Bacaan Tahmid

Bacaan tahmid, takbir, tahlil dan tasbih merupakaan bacaan yang wajib diketahui oleh setiap umat Islam. Tahmid adalah lafadz alhamdulillah, takbir adalah allahuakbar, tahlil adalah lafadz laa ilahaillahu, sementara tasbih adalah lafadz subhanallah. Lafadz tersebut merupakan kalimat dzikir kepada Allah SAW.

Dalam kesempatan kali ini, akan dibahas bacaan tahmid, takbir, tasbih dan tahlil beserta dengan keutamaan dan manfaatnya. Bagi Sedulur yang belum banyak mengetahuinya, Sedulur bisa simak penjelasannya dengan seksama.

BACA JUGA: 10+ Hadist Ciri-Ciri Orang Munafik Menurut Islam, Harus Diwaspadai

Keutamaan Bacaan Tahmid

bacaan tahmid
suaramerdeka

Bacaan tahmid memiliki keutamaan yang sangat tinggi. Terutama jika diamalkan setiap hari oleh kita. Bacaan wirid tasbih tahmid takbir sholawat istigfar dalam QS Al-Mu’minum ayat ayat 28-30, menyampaikan tentang bentuk rasa syukur yang membertakan bahwa Allah SWT akan menyelamatkan orang-orang yang beriman dan akan membinasakan orang-orang kafir.

Hal tersebut merupakan tanda-tanda atau hujjah-hujjah sekaligus bukti yang nyata atas kebenaran para Nabi terdahulu yang mengembang tugas dan pesan langsung dari Allah SWT. Keutamaan dari bacaan tasbih tahmid takbir tahlil istighfar sendiri adalah sebagai berikut:

  • Kesadaran bahwa Allah SWT itu Maha Kuasa.
  • Kesadaran untuk menyerahkan diri kepada Allah SWT.
  • Kesadaran untuk menerima segala keadaan dengan hati yang lapang dan iman yang kuat.
  • Kesadaran untuk bangkit dan bertaubat.

Urutan Dzikir dan Bacaan Tahmid

Bacaan tahmid berbunyi alhamdulillah, merupakan serangkaian dzikir dari beberapa bacaan dzikir lainnya. Bagi Sedulur yang hendak melafalkannya, berikut ini urutan bacaan yang bisa Sedulur ikuti:

1. Membaca Istighfar 3 kali

inews

Urutan pertama dalam dzikir dan bacaan tahmid yaitu dengan mengucapkan kalimat istighfar sebanyak tiga kali. Bacaan istighfar yang dimaksud adalah sebagai berikut:

ASTAGHFIRULLAH HAL’ADZIM, ALADZI LAAILAHA ILLAHUWAL KHAYYUL QOYYUUMU WA ATUUBU ILAIIH

Artinya : “Saya mohon ampun kepada allahyang maha besar, tidak ada tuhan melainkan dia, yang maha hidup yang terus-menerus mengurus makhluknya, dan saya bertobat kepadanya.”

2. Memohon Ampun, Memohon Perlindungan dan Membaca Pujian Bagi Allah SWT

bacaan tahmid
bincangsyariah

Urutan selanjutnya yaitu dengan melafadzkan ampunan dan memohon perlindungan kepada Allah SWT. Lafadz dzikir yang bisa Sedulur bacakan adalah:

LAA ILAHA ILLALLAH WAKHDAHU LAA SYARIKA LAHU, LAHUL MULKU WALAHUL KHAMDU YUKHYIIY WAYUMIITU WAHUWA ‘ALAA KULLI SYAI’INNQODIIR

Artinya : “Tiada ilah yang berhak disembah selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Segala pujian dan kerajaan adalah milik Allah. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (HR. Bukhari, Muslim).

Setelah itu, Sedulur bisa lanjut membaca lafadz “allahumma ajirni minan-naar” sebanyak tiga kali agar terhindar dari siksa neraka dan dilindungi oleh Allah SWT. Selanjutnya, Sedulur bisa membaca lafadz pujian bagi Allah SWT, sebagaimana yang tercantum dalam Hadist Riwayat Muslim, yaitu:

ALLAHUMMA ANGTASSALAM, WAMINGKASSALAM, WA ILAYKA YA’UUDUSSALAM FAKHAYYINA RABBANAA BISSALAAM WA-ADKHILNALJANNATA DAROSSALAAM TABAROKTA RABBANAA WATA’ALAYTA YAA DZALJALAALI WAL IKRAAM

Artinya : “Ya Allah Engkau-lah as salam, dan keselamatan hanya dari-Mu, Maha Suci Engkau wahai Dzat yang memiliki semua keagungan dan kemulian.”

