Youtube merupakan salah satu platform besar saat ini, banyak yang mencari tahu cara upload video ke Youtube. Tujuannya hanya satu, ingin membagikan video di Youtube dan mengembangkan channel masing-masing agar bisa mendapatkan penghasilan di Youtube.

Telah terbukti, banyak Youtuber yang mendapatkan penghasilan yang stabil dan menjanjikan saat ini. Kenyataan ini yang mendorong banyak orang belajar cara upload video ke Youtube dan mengharapkan hal yang sama yang telah dirasakan oleh banyak Youtuber.

Lantas seperti apa saja cara upload video ke Youtube? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, dalam artikel kali ini kita akan sama-sama simak beberapa cara yang bisa Sedulur lakukan. Seperti apa saja caranya? Yuk, mari langsung saja kita simak pembahasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Begini Cara Download Lagu dari Youtube Dengan Mudah & Cepat

-->

1. Upload video melalui Laptop

Kompas

Cara pertama adalah upload video ke Youtube di laptop, Sedulur bisa menggunakan laptop dan mengunggahnya menggunakan browser yang bisa Sedulur gunakan. Paling mudah adalah cara upload video ke Youtube lewat Chrome, karena Chrome sendiri merupakan browser dari Google yang merupakan induk dari Youtube itu sendiri. Hal ini akan semakin memudahkan Sedulur.

Langkah yang bisa Sedulur lakukan adalah sebagai berikut:

  • Login ke YouTube.
  • Di bagian atas halaman, klik Upload .
  • Pilih Upload video.
  • Sebelum mulai mengupload video, Sedulur dapat memilih setelan privasi video.
  • Pilih video yang ingin diupload dari laptop. Sedulur juga dapat mengimpor video dari Google.
  • Saat video diupload, Sedulur dapat mengedit informasi dasar dan setelan lanjutan untuk video tersebut, serta menentukan apakah ingin mengirimkan notifikasi kepada subscriber atau tidak.
  • Klik Publikasikan untuk menyelesaikan proses upload video publik ke YouTube. Jika Sedulur mengatur setelan privasi video ke Pribadi (private) atau Tidak Publik, cukup klik Selesai untuk menyelesaikan upload
  • Jika kamu belum mengklik Publikasikan, video tidak dapat dilihat orang lain. Sedulur dapat memublikasikan video kapan saja di Pengelola Video.

2. Upload video melalui HP

cara upload video ke youtube
Tribunnews

Kedua adalah cara upload video ke Youtube di HP. Menggunakan cara kedua ini, biasanya banyak yang bertanya berapa lama upload video ke Youtube? Tentu saja, menggunakan HP tidak akan secepat menggunakan laptop. Hal tersebut kembali kepada spesifikasi HP Sedulur dalam upload video. Selain itu, hal ini juga dipengaruhi oleh kecepatan internet yang digunakan. Langkah yang bisa Sedulur lakukan adalah sebagai berikut:

  • Login ke YouTube dan channel yang diinginkan melalui HP.
  • Tap kamera di bagian atas halaman berkamu dari halaman navigasi mana saja.
  • Rekam video baru atau pilih video yang ada untuk diupload.
  • Untuk merekam video baru: Tap ikon kamera video dan mulailah merekam.
  • Untuk memilih video yang sudah ada: Gunakan galeri untuk memilih video.
  • Terapkan penyempurnaan opsional pada video tersebut, lalu tap ‘Berikutnya’.
  • Sesuaikan judul, deskripsi, dan setelan privasi video. Sedulur dapat membuat judul dengan panjang hingga 100 karakter dan deskripsi hingga 5.000 karakter.
  • Tap Upload dan klik Publikasi.

BACA JUGA: 15 Cara Download Video Youtube Tanpa Tambahan Aplikasi

3. Upload menggunakan iPad atau iPhone

Liputan6

Kali ini merupakan cara upload video ke Youtube bagi Sedulur yang menggunakan iPad atau iPhone. Cara yang bisa Sedulur tempuh sebenarnya hampir sama dengan cara pada poin kedua. Namun, iPhone menggunakan sistem operasi iOS yang merupakan saingan dari Google yang menjadi basis dari Youtube. Wajar jika ada beberapa perbedaan.

Namun secara umum perbedaan yang muncul yaitu dari interface dan desain tampilan youtube saja. Selebihnya Sedulur akan menemui beberapa cara yang sama. Berikut ini langkah yang bisa Sedulur lakukan:

  1. Login ke YouTube dan channel yang diinginkan menggunakan iPad atau iPhone.
  2. Tap kamera di bagian atas halaman gadget Sedulur
  3. Rekam video baru atau pilih video yang ada untuk diupload.
  4. Terapkan penyempurnaan opsional pada video tersebut, lalu klik ‘Berikutnya’.
  5. Buat judul, deskripsi, dan setelan privasi video. Sedulur dapat membuat judul dengan panjang hingga 100 karakter dan deskripsi hingga 5.000 karakter.
  6. Tap Upload dan publkasi.

