ukuran banner youtube

Banner atau header merupakan salah satu bagian yang tidak boleh diabaikan dalam mengelola sebuah kanal (channel) YouTube. Sebab, banner yang terpajang di halaman profil kanal YouTube ini dapat menunjukkan identitas sebuah kanal di samping menjadi daya tarik tersendiri. Untuk dapat membuat dan memasang banner yang menarik, Sedulur perlu mengetahui ukuran banner YouTube. Sebab, YouTube memiliki ketentuan terkait ukuran banner.

Lantas, bagaimanakah ketentuan ukuran banner YouTube 2022 yang tepat? Serta bagaimana cara memasang banner YouTube? Berikut adalah informasi selengkapnya.

BACA JUGA: Cara Picture in Picture Youtube di Berbagai Perangkat

Apa itu banner YouTube?

ukuran banner YouTube
YouTube Aplikasi Super

Sebelum menilik tentang ketentuan ukuran banner YouTube, Sedulur perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu banner YouTube.

Sederhananya, banner atau juga kerap disebut sebagai header adalah ruang yang terletak di sisi atas halaman profil kanal YouTube. Ruang ini dapat diisi dengan grafis atau gambar yang mewakili identitas dari sebuah kanal sekaligus menjadi daya tarik tersendiri. Oleh sebab itu, bagi Sedulur yang meniti karier sebagai YouTuber maupun bertanggung jawab mengelola kanal YouTube, bagian satu ini tidak boleh diabaikan.

BACA JUGA: 8 Cara Download Video Youtube di Laptop Mudah & Cepat

Ukuran banner YouTube

ukuran banner YouTube
Kompas

YouTube memiliki ketentuan terkait ukuran gambar yang dipasang sebagai banner pada sebuah kanal. Sebab, ukuran ini akan berpengaruh pada hasil tampilan banner setelah gambar tersebut diunggah.

Adapun ketentuan ukuran banner YouTube semua perangkat adalah sama meskipun hasil tampilannya dapat berbeda di setiap perangkat. Sehingga ukuran banner YouTube di HP maupun komputer adalah sama, tidak tergantung pada perangkat yang Sedulur gunakan untuk membuat gambar banner ataupun perangkat yang digunakan untuk mengunggahnya.

Perlu dicatat juga bahwa YouTube tidak memberikan ketentuan ukuran banner YouTube dalam cm, melainkan dalam pixel. Berikut adalah rincian ketentuan ukuran banner atau header channel yang telah ditetapkan oleh pihak YouTube.

  • Dalam ukuran pixel, ukuran ideal banner YouTube adalah 2560 x 1440 pixel. Namun dimensi minimum gambar banner YouTube yang sebaiknya diunggah adalah 2048 x 1152 pixel dengan rasio panjang dan lebarnya yaitu 16:9.
  • Berdasarkan dimensi minimum tersebut, ukuran area aman untuk penempatan teks dan logo adalah 1235 x 338 pixel atau 1546 x 423 pixel. Perlu dicatat, area aman ini merujuk pada area yang tidak terpotong ketika halaman profil dibuka pada berbagai perangkat, seperti PC, laptop, handphone, televisi, maupun tablet atau iPad. Sehingga logo dan tulisan yang terletak pada area tersebut tidak akan terpotong.
  • Lebar maksimum banner adalah 2560 x 423 pixel. Dengan ukuran ini, area aman untuk logo dan teks tadi akan selalu terlihat ketika dibuka di berbagai perangkat dengan ukuran layar yang berbeda.
  • Ukuran file gambar tidak lebih dari 6 MB. Apabila ukuran file melebihi 6 MB, kemungkinan sistem akan menolak gambar untuk diunggah.

BACA JUGA: Cara Upload Video ke Youtube Lewat HP dan Laptop / PC

Cara mengatur banner YouTube di PC

Freepik

Sedulur dapat membuat gambar untuk banner YouTube dengan memanfaatkan berbagai aplikasi desain. Misalnya Sedulur membuat gambar dengan sesuai ukuran banner YouTube di Photoshop ataupun aplikasi desain lainnya. 

Tak hanya itu, saat ini juga telah banyak situs yang menyediakan template banner YouTube dengan desain yang beragam. Sehingga, Sedulur dapat membuat gambar sesuai dengan ukuran banner YouTube di HP android maupun iOS.

Setelah selesai membuatnya, Sedulur dapat langsung mengunggahnya untuk dipasang sebagai banner atau header YouTube. Berikut adalah cara mengatur banner YouTube melalui PC atau laptop.

  1. Pertama, buka situs YouTube pada alamat https://www.youtube.com/ di PC atau laptop Sedulur.
  2. Kemudian login pada akun yang digunakan untuk kanal yang Sedulur kelola.
  3. Lalu klik foto profil di sebelah kanan layar, pilih “Your Channel.”
  4. Selanjutnya arahkan panah ke area banner atau header hingga muncul logo kamera di sebelah kanan atas.
  5. Klik logo kamera tersebut lalu masuk ke menu “Channel Customization.”
  6. Lalu klik “Upload” jika banner masih kosong atau “Change” untuk mengganti banner yang sudah terpasang.
  7. Atur posisi gambar terutama bagian informasi kanal ke bagian tengah atau “Viewable on all device.”
  8. Terakhir, klik “Done” apabila pengaturan banner sudah selesai.

BACA JUGA: Manfaat Instagram Reels Beserta Fiturnya untuk Marketing

Cara mengatur banner YouTube di HP

Freepik

Sedulur juga bisa mengatur banner YouTube menggunakan handphone (HP). Caranya pun cukup mudah, namun sebelum itu Sedulur harus telah memiliki aplikasi YouTube dan login dengan akun Sedulur. Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Klik foto profil akun Sedulur.
  2. Pilih “Your Channel” dan klik “Edit Channel”
  3. Klik logo kamera yang terdapat di bagian banner atau header.
  4. Sedulur dapat memilih dua cara untuk mengunggah gambar, yaitu “Ambil Foto” jika ingin langsung memotret objek dan kemudian diunggah. Cara kedua yaitu pilih gambar yang tersimpan di ponsel Sedulur dengan klik “Pilih dari foto Anda.”
  5. Setelah gambar terunggah, atur posisi banner agar bagian logo dan teks atau nama kanal dapat terlihat atau “Viewable on all device.”
  6. Terakhir, klik “Done” atau “Simpan” dan banner Sedulur secara otomatis akan terpasang. Sedulur dapat melihat hasil pemasangan banner dengan membuka halaman profil kanal YouTube milik Sedulur.

Demikian tadi informasi mengenai ukuran banner YouTube. Telah dipaparkan juga cara mengubah atau memasang gambar untuk banner pada kanal YouTube, baik menggunakan PC atau laptop maupun HP. Nah, kini Sedulur sudah mengetahui ukuran banner YouTube channel yang tepat. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.