telegram adalah

Selain WhatsApp, Telegram adalah salah satu media sosial yang dapat digunakan untuk berkirim pesan. Telegram sendiri bersifat gratis dan nirlaba. Bukan hanya dapat digunakan dalam perangkat smarphone, namun juga dapat digunakan melalui PC.

Telegram adalah aplikasi pesan yang bisa jadi pilihan selain WhatsApp. Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama apa itu telegram, bagaimana cara kerjanya dan seperti apa saja kelebihannya. Tanpa belama-lama, apa itu telegram dan fungsinya? Yuk, mari kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: Ikuti 6 Cara Membuat Sticker Telegram Ini Sendiri, Tanpa Aplikasi

Apa itu Telegram?

telgram adalah
Parboaboa

Sebagaimana yang dijelaskan di atas, bahwa telegram adalah alat komunikasi atau pengirim pesan yang memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan dengan aplikasi pesan lainnya. Telegram sendiri diciptakan di Eropa, tepanya di Rusia.

Pencipta Telegram adalah dua orang bersaudara, yaitu Nikolai dan Pavel Durov. Mereka berdua menciptakannya setelah aplikasi yang mereka ciptakan diambil alih oleh sekutu dari pemerintah Rusia. Kini Telegram adalah alat komunikasi yang digunakan oleh banyak orang.

Cara kerja telegram

telegram adalah
Makmodo

Lantas seperti apa cara kerja telegram? Cara kerjanya, setiap pesan dan konten yang dikirimkan pada Telegram akan dienkripsi berstandar internasional. Maka dari itu, pesan yang terkirim akan sepenuhnya aman dari berbagai pihak yang mencoba meretas.

Bukan hanya teks, gambar dan video, Telegram juga bisa jadi sarana untuk mengirimkan dokumen, musik, berkas zip, lokasi real-time dan kontak yang tersimpan ke perangkat orang lain.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, aplikasi Telegram adalah aplikasi yang berbasis cloud. Artinya, penggunanya dapat dimudahkan untuk mengakses satu akun Telegram dari perangkat yang berbeda dan secara bersamaan. Dari cara kerjanya tersebut, terilihat bahwa telegram adalah media sosial, bukan hanya sebagai aplikasi untuk berkirim pesan saja.

Kelebihan Telegram

telegram adalah
Teknodaim

Lalu apa saja kelebihan aplikasi ini, dibandingkan dengan aplikasi lainnya? Berikut ini terdapat beberapa kelebihan yang perlu Sedulur ketahui, yaitu:

1. Aplikasi gratis

Kelebihan pertama aplikasi ini merupakan aplikasi gratis serta tidak pernah ada iklan atau biaya lainnya dalam aplikasi ini. Berbeda dengan WhatsApp yang sempat menggunakan fitur berbayar setiap tahunnya, meskipun pada akhirnya, WhatsApp memberlakukan segalanya dengan gratis.

2. Berikirim pesan lebih cepat

Banyak yang membandingkan penggunaan antara WhatsApp dan Telegram, akhirnya banyak juga yang membandingkan keduanya. Banyak pengguna yang membandingkan bahwa menggunakan Telegram lebih cepat dibandingkan WhatsApp

3. Ukuran lebih ringan

Kelebihan selanjutnya yaitu aplikasi yang lebih ringan. Telegram versi 3.8.1 pada iPhone yang dikeluarkan pada 28 April 2016 memiliki ukuran 33.1 MB. Sedangkan WhatsApp versi 2.16.2 pada iPhone yang dikeluarkan pada 13 April 2016 memiliki ukuran aplikasi 74.5 MB.

4. Cepat melakukan sinkronisasi

Telegram adalah aplikasi yang dapat digunakan bukan hanya di smartphone, namun juga dapat digunakan di PC. Oleh karena itu, prosesnya membutuhkan sinkronisasi. Proses sinkronisasi yang dilalui akan dilakukan dengan cepat dan tentu saja mulus.

5. Menampung grup lebih banyak

Jika dalam WhatsApp hanya mampu menampung maksimal 250-500 orang, menggunaan Telegram bisa lebih besar lagi. Karen Telegram adalah aplikasi pesan yang mampung menampung hingga 5000 pengguna dalam satu grup!

6. Memiliki fitur bot dalam lebih interaktif

Fitur Bot adalah akun yang dijalankan oleh aplikasi (bukan) orang. Bot ini dilengkapi fitur AI  atau kecerdasan buatan. Bot dapat melakukan apa saja seperti game, broadcasting dan apa saja aktivitas di internet.