4. Upload video menggunakan Google Drive

cara upload video ke youtube
Fossbytes

Berikutnya adalah cara upload video ke Youtube dari Google Drive, langkah yang bisa Sedulur lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, kalian langsung ke bagian “Pengaturan” kemudian klik dibagian “Foto dan video”.
  2. Pilih “Drive Tampilkan foto dan video di Perpustakaan foto Anda”.
  3. Kemudian, klik dibagian “Foto” dan melihat beberapa video yang kalian inginkan.
  4. Selanjutnya, masuk ke akun YouTube dan klik tombol “Upload”.
  5. Nantinya, kalian akan melihat ikon “Impor dari Google ditambah” dan kemudian memilih video dari Google Drive.
  6. Untuk meng-upload, klik “Impor” tombol.

5. Cara meningkatkan kualitas video

Blog Tribun

Setelah beberapa cara upload video ke Youtube yang Sedulur lakukan di atas, mungkin ada beberapa dari Sedulur yang melihat bahwa kualitas video yang diupload tidak memiliki kualitas tinggi. Berikut ini adalah cara upload video ke Youtube dengan kualitas tinggi:

  1. Buka aplikasi YouTube via smartphone Sedulur (Android, iPhone), atau juga di laptop.
  2. Buka salah satu video yang ingin Sedulur tonton di YouTube, lalu arahkan ke tombol titik tiga di pojok kanan atas.
  3. Tekan tombol tersebut lalu pilih Kualitas video

BACA JUGA: Youtuber: 9 Cara Menjadi YouTuber Sukses Untuk Pemula

Tips mengelola akun Youtube

Unsplash

Bagian terakhir ini adalah tips sekaligus cara upload video ke Youtube biar dapat uang. Memang tidak dapat dipungkiri, banyak netizen saat ini yang bermain Youtube untuk mendapatkan uang dan penghasilan yang layak. Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu Sedulur perhatikan dengan seksama:

1. Tentukan passion

Buat video berdasarkan ketertarikan Sedulur dan juga passion yang dimiliki. Karena, tidak pernah ada konten video yang menarik yang dibuat jika tidak berdasarkan ketertarikan dan passion. Saat ini banyak konten yang membahas berbagai aspek, mulai dari bauty, game, gaya hidup, hiburan, olahraga, hingga travelling.

Jika Sedulur lihat, ketertarikan netizen di Indonesia yaitu terhadap hal-hal horor, beauty, game dan hiburan. Untuk mengetahui hal ini, Sedulur juga bisa memanfaatkan fitur dari Google, yaitu Google Trends. Dari fitur tersebut, akan memberikan gambaran konten mana yang tengah menjadi ketertarikan. Salah satu konten yang abadi adalah yang mengulas tentang segala hal informasi yang viral.

2. Buat konten yang original

Ini juga menjadi pertimbangan untuk membut akun Youtube Sedulur maju. Terutama bagi Sedulur yang memulai dari akun 0 subscriber. Buat konten semenarik mungkin, dengan sudut pandang yang unik dan inovatis. Jangan lupa isi konten dengan hal-hal informatif. Bermain dalam satu konten yang spesifik akan membuat konten Sedulur original dan unik.

Hal ini juga akan menghidari pinalti dan peringatan dari Youtube dan menghindari akun Sedulur di-banned atau dilarang, karena membuat karya yang tidak original. Jangan adsense, viewers tidak akan bisa Sedulur dapatkan jika telah mengalami hal tersebut.

3. Up to date dengan hal kekinian

Menjadi YouTuber menuntut Sedulur untuk selalu update dengan perkembangan tren terkini. Mulai dari pembahasan yang sedang hangat dibicarakan, cara editing foto terbaru, OOTD terkini hingga destinasi traveling yang sedang diminati. Dengan membuat konten yang selalu update, subscribers akan terus bertambah dengan sendirinya. Ditambah dengan penyampaian yang menarik dan inovatif, akan menjadikan kelebihan tersendiri bagi akun Sedulur.

Nah, itulah beberapa cara upload video ke Youtube yang bisa Sedulur lakukan. Sedikit tips dan saran dari kami, jangan jadikan adsense sebagai tujuan. Agar Sedulur dapat fokus menbuat karya video berkualitas dan informatif. Jadikan adsense sebagai dampak yang akan Sedulur dapatkan ketika menyuguhkan karya yang berkualitas. Hal ini akan membuat Sedulur untuk lebih kreatif lagi dalam membuat karya videografi.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.