reels adalah

Reels adalah salah satu fitur unggulan yang dimiliki media sosial Instagram. Sedulur yang aktif di jejaring sosial tersebut tentunya sudah tidak asing lagi dengan Reels. Mengutip dari laman resmi Instagram, Reels merupakan cara baru bagi pengguna agar dapat leluasa berkreasi dan menemukan berbagai video pendek dan menarik di Instagram.

Mengikuti kesuksesan TikTok, Instagram tidak ingin ketinggalan menggulirkan fitur berbagi video pendek tersebut. Fitur terbaru itu ternyata memiliki berbagai potensi, khususnya dalam dunia digital marketing. Penasaran kelebihan Reels Instagram apa saja? Simak beberapa informasi singkat tentang manfaat Instagram Reels beserta fiturnya untuk marketing berikut ini, ya Sedulur!

BACA JUGA: 15 Rekomendasi HP 3 Jutaan Terbaik 2022 Beserta Harganya

IG Reels adalah

reels adalah
Depositphotos

Reel adalah video menarik dan imersif yang bisa digunakan untuk mengekspresikan kisah pengguna Instagram secara kreatif, mengedukasi pemirsa, dan membantu bisnis yang Sedulur sedang rintis dapat dengan mudah ditemukan oleh orang yang mungkin menyukainya.

-->

Pada November 2019, Instagram pertama kali menjajal fitur Reels di Brazil, Perancis, dan juga Jerman. Dari tiga negara tersebut, media sosial ingin melihat bagaimana para penggunanya menerima kehadiran fitur teranyar itu.

Setelah mantap, pada Juli 2020 ia mulai diberikan kepada pengguna Instagram di 50 negara, termasuk Amerika Serikat, Kanada, dan Inggris. Baru pada Juni 2021, Instagram secara resmi memperkenalkan dan mempromosikan fitur Reels yang sepintas mirip dengan media sosial berbagi video lainnya, seperti contoh Reels Instagram yaitu TikTok.

Mengutip dari situs resmi Instagram, Reels agak sedikit berbeda dengan video biasa di linimasa Instagram. Reels memfasilitasi para pengguna setia media sosial tersebut untuk menciptakan bermacam-macam video seru yang dapat dibagikan ke semua orang di Instagram. Panjang video yang dapat pengguna bagikan berkisar pada 15 hingga 30 detik, atau bahkan lebih.

Pengguna dapat dengan bebas membagikan kreasi videonya ke Feed (linimasa Instagram) atau bahkan ke seluruh dunia dengan memanfaatkan fasilitas halaman Explore. Dengan begitu, audiens dari video Reels tidak hanya terbatas pada pengikut akun saja, namun semua orang yang menjelajahi halaman Explore.

BACA JUGA: Serba-serbi Panjat Pinang yang Identik dengan Lomba Kemerdekaan Indonesia

Fitur-fitur dalam Reels 

reels adalah
Depositphotos

Reels Instagram adalah fitur terbaru dari salah satu media sosial ternama, Instagram. Pada Reels Instagram, Sedulur dapat menampilkan video dengan durasi tertentu, biasanya berdurasi sekitar 15-30 detik. Di Reels Instagram, Sedulur juga bisa mengedit video, memasang audio, efek, dan menambahkan berbagai filter.

Penasaran dengan fitur-fitur tambahan yang Instagram sematkan di Reels dan cara membuat Reels Instagram? Coba simak ulasan singkat berikut ini, ya Sedulur!

1. Audio

Fitur ini dapat Sedulur gunakan untuk mencari dan menggunakan lagu dari koleksi musik Instagram.  Sedulur juga dapat menggunakan audio asli buatan sendiri, caranya hanya dengan merekam Reels saja.

2. Efek AR dalam Reels

Apabila Sedulur ingin merekam beberapa klip dengan efek berbeda, Sedulur dapat memilih salah satu dari efek AR di galeri yang dibuat oleh Instagram beserta creator-creator lain.

3. Timer

Fitur Instagram Reels ini dapat dipakai ketika Sedulur ingin merekam klip video secara handsfree atau tanpa menggunakan tangan.

4. Menggabungkan klip video

Sedulur dapat membuat beberapa klip dengan tambahan beberapa gambar dari klip sebelumnya. Sangat bermanfaat untuk melakukan efek-efek transisi.

5. Pengaturan kecepatan

Pengguna Reels di Instagram bisa mempercepat atau memperlambat bagian dari video atau audio yang dipilih dengan menggunakan fitur ini.

6. Collab Tag Reels

Collab Tag dapat dipakai di Reels ketika Sedulur berkolaborasi dengan kreator lain di video yang telah dibuat.

7. Visual Replies

Visual Replies memungkinkan Sedulur untuk membalas komentar yang diberikan oleh pengikut pada Reels menggunakan video.

BACA JUGA: Pengertian Fisika Kuantum Beserta Fakta-Fakta Menariknya

Algoritma Instagram Reels

reels adalah
Freepik

Jika Sedulur menyukai, mengomentari, melihat, dan membagikan video Reels dari akun Instagram tertentu, maka aktivitas ini dinilai sebagai sebuah sinyal yang akan dikirimkan ke algoritma Instagram bahwa Sedulur sudah menikmati konten di akun tersebut. Dilansir dari situs statusbrew.com, berikut  sinyal terpenting, berdasarkan peringkatnya, yang digunakan untuk menentukan algoritma Instagram Reels di antaranya adalah sebagai berikut.