Apa itu Telegram adalah membuat grup chat lebih hidup dengan fitur Reply, Mentions, Hashtags, dan Forwards. Tak hanya itu, pengguna Telegram jika bisa membuat stiker sendiri.

7. Jauh lebih aman

Di awal telah dijelaskan bahwa Telegram adalah aplikasi yang cenderung aman, karena setiap pesan yang terkirim akan terenkripsi dengan baik. Namun bukan hanya itu, terdapat beberapa penyebab lainnya. Salah satunya oleh ketersediaan fitur keamanannya.

Fitur keamanan

telegram adalah
Synap Sereality

Fitur-fitur keamanan yang terdapat Telegram adalah alasan yang menyebabkan keamanan aplikasi ini sangat terjamin. Lantas apa saja fitur keamanan dari aplikasi ini? Berikut adalah beberapa fitur keamanan yang dimaksud:

  • Fitur Lock Chat: Adanya fitur ini, pengguna dapat memastikan akses Telegram di perangkatnya lebih aman, karena aplikasi dapat terkunci secara otomatis saat tidak digunakan. Jadi, pengguna tidak perlu khawatir untuk orang lain dapat melihat isi pesan yang dikirimkan lewat aplikasi ini.
  • Kirim Pesan Rahasia dengan Secret Chat: Sesuai namanya, fitur Secret Chat menawarkan keamanan yang lebih baik bagi pengguna saat melakukan percakapan di Telegram. Sebab, fitur ini akan mengaktifkan end-to-end encryption, sehingga tidak ada pihak ketiga yang bisa melihat percakapan.
  • Fitur Two-Step Verification: Saat fitur ini diaktifkan, pengguna akan diminta untuk selalu memasukkan password saat masuk ke akun Telegram di perangkat baru maupun lama. Password inin merupakan pelengkap fitur OTP (one-time password) saat pengguna masuk di perangkat baru.
  • Mendukung Server Proxy: Cara kerja fitur ini sama seperti VPN connection yang lazim digunakan banyak orang untuk melindungi identitas mereka di internet. Fitur ini dapat aktif dengan membuka Settings, pilih Data and Storage, lalu Proxy Settings.
  • Hapus Pesan yang Salah Kirim: Fitur selanjutnya memungkinkan pengguna untuk membatalkan atau menghapus pesan yang sudah terkirim. Fitur ini jelas membantu pengguna untuk menghindari pesan yang salah kirim dan dapat diatur kapan pun.

Kekurangan Telegram

Entrepreneur

Di tengah banyak keunggulan, tidak dapat dipungkiri bahwa aplikasi pesan satu ini juga tidak terlepas dari berbagai kekurangan. Berikut ini beberapa kekurangan dari aplikasi yang perlu Sedulur ketahui, yaitu:

  • Video Call Hanya untuk Dua Orang: salah satu kekurangan Telegram yang paling terlihat adalah fitur video call yang hanya bisa digunakan dua orang. Hal ini tentu beda dengan WhatsApp yang bisa melakukan video call lebih dari dua orang.
  • Tidak Ada Fitur Story: Selanjutnya, kekurangan Telegram adalah tidak adanya fitur story layaknya WhatsApp. Kekurangan Telegram ini bagi beberapa orang mungkin cukup membuat Telegram kurang menarik digunakan.
  • Notifikasi Pengguna Baru: Jika Sedulur pernah menggunakan Telegram, biasanya akan risih ketika ada notifikasi pengguna baru. Sebab, Telegram akan memberi tahu saat kontak yang ada di smartphone Sedulur menjadi pengguna baru Telegram. Kekurangan Telegram ini sebenarnya bisa diatasi dengan mematikan fitur notifikasi tersebut pada bagian “pengaturan” lalu masuk ke “notifikasi” dan pilih untuk mematikan notifikasi pengguna baru.

Cara daftar dan install Telegram

Android Out

Bagi Sedulur yang belum menggunakan Telegram, berikut ini terdapat beberapa cara menggunakan Telegram. Pertama-tama Sedulur perlu install terlebih dahulu aplikasinya dari iOS atau Playstore. Setelah download dan install, Sedulur bisa mengikuti cara mendaftarnya berikut ini:

  • Silakan buka aplikasi Telegram.
  • Ketuk tombol Start Messaging.
  • Kemudian pilih Country, contoh Indonesia.
  • Masukkan nomor telepon Sedulur yang masih aktif.
  • Centang opsi Sync Contact untuk melakukan sinkronisasi otomatis dari kontak Sedulur yang juga memakai Telegram.

