Syukron artinya

Syukron artinya apa? Pertanyaan ini seringkali muncul dan ditanyakan oleh orang-orang yang masih awam dengan penggunaan kosakata bahasa Arab. Kosa kata yang mulai banyak dipakai  dalam kehidupan sehari-hari ini biasa digunakan sebagai ungkapan rasa berterima kasih.

Penggunaan ungkapan syukron biasanya akan diikuti dengan kosakata bahasa Arab lainnya. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan penekanan atas bantuan atau hal apa yang sudah diberikan oleh orang lain tersebut. Seperti misalnya pada ungkapan syukron katsiron yang berarti terima kasih banyak.

Nah, apakah Sedulur sudah tahu bagaimana cara menjawab ucapan dalam bahasa Arab tersebut? Jika belum, simak penjelasan syukron artinya dan jawabannya berikut ini, yuk!

BACA JUGA: Memahami Arti Mumayyiz dalam Islam, Berikut Penjelasannya

Syukron artinya

syukron artinya
iStock

Dalam memahami arti syukron, perlu diketahui terlebih dahulu asal kata yang membentuknya. Syukron bahasa Arab berasal dari kata syakaro – yasykuru – syukron. Secara harfiah, syukron artinya dalam bahasa Indonesia adalah terima kasih.

Kata ini digunakan sebagai ucapan terima kasih kepada seseorang atas kebaikan yang telah diberikan. Syukron artinya dalam islam juga dapat ditafsirkan sebagai ucapan syukur kepada Allah SWT atas nikmat yang telah diturunkan.

Selain hanya mengucapkan syukron, Sedulur juga bisa memberikan beberapa imbuhan kosakata lain untuk mempertegas kebaikan apa yang telah diberikan oleh orang lain tersebut. Imbuhan tersebut juga dapat menimbulkan kesan lebih akrab dalam percakapan yang terjadi. 

Penggunaan ungkapan syukron

syukron artinya
iStock

Telah disebutkan sebelumnya bahwa penggunaan ungkapan syukron dapat diberikan kosakata imbuhan yang lainnya. Berikut adalah beberapa ungkapan terima kasih dalam bahasa Arab yang bisa Sedulur gunakan. 

  • Syukron jazilan: Terima kasih banyak.
  • Syukron ala: Terima kasih atas kebaikannya.
  • Syukron ya habibati: Terima kasih sayangku (diucapkan pria).
  • Syukron ya habibi: Terima kasih sayangku (diucapkan wanita).
  • Syukron laki: Terima kasih untukmu (diucapkan wanita).
  • Syukron Laka: Terima kasih untukmu (diucapkan pria)
  • Syukron ala du’aiki: Terima kasih atas doamu (diucapkan wanita).
  • Syukron ala du’aika: Terima kasih atas doamu (diucapkan pria).
  • Syukron ala du’aiha: Terima kasih atas doanya (diucapkan wanita).
  • Syukron ala du’ai’ihi: Terima kasih atas doanya (diucapkan pria).

BACA JUGA: 90 Kata-Kata Motivasi Islami, Penuh Makna & Menyejukkan Hati

Ucapan terima kasih lain dalam bahasa Arab

syukron artinya
iStock

Syukron artinya dalam bahasa Arab adalah terima kasih. Namun, dalam bahasa Arab, ucapan terima kasih tidak hanya menggunakan syukron saja, melainkan juga menggunakan kalimat “jazakallah khairan”. 

Jazakallah khairan merupakan kalimat yang terdiri dari dua kata, yaitu “jazakallah” dan “khair”. Ungkapan ini digunakan untuk mengucapkan terima kasih karena jazakallah memiliki arti “semoga Allah membalasmu” dan khair atau khairan memiliki arti kebaikan. 

Dengan demikian, jazakallah khairan berarti “semoga Allah membalas kebaikanmu”. Ungkapan ini tidak hanya digunakan sebagai ucapan terima kasih, namun juga ungkapan rasa syukur atas nikmat atau bantuan dengan menyelipkan doa baik di dalamnya. 

Dalam pengucapannya, ada tiga perbedaan yang menyesuaikan peruntukannya. Jazakillah khairan digunakan jika perempuan, jazakallah khairan jika laki-laki, dan jazakumullah khairan jika banyak orang. 

Jawaban untuk ungkapan syukron

syukron artinya
iStock

Jika merujuk pada penggunaan bahasa Indonesia, maka jawaban yang harus diucapkan ketika menerima ungkapan syukron adalah “sama-sama”. Dalam hal ini, jawaban yang bisa ucapkan untuk membalas ucapan syukron adalah “afwan”.

Mengapa demikian? Hal ini karena afwan tidak hanya bermakna maaf, namun juga bisa digunakan sebagai balasan ucapan syukron dalam hal berkomunikasi. Dengan begitu, afwan dapat diartikan sebagai kata yang berarti sama-sama.