1.  Aktivitas pengguna

Instagram akan melihat video Reels yang baru-baru ini disukai, dikomentari, dan terlibat dengan pengguna. Aktivitas ini memberikan informasi pada Instagram konten yang relevan untuk pengguna.

2. Riwayat interaksi

Instagram melihat jika Sedulur pernah berinteraksi dengan pembuat video Reelsdi waktu sebelumnya. Jika Sedulur tidak pernah mengikuti pembuatnya, tetapi pernah menyukai, berkomentar, atau menonton salah satu Instagram Reels mereka secara berulang, kemungkinan besar Sedulur akan melihat videonya lagi di timeline.

3. Informasi video Reels

Instagram juga akan melihat apakah audio yang digunakan di video Reels sedang tren atau tidak, popularitas Reels, piksel dan seluruh frame-nya, dan juga kontennya. Instagram akan mengabaikan video Reels yang memiliki kualitas rendah, memiliki watermark, dan terkait dengan isu politik tertentu.

4. Informasi konten kreator

Seberapa menarikkah konten tersebut untuk pengguna lain? Jika pembuat konten memiliki banyak video Reels yang sedang viral, ini menunjukkan Instagram bahwa pengguna menyukai konten mereka, dan mereka akan sering membagikannya lebih banyak di beberapa timeline pengguna.

BACA JUGA : Sejarah Lahirnya Sumpah Pemuda Beserta Makna & Tokohnya

Manfaat Reels untuk marketing

Depositphotos

Setelah Sedulur memahami fitur-fitur apa saja yang ada di dalam Reels serta perbedaan Reels dan video Instagram, saatnya Sedulur untuk mengetahui apa saja manfaat dari Reels, terutama jika digunakan sebagai salah satu media pemasaran atau marketing.

1. Tren di media sosial

Dalam dunia marketing, manfaat Reels adalah untuk mengikuti berbagai macam tren di media sosial. Perlu Sedulur pahami, tren media sosial saat ini sangat sering berubah. Perubahan tersebut pun tidak berpatokan terhadap waktu, jadi memang agak sulit untuk diantisipasi.

Agar brand selalu relevan, Sedulur dapat menggunakan Reels untuk senantiasa mengikuti perkembangan tren di media sosial.

2. Bisnis di balik layar

Dalam dunia marketing, manfaat konten Reels adalah untuk menunjukkan proses bisnis di balik layar. Saat ini, konsumen tidak hanya penasaran dengan apa-apa saja yang ditawarkan oleh brand. Lebih daripada itu, mereka juga ingin tahu seluk beluk di balik layar yang terjadi dalam brand tersebut. 

Dengan Reels, Sedulur dapat menunjukkan proses bisnis yang tidak semua pelanggan ketahui, seperti proses peluncuran produk atau varian terbaru, bagaimana proses pemasaran, cerita tentang tercetusnya brand, dan hal-hal menarik lainnya.

3. Memberikan edukasi

Dalam dunia marketing, manfaat Reels adalah untuk memberikan edukasi terhadap pelanggan. Video sederhana yang di-post melalui Reels dapat berwujud macam-macam. Tidak harus terfokus pada pemasaran produk saja, namun juga dapat diisi dengan edukasi.

Contoh edukasinya adalah seperti pengenalan brand apabila ia ramah lingkungan, kontribusi brand terhadap masyarakat sekitar lokasi pembuatan atau pabrik, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Procurement adalah: Pengertian, Jenis, Proses & Tahapannya

4. Sisi lain brand

Dalam dunia marketing, manfaat Reels adalah untuk menampilkan sisi lain dari brand. Tentu saja pelanggan akan cepat bosan dengan konten-konten marketing yang itu-itu saja. Dengan memanfaatkan Reels, Sedulur bisa menampilkan sisi lain dari brand yang jarang orang ketahui.

5. Menghemat waktu

Dalam dunia marketing, manfaat Reels adalah untuk menghemat lebih banyak waktu dalam pembuatan konten. Sejatinya sudah banyak platform berbagi video yang dapat dimanfaatkan untuk marketing, YouTube contohnya. Namun, proses pembuatan video dan upload-nya pun tidak dapat dilakukan dengan instan.

Reels dari Instagram memberikan kemudahan bagi Sedulur yang hanya bermodalkan smartphone untuk dapat membuat konten video menarik melalui berbagai fitur yang tersedia.

6. Meningkatkan target audiens

Dalam dunia marketing, manfaat Reels adalah untuk meningkatkan target audiens. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, audiens yang dapat diraih oleh Reels tidak terbatas hanya pada followers akun saja. Lebih daripada itu, penonton Reels dapat berasal dari berbagai macam daerah akibat adanya halaman Explore.

7. Memasarkan produk baru

Dalam dunia marketing, manfaat Reels adalah untuk memasarkan produk baru. Promosi produk baru tidak harus berupa foto, namun akan lebih menarik jika ditambahkan video. Maka dari itu, Reels di Instagram dapat berfungsi sebagai media promosi dan pemasaran yang tepat.

Nah Sedulur, itulah informasi dan pembahasan singkat mengenai salah satu fitur teranyar yang dimiliki oleh Instagram, Reels. Reels adalah sebuah fitur dalam media sosial Instagram yang akan menambah pengalaman Sedulur dalam berbagi video. Kelebihan Reels Instagram dapat dilihat dari berbagai sudut pandang, terutama dalam aktivitas marketing seperti yang telah diulas sebelumnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.