BACA JUGA: Mengenal Aplikasi Getcontact untuk Deteksi Nomor Orang Lain

Menggunakan Telegram di PC

Kumparan

Sedulur juga bisa menggunakan Telegram di PC selain menggunakannya di smartphone atau HP. Adapun langkah yang bisa Sedulu lakukan adalah sebagai berikut:

  • Sedulur bisa unduh terlebih dahulu aplikasi Telegram untuk PC di telegram.org.
  • Di dalam websitenya, Sedulur bisa klik ‘Get Telegram for Windows’, jika Sedulur menggunakan laptop dengan sistem operasi Windows. Namun, jika Sedulur menggunakan sistem operasi bukan Windows, Sedulur bisa klik pada pilihan ‘Show All Platforms’.
  • Pada pilihan ‘Show All Platform’, terdapat beberapa pilihan sistem operasi lainnya seperti MacOs, Linux 32 bit, dan Linux 64 bit. Silakan unduh aplikasi Telegram sesuai dengan sistem operasi yang Sedulur gunakan di PC atau laptop miliki Sedulur.
  • Selanjutnya, tunggu proses unduhan hingga selesai.
  • Setelah aplikasi Telegram berhasil di unduh, selanjutnya install aplikasi tersebut dengan cara membuka aplikasi yang berhasil di unduh.
  • Kemudian akan muncul opsi untuk memilih bahasa yang ingin digunakan untuk menginstal aplikasi. Sedulur bisa pilih ‘OK’ setelah bisa memilih bahasa yang digunakan.
  • Lalu klik tombol ‘Next’ pada opsi untuk memilih lokasi file aplikasi yang akan diinstal.
  • Klik toombol ‘Next’ pada opsi untuk membuat folder di Data C yang ada di PC Sedulur.
  • Klik tombol ‘Next’ pada opsi untuk membuat shortcut di Dekstop PC Sedulur.
  • Terakhir, klik tombol install dan tunggu proses install aplikasi Telegram hingga selesai.
  • Setelah aplikasi berhasil diinstal, klik tombol finish.
  • Kemudian buka aplikasi Telegram yang sudah terpasang pada PC Sedulur. Setelah aplikasi Telegram tersebut terbuka, nantinya akan muncul halaman pembuka lalu klik ‘Start Messaging’.
  • Pilih negara Indonesia pada bagian ‘Country Code’ (panah cokelat) dan masukkan nomor ponsel yang akan Sedulur gunakan untuk mengakses aplikasi Telegram (panah biru atau di samping +62). Kemudian klik tombol ‘Next’.
  • Selanjutnya, Sedulur akan menerima pesan singkat atau SMS berisikan kode yang dikirimkan ke nomor ponsel yang Sedulur gunakan untuk mendaftar pada aplikasi Telegram.
  • Selanjutnya kode yang Sedulur terima melalui SMS tersebut di masukkan pada bagian kolom verifikasi. Lalu klik ‘Next’ dan memverifikasi kode tersebut.

Menggunakan Telegram tanpa aplikasi

Liputan6

Terakhir untuk menggunakan Telegram super mudah adalah dengan mengunjungi website telegram itu sendiri, yaitu web.telegram.org. Selanjutnya Sedulur tinggal mengikuti langkah di bawah ini:

  • Sedulur akan diminta untuk mengisi negara dan memasukkan nomor ponsel yang digunakan. Nomor ponsel yang Sedulur masukkan tersebut nantinya akan dikirim kode verifikasi.
  • Klik ‘Selanjutnya’ atau ‘Next’.
  • Setelah menerima SMS yang berisikan kode verifikasi yang dikirimkan oleh Telegram, masukkan kode tersebut pada kolom kode yang tersedia. Lalu klik tombol ‘Next’.
  • Jika nomor ponsel tersebut telah terdaftar, maka Sedulur akan langsung ditujukan pada tampilan chat Telegram. Kemudian Sedulur pun bisa langsung mengirim berbagai file atau chatting di Telegram.

Telegram adalah aplikasi berbagi pesan yang bisa jadi salah satu pilihan Sedulur. Di tengah ketersediaan beberapa aplikasi berbagi pesan, agaknya Telegram merupakan salah satu aplikasi yang aman dan memberikan jaminan penggunaan yang ekstra.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.