Menurut Oxford Islamic Studies, tabligh artinya penyampaian pesan dan misi tentang nilai-nilai Islam. Bahasa lainnya adalah dakwah. Pengertian ini tidak jauh berbeda dengan definisi dari KBBI yang juga mengartikan tablig sebagai penyiaran ajaran agama Islam. 

Tabligh tentunya memiliki hukumnya sendiri dalam Islam, serta ada adab-adab yang harus ditaati agar penyampaian tidak melanggar batas-batas tertentu terutama kebebasan manusia untuk memilih jalan hidupnya. Nah, supaya makin paham, belajar bareng tentang tabligh di sini, Sedulur. 

BACA JUGA: Bacaan Tahmid, Takbir, Tasbih, Tahlil Keutamaan & Manfaaatnya

1. Tabligh dan pelakunya 

tabligh artinya
Pexels

Sesuai dengan definisi di atas, tabligh atau misi penyampaian ajaran Islam tentunya dilakukan oleh sejumlah orang. Mereka biasa dikenal dengan sebutan mubaligh untuk laki-laki atau mubaligha untuk penyampai perempuan. Beberapa menggunakan istilah dai untuk menjuluki seorang pendakwah. Orang pertama yang melakukan kegiatan dakwah tentunya utusan Allah seperti Nabi Muhammad SAW. Kegiatan beliau kemudian diikuti oleh beberaap kawan dan sahabatnya. Dari situ, ajaran Islam pun terus berkembang hingga sekarang. 

2. Dasar hukum tabligh

tabligh artinya
Pexels

Sebenarnya siapa saja bisa melakukan tabligh atau dakwah ini sesuai dengan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki. Hal ini disebutkan dalam sejumlah ayat suci Al Quran seperti Al Maidah ayat 67, Al Azhab ayat 62, Al A’raf ayat 79, Hud ayat 57 dan sebagainya. 

Berikut arti dari surat Al Maidah ayat 67 sebagai salah satu dasar hukum perintah Allah untuk melakukan tabligh. 

“Hai Rasul, sampaikan apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu. Bila tidak kamu kerjakan (perintah tersebut) berarti kamu tidak menyampaikan amanat-Nya. Allah menjagamu dari (godaan) manusia. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk pada orang-orang yang kafir.” 

Ada pula surat Al A’raf ayat 79 yang berbunyi demikian. 

“Kemudian dia (Saleh) pergi meninggalkan mereka sambil berkata, “Wahai kaumku! Sungguh, aku telah menyampaikan amanat Tuhanku kepadamu dan aku telah menasihatimu. Namun, kamu tidak menyukai orang yang memberi nasihat.” 

Pun Surat Hud ayat 57 berbunyi sebagai berikut. 

“Maka jika kamu berpaling, maka sungguh, aku telah menyampaikan kepadamu apa yang menjadi tugasku sebagai Rasul kepadamu. Tuhanku akan mengganti kamu dengan kaum yang lain, sedang kamu tidak bisa mendatangkan mudarat kepadaNya barang sedikit pun. Sungguh Tuhanku Maha Pemelihara segala sesuatu.” 

Ketiga ayat di atas menunjukkan bahwa sejak masa Rasulullah SAW dan nabi-nabi utusan Allah sebelumnya, sudah ada perintah tabligh atau dakwah. Namun, dalam prosesnya semua utusan Allah menekankan bahwa dakwah tidak bersifat memaksa. Allah lewat para utusannya menekankan bahwa manusia berhak menentukan akan mengikuti ajaran dan mempercayai pesan tersebut atau tidak. 

BACA JUGA: Tata Cara Sholat Tahajud: Waktu, Niat, Bacaan & Doanya

3. Contoh tabligh 

Pexels

Beberapa pendapat menyatakan bahwa dakwah berbeda dengan tabligh di beberapa aspek. Dakwah menurut beberapa pandangan tidak harus berupa nasihat yang disebarluaskan, tetapi bisa dari perilaku kita di kehidupan sehari-hari. Ini karena perbuatan posisinya krusial dibanding dengan ujaran belaka. Beda dengan tabligh yang merupakan penyiaran sehingga ada proses publikasi di dalamnya. Tabligh dilakukan dengan cara berceramah di depan umum atau komunitas tertentu. Bisa dalam mode tatap muka langsung, atau melalui siaran radio, televisi, atau rekaman suara dan video. 

Bisa disimpulkan walau sama-sama memiliki tujuan yang sama, yaitu menyampaikan dan menyebarluaskan ajaran Islam, dakwah memiliki cakupan yang lebih luas. Tabligh lebih spesifik pada publikasi atau penyiarannya, sementara dakwah bisa dilakukan dalam berbagai bentuk yang tidak langsung. Seperti perbuatan, ucapan, dan karakter sehari-hari kita sebagai seorang muslim.

4. Tata cara tabligh 

tabligh artinya
Pexels

Tentunya tabligh adalah hal yang harus dilakukan dalam koridor-koridor etika yang tepat. Ini karena ia disampaikan pada khalayak luas sehingga isinya harus bisa dipertanggungjawabkan. Apa saja tata cara dan etika tabligh? 

