-undang di Maldives, setiap penduduk wajib beragama Islam.

Setiap non-muslim tidak berhak menjadi warga negara Maladewa hingga setiap wisatawan wajib menaati setiap peraturan yang berbasis keislaman.

4. Dilarang berbikini di pantai

Deposit Photos

Fakta dan realitas ini merupakan bagian dari pelaksanaan Islam sesuai syariat di Maladewa. pemerintah Maladewa melarang pemakaian bikini di area pantai umum untuk perempuan. Bikini hanya boleh dipakai ketika berada di pantai milik pribadi, pantai khusus, dan hotel.

Jika melanggar aturan, maka siap-siap akan dijebloskan ke dalam penjara. Pemerintah Maladewa sangat ketat terhadap peraturan di pantai, ini disebabkan karena pemerintah Maladewa sangat menjaga kondisi pariwisatanya. Karena pariwisata merupakan sumber pendapatan utama Maladewa.

BACA JUGA: Sinopsis Jakarta Vs Everybody Beserta Fakta-Fakta Menariknya

5. Negara terendah dan paling datar di dunia

maldives
Deposit Photos

Negara Maldives daerah mana? Jawabannya ada di kawasan Asia Selatan. Fakta menarik dan unik terkait Maladewa yang perlu Sedulur ketahui adalah letak Maldives yang menjadikannya sebagai negara terendah dan paling datar di dunia.

Guinness World Record mencatat bahwa Maladewa adalah negara terendah dan paling datar di dunia dengan ketinggian maksimumnya mencapai 2,4 meter di atas permukaan laut (MDPL). Maladewa juga negara yang menjaga kekayaan lautnya.

Dari berbagai upaya konservasi tengah dilakukan guna melindungi lingkungan laut yang sangat berharga di negara ini. Sementara itu, beberapa spesies laut dan burung dilindungi oleh hukum yang berlaku. Kawasan lindung sudah ditetapkan guna menjamin konservasi ekosistem tertentu dan kekayaan keanekaragaman hayati Maladewa.

6. Orang pertama di Maladewa

Penduduk Maladewa
Pinterest

Orang pertama yang resmi berkuasa di Maladewa berasal dari India. Kerajaan Maldives diperkirakan sudah ada sekitar 269 SM yang didirikan oleh putra raja dari India. Raja sangat tidak menyukai dengan putranya sehingga ia mengirimkan anaknya ke Maladewa.

Banyak pengaruh dari India kepada Maladewa. Selain kedekatan geografi, juga adanya hubungan yang terjalin sejak lama. Sama seperti Indonesia yang banyak mendapatkan pengaruh dari India dan menjalin hubungan sejak lama.

7. Daur ulang air di Maladewa

Best Wallpaper

Ini merupakan fakta unik yang juga perlu Sedulur ketahui. Bahwa di Maladewa, sebagai besar air yang dikonsumsi merupakan air yang dihasilkan dari proses daur ulang dan pengolahan desalinasi osmosis balik. Prosesnya aman, namun menghilangkan semua mineral alami dari H20, sehingga “tak terlalu menyegarkan”.

Banyak mengkonsumsi buah (nilai plus tanpa gula tambahan) bisa jadi solusi mencegah dehidrasi selama di Maladewa. Bisa juga membeli bubuk minuman rehidrasi di bandara saat kedatangan.

8. Tempat penginapan

Hotel maldives
CNN

Tempat penginapan yang berada di bawah air, serta berbagai jenis tempat penginapan dengan berbagai hotel yang menarik. Selain tempat penginapan di bawah air, di Maladewa juga tersedia tempat rapat atau konferensi di bawah ini.

Ini terlaksana pada tahun 2009, ketika pemerintah Maladewa melakukan rapat di bawah air. Hal ini dilakukan untuk melihat kondisi bioata bahwa laut Maladewa yang memang terancam akibat pemanasan global.

9. Waktu akhir pekan

Deposit Photos

fakta Maldives yang menarik perhatian para turis adalah terkait waktu akhir pekan di sana. Jika kebanyakan waktu akhir pekan adalah Sabtu-Minggu, berbeda dengan di Maladewa yang memberlakukan akhir pekan Jumat-Sabtu. Minggu merupakan hari pertama.

Ini mungkin dipengaruhi oleh kondisi dan perkembangan agama Islam di Maladewa itu sendiri. Dari penjelasan sebelumnya telah dijelaskan bahwa Islam merupakan agama utama di Maladewa. Ditambah lagi pemberlakuan syariat Islam yang sangat ketat di Maladewa berdampak pada peraturan.

Salah satunya adalah peraturan terkait hari kerja dan penentuan akhir pekan itu sendiri. Hal ini juga sama seperti di negara Timur Tengah, pasalnya dikarenakan hari Jumat merupakan hari penting bagi umat Islam untuk melakukan ibadah.

BACA JUGA: Kisah Raja Nebukadnezar dari Babilonia Beserta Fakta-Faktanya

10. Setiap resort memiliki pulau sendiri

Deposit Photos

Karena menjadi tempat pilihan berbagai turis, tidak heran jika di negara ini terdapat benyak resort yang memiliki pulai sendiri di belakangnnya. Itu disebabkan karena keberadaan pulau kecil memang sangat banyak dari pulau kecil tersebut hanya dapat menampung satu resort saja.

Turis yang akan menginap di resort tersebut bisa berkeliling dan berkelana di pulau tersebut, bahkan para turis bisa menganggap pulau tersebut merupakan pulau pribadi selama menginap di resort tersebut.

Nah itulah beberapa fakta dan realita menarik tentang Maldives yang perlu Sedulur ketahui dengan baik. Mungkin barangkali Sedulur mendapatkan rejeki untung melimpah dan bisa memiliki waktu dan biaya cukup untuk liburan. Maladewa bisa jadi destinasi yang cocok untuk Sedulur!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.