Lebih jauh, afwan juga digunakan untuk menunjukkan kerendahan hari seseorang setelah menerima ucapan terima kasih dari orang lain. Dengan begitu, seseorang akan tetap merasa cukup dan tidak sombong atas apa yang sudah ia berikan sebelumnya.

Sementara itu, jika Sedulur mendapatkan ucapan terima kasih dalam kalimat lain, seperti jazakillah khairan, maka Sedulur dapat membalasnya dengan ungkapan yang baik pula. Balasan yang biasanya digunakan adalah kalimat wajazakillahu khairan, yang memiliki arti semoga Allah membalasmu juga dengan kebaikan.

Selain balasan tersebut, Sedulur juga bisa menjawab dengan kalimat wa iyyaki untuk perempuan dan kalimat wa iyyaka untuk laki-laki. Kedua jenis kalimat tersebut memiliki arti “dan kebaikan untukmu juga”.  

BACA JUGA: Arti Tawadhu dalam Islam Beserta Manfaat & Keutamaannya

Keutamaan mengucapkan syukron

syukron artinya
iStock

Mengucapkan terima kasih tentu merupakan perilaku yang baik. Hal ini karena terima kasih termasuk satu di antara tiga kalimat penting, selain tolong dan maaf. Dengan sering mengucapkannya, Sedulur sudah termasuk orang-orang yang berperilaku sopan di masyarakat.

Mengingat kembali arti syukron dan penggunaannya sebagai ucapan terima kasih, Sedulur bisa menjadikannya sebagai cara bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. 

Seperti dalam hadits Rasulullah SAW berikut,

Siapa pun yang mendapat kebaikan dari orang lain, hendaklah dia membalasnya. Jika Anda tidak dapat menemukan sesuatu untuk membalasnya, sebaiknya dia memuji orang tersebut, karena jika ia telah memujinya maka dia telah mensyukurinya. Jika dia menyembunyikannya, itu berarti bahwa “Dia menyangkal kebaikannya. Seseorang yang dihiasi dengan (kebaikan) yang tidak dia miliki, seolah-olah dia mengenakan dua helai pakaian kepalsuan.” (HR. Tirmidzi)

Dalam hadits lain juga disebutkan bahwa,

Barang siapa yang tidak berterima kasih kepada manusia. Dia tidak berterima kasih kepada Allah.” (HR. Ahmad)

Dari kedua hadits di atas, dapat disimpulkan bahwa mengucapkan syukron atau terima kasih memiliki beberapa keutamaan, antara lain:

  • Manusia yang mengucapkan terima kasih termasuk manusia yang pandai bersyukur. 
  • Manusia yang mengucapkan terima kasih kepada manusia lain yang telah membantunya berarti sedang mensyukuri nikmat dari Allah SWT. 
  • Allah SWT akan menerima syukur hambanya yang berterima kasih pada orang yang telah berbuat baik padanya.

Manfaat mengucapkan syukron

syukron artinya
iStock

Tidak hanya berbentuk ucapan yang keluar dari mulut saja, mengucapkan kata “syukron” atau “terima kasih” kepada orang lain juga memberikan manfaat kepada diri sendiri. Berikut adalah penjelasan mengenai beberapa manfaat tersebut. :

  1. Merasa dihargai

Dengan mengucapkan ucapan terima kasih kepada orang lain, kita akan membuat orang lain yang telah memberikan bantuan merasa dihargai atas pertolongan atau kebaikan yang diberikannya. Hal ini tentunya akan membuat orang tersebut tidak segan untuk membantu lagi di kemudian hari jika dibutuhkan.

  1. Memperbesar energi positif

Jika kita bisa mengucapkan ucapan terima kasih secara rutin, maka energi positif yang kita miliki akan semakin besar. Energi ini dapat mengelilingi diri sendiri maupun orang lain di sekitar kita.  

  1. Meluluhkan hati

Ucapan terima kasih tidak hanya menghargai orang yang menerimanya. Namun juga bisa meluluhkan hati orang tersebut karena ucapan tersebut menjadi salah satu bentuk apresiasi dari tindakan baik yang telah dilakukannya.

  1. Pembuka pintu kenikmatan

Mengucapkan terima kasih juga membuat seseorang diberikan nikmat yang besar. Sebab, ucapan terima kasih yang disampaikan kepada orang lain juga menunjukkan rasa syukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT. Dengan begitu, Allah SWT akan menambah nikmat dan rezeki kepada hamba-hamba yang senang bersyukur. 

  1. Menyenangkan hati

Ucapan terima kasih bisa menjadi ucapan sederhana yang memiliki makna luar biasa. Ucapan berharga ini akan membuat orang lain yang menerima ucapan tersebut merasakan senang di dalam hatinya. 

Sekian informasi mengenai ucapan syukron beserta penggunaan dan balasannya. Dari penjelasan di atas, maka dapat diketahui bahwa ungkapan syukron artinya terima kasih kepada orang lain yang juga berfungsi sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.