  • Disampaikan dengan lembut, tidak mengandung kebencian dan amarah. 
  • Menggunakan bahasa apa saja, yang penting bisa dimengerti dan sopan. 
  • Membuka ruang untuk pertanyaan dan diskusi, tidak hanya satu arah dari mubaligh atau mubaligha. 
  • Materi yang disampaikan harus amanah. Amanah artinya bisa dipercaya dan dipertanggungjawabkan karena disarikan dari dasar hukum dan dasar logika yang jelas. 
  • Logis, tetapi tetap mengingat Allah 
  • Tidak mendeskreditkan atau mendiskriminasi kelompok atau komunitas lain
  • Tidak mengandung kalimat provokatif yang menyulut permusuhan 
  • Idealnya seorang pendakwah tidak meminta bayaran, tetapi boleh menerima donasi dan santunan untuk mengganti transportasi serta waktu yang sudah diberikan. 
  • Menerima semua pihak untuk datang ke acara dakwah, tidak memilih-milih audiens. 

BACA JUGA: Pengertian Puasa: Hukum, Rukun, Syarat, Jenis & Ketentuannya

5. Fungsi tabligh dalam kehidupan sehari-hari

Kemlu.go.id

Bila tabligh dilakukan dengan benar dan tepat, ia akan memberikan fungsi yang baik pula untuk pelaku dan pendengarnya. Apa saja? 

Bagi pendengar atau audiens tabligh 

  • Menjadi jalan untuk menemukan ketenangan secara rohani
  • Mendapat pemahaman tentang ajaran dan aqidah Islam yang lebih tepat 
  • Menambah ilmu pengetahuan 
  • Membantu mendapatkan informasi tentang cara beribadah yang lebih benar 
  • Memotivasi pendengar untuk berakhlak baik 

Bagi pelaku tabligh 

  • Memotivasi pelaku tabligh atau pendakwah untuk terus belajar dan memperluas wawasannya 
  • Tabligh artinya juga ladang amal yang sangat luas
  • Mendorong pelaku untuk juga berbuat baik dan menjaga etikanya 

Selain itu, secara umum tabligh artinya sarana komunikasi dua arah yang memantik diskusi dan mendorong lahirnya pengetahuan baru, pertukaran wawasan dan informasi, hingga sarana silaturahmi. Tabligh juga ditujukan untuk membangun tata kelola kehidupan yang lebih baik dan tentram bila tiap pendengar dan pelakunya menjalankan ajaran Islam tersebut dengan benar. 

6. Sifat tabligh 

Pexels

 

Tabligh juga bisa didefinisikan sebagai kata sifat di samping kata kerja. Arti tabligh sifat Rasul adalah sebagai berikut mampu menyampaikan nasihat, berita, dan pengetahuan dengan baik dan sopan, tanpa membuat orang merasa tersakiti. Contoh aplikasinya dalam kehidupan nyata antara lain. 

  • Memberi nasihat dalam kebaikan. Misalnya saling mengingatkan pada sesama teman atau kerabat untuk menjalankan perintah Allah dan menjauhi laranganNya.  
  • Menyampaikan pengetahuan atau informasi yang diketahui seperti guru atau dosen yang mengajar, sesama siswa yang belajar bersama, publikasi buku atau artikel edukatif, berita yang membuka mata dan wawasan, dan lain sebagainya. 
  • Senantiasa bertumpu pada kebenaran alias shiddiq. Shiddiq artinya berusaha untuk selalu berkata benar, sesuai fakta, dan bersumber pada sumber yang ilmiah dan bisa dipertanggungjawabkan.
  • Amanah, bisa dipercaya. Nasihat tidak hanya diucapkan, tetapi juga harus diverifikasi dengan perbuatan. 

BACA JUGA: Kapan Puasa 2022? Ini Perkiraan Jadwal Ramadan 1443H

7. Lawan dari sifat tabligh 

Pexels

Bila tabligh artinya menyampaikan, lawan dari sifat tabligh adalah kitman. Arti dari kitman adalah suka menyembunyikan sesuatu, terutama hal yang penting. Biasanya hal yang disembunyikan adalah sesuatu yang dianggap tidak menguntungkan dirinya. Tentunya, kita sebagai manusia memiliki hak untuk menyembunyikan beberapa hal dalam kehidupan kita seperti urusan-urusan pribadi. Namun, yang dimaksud dengan kitman adalah ketika seseorang menyembunyikan hal yang sebenarnya penting untuk diketahui khalayak luas. Misalnya akan adanya bencana atau informasi vaksinasi massal, tetapi disembunyikan karena ingin menyelamatkan sekelompok orang saja. 

Tabligh artinya penyiaran ajaran Islam yang punya banyak fungsi untuk berbagai komponen dan lapisan masyarakat apapun peran dan profesi mereka. Namun, tentunya perlu dilakukan dengan memperhatikan etika dan batasan tertentu. Seperti tidak boleh mengandung unsur paksaan serta selalu mengutamakan toleransi dan kerendahan hati. Semoga bisa memperkaya wawasan dan menginspirasi kita untuk jadi pribadi yang lebih baik.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!