tespek garis 2

Test pack atau lebih dikenal sebagai tespek merupakan alat yang digunakan untuk mengecek kehamilan dengan mendeteksi ada tidaknya hormon human chorionic gonadotropin (hCG) pada tubuh wanita. Jika hasil positif hamil, maka akan tampak tespek garis 2 pada alat tersebut.

Hormon hCG merupakan satu-satunya hormon yang hanya berkembang ketika masa kehamilan. Hormon ini digunakan sebagai penanda untuk mengetahui seorang wanita hamil atau tidak dengan melihat keberadaannya pada sampel urin yang dicek dengan test pack.

Jika hasil menunjukkan tespek garis 2, kira-kira apa artinya? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini, yuk!

BACA JUGA: 16 Rekomendasi Desain Tato Simple dan Keren Beserta Artinya

Mengenal garis pada tespek

tespek
iStock

Sebelum membahas arti dari hasil alat tespek, perlu diketahui garis yang ada pada alat tersebut. Setidaknya, ada dua garis pada tespek yang berguna saat mengecek kehamilan. Garis pertama merupakan garis kontrol, sedangkan garis kedua merupakan garis tes.

Garis kontrol merupakan indikator yang muncul setelah pengujian dilakukan. Garis ini berfungsi untuk memberitahu pengguna bahwa tes yang dilakukan telah bekerja dengan benar. Jika hasilnya adalah positif hamil, maka garis tes akan muncul mengikuti garis kontrol tersebut.

Dengan demikian, ketika hormon hCG terdeteksi atau positif hamil, alat test pack yang digunakan akan memberi tanda berupa dua garis atau simbol plus pada layar. Sementara itu, jika hasilnya negatif atau tidak hamil, garis tes tersebut tidak akan muncul dan hanya ada satu garis atau simbol minus pada layar alat.

Arti hasil tespek garis 2 positif hamil

tespek garis 2
iStock

Alat test pack dapat menunjukkan hasil dua garis secara jelas ataupun salah satu garis terlihat samar. Hal ini tentu menimbulkan penafsiran yang bermacam-macam dan seringkali membuat bingung para wanita. 

Meskipun salah satu garis terlihat samar, namun kemungkinan untuk hamil masih tetap ada. Hasil yang menunjukkan garis samar tersebut bisa jadi karena kadar hormon hCG pada saat pengecekan yang masih terlalu rendah.  

Kebanyakan wanita yang mengeluhkan tespek garis 2 samar adalah mereka yang melakukan tes kehamilan terlalu dini. Hal tersebut bukanlah sesuatu yang keliru, namun perlu diketahui bahwa pada usia kehamilan yang sangat awal, kadar hormon hCG pada urin tidaklah banyak sehingga membuat garis pada tespek menjadi samar. 

Pada masa awal kehamilan, hormon hCG akan mengalami peningkatan dengan cepat, bahkan hingga dua kali lipat setiap dua hingga tiga hari sekali. Dengan demikian, semakin awal melakukan tes kehamilan, semakin sulit pula alat test pack untuk mendeteksi keberadaan hormon hCG tersebut. 

BACA JUGA: Syukron Artinya Terima Kasih, Ini Penggunaan & Balasannya!

Arti hasil tespek garis 2 tidak hamil

tespek garis 2
iStock

Meskipun pada pembahasan sebelumnya disebutkan bahwa tespek garis 2 memiliki peluang hamil, namun tidak semuanya adalah hasil yang positif. Ada kalanya, dua garis pada hasil tespek tersebut merupakan garis penguapan atau garis evaporasi.

Garis evaporasi dapat muncul ketika urine menguap dari stik test pack. Jika terbaca pada hasil, maka Sedulur akan dibuat bingung dengan hasil tespek tersebut. Untuk itu, Sedulur perlu memahami cara pakai pada kemasan alat test pack yang digunakan dengan baik dan teliti. 

Sedulur harus membaca hasil pada rentang waktu yang sudah dijelaskan dalam kemasan. Jika hasil positif samar masih berada pada rentang tersebut, maka hasilnya adalah positif hamil. Namun jika pembacaan hasil melewati waktu yang telah ditentukan, garis samar tersebut kemungkinan besar adalah garis evaporasi.

Penting diketahui bahwa garis evaporasi baru akan muncul beberapa menit setelah waktu untuk membaca hasil tes terlewati. Jika masih ragu, cobalah melakukan tes kehamilan beberapa hari kemudian agar hasilnya lebih akurat. 

Arti hasil tespek garis 2 keguguran dini

tespek
iStock

Selain dua arti di atas, arti hasil tespek garis 2 samar bisa jadi sebuah tanda bahwa Sedulur mengalami abortus atau keguguran dini. Pada kasus semacam ini, bisa jadi telur sudah dibuahi dan tertanam di rahim, namun ketika hormon hCG mulai diproduksi, terjadi keguguran.

Keguguran tersebut bisa membuat sisa hormon hCG ataupun sisa jaringan yang masih ada di dalam rahim terdeteksi positif oleh alat test pack yang digunakan. Selain keguguran, hasil tespek garis 2 samar juga bisa disebabkan oleh kondisi lain, seperti kehamilan ektopik atau adanya masalah pada ovarium.

BACA JUGA: Ceban Berapa Rupiah? Berikut Artinya dan Bilangan Lainnya

Penyebab garis samar pada tespek

tespek
iStock

Ada beberapa faktor yang membuat hasil tespek garis 2 namun salah satu garisnya terlihat samar. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai faktor-faktor tersebut.

  • Melakukan tes kehamilan terlalu awal. Jika Sedulur melakukan tes kehamilan dalam rentang waktu 7-8 hari sebelum masa haid berikutnya, maka kadar hormon hCG masih sangat rendah.
  • Sampel urin terlalu encer. Hal ini membuat konsentrasi hormon hCG yang terlarut menjadi rendah dan hasilnya menjadi samar. 
  • Hamil secara kimia. Bisa jadi, embrio sudah tertanam dalam rahim dan hormon hCG sudah diproduksi. Namun dalam rentang waktu tertentu, embrio mengalami keguguran sebelum tanda fisik kehamilan teramati. 
  • Alat yang digunakan memiliki sensitifitas terlalu rendah. Perbedaan merk alat test pack yang dijual bebas di pasaran tidak semuanya berkualitas baik dan bisa jadi memiliki sensitivitas rendah. 

Demikian penjelasan mengenai hasil tespek garis 2 yang seringkali membuat bingung para calon ibu. Semoga informasi di atas dapat membantu Sedulur dalam memahami hasil tespek saat melakukan tes kehamilan di rumah masing-masing. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.