3. Tasbih, Tahmid dan Takbir 33 kali

pikiran-rakyat

Urutan dzikir selanjutnya adalah bacaan tahmid, dan takbir serta tasbih yang dibaca sebanyak 33 kali. Dimulai dengan kalimat tasbih yaitu ”subhanallah” sebanyak 33 kali, dilanjut dengan lafadz “alhamdulillah” lalu ditutup dengan lafadz “allahuakbar” sebanyak 33 kali.

Baca Juga: 5 Rukun Tayamum Lengkap Dengan Doa, Sunnah dan Caranya

4. Dilanjut dengan Membaca Surat Pendek di Al-Quran

bacaan tahmid
umroh

Setelah dzikir bacaan tasbih, tahmid, takbir, tahlil, istighfar di atas. Urutan Dzikir selanjutnya adalah dengan membaca surat-surat pendek dalam Al-Quran. Surat yang pertama yang dibacakan adalah Surat Al Ikhlas, yaitu:

QUL HUWALLAAHU AHAD. ALLAAHUSSHAMAD. LAM YALID WALAM YUULAD. WALAM YAKULLAHU KUFUWAN AHAD.

Artinya: “Dialah Allah, Yang Maha Esa. Allah tempat bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan, dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia”.

Setelah Surat Al-Ikhlas, Sedulur bisa lanjut dengan membaca surat Al-Falaq, yaitu sebagai berikut:

QUL A’UUDZU BIRABBIL FALAQ. MIN SYARRI MAA KHALAQ. WAMIN SYARRI GHAASIQIN IDZAA WAQABA. WAMIN SYARRIN NAFFAATSAATI FII AL’UQADI. WAMIN SYARRI HAASIDIN IDZAA HASADA.

Artinya: “Aku berlindung kepada Robb Yang Menguasai waktu subuh, dari kejahatan apa-apa (mahluk) yang diciptakan-Nya. Dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan orang-orang yang dengki apabila ia dengki”

Lalu dilanjut dengan membaca surat An-Naas, yang berbunyi:

QUL A’UUDZU BIRABBIN NAAS. MALIKIN NAAS. ILAAHIN NAAS. MIN SYARRIL WASWAASIL KHANNAAS. ALLADZII YUWASWISU FII SHUDUURIN NAAS. MINAL JINNATI WANNAAS.

Artinya: “Aku berlindung kepada Robb (yang memelihara dan menguasai) manusia. Raja manusia. Sembahan manusia. Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.”

Setelah ketiga surat pendek di atas rampung, dzikir dilanjut dengan membaca Surat Ayat Kursi, berikut bacaan dari surat Ayat Kursi yang bisa Sedulur baca:

ALLAAHU LAA ILAAHA ILLAA HUU, AL HAYYUL QOYYUM, LA TA’KHUDZUHUU SINATUW WALAA NAUM. LAHUU MAA FISSAMAAWAATI WA MAA FIL ARDH. MAN DJALLADJII YASYFA’U ’INDAHUU ILLA BI IDJNIH. YA’LAMU MAA BAYNA AYDIIHIM WA MAA KHOLFAHUM. WA LAA YUHIITHUUNA BI SYAY-IM MIN ’ILMIHII ILLA BI MAA SYAA-A. WASI’A KURSIIYYUHUSSAMAAWAATI WAL ARDH. WALAA YA-UUDUHUU HIFZHUHUMAA. WA HUWAL’ALIIYUL ’AZHIIM.

Artinya: ”Aku berlindung kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk. Allah tidak ada Ilah (yang berhak diibadahi dengan benar) melainkan Dia. Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa-apa yang ada di langit dan apa-apa yang ada di bumi. Siapakah yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Dan Kursi Allah meliputi langit dan bumi, dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.” (Al-Baqarah: 255)

5. Membaca Doa-Doa

sindonews

Urutan dzikir yang terakhir adalah dengan membaca doa-doa. Meskipun dalam bacaan tasbih, tahmid, takbir, tahlil dan istighfar terkandung juga doa-doa yang baik, namun dengan membaca doa langsung berkemungkinan untuk lebih cepat diijabah. Doa memohon ilmu yang bermanfaat, rizki yang baik dan amalan yang diterima. Doa yang bisa Sedulur baca adalah sebagai berikut:

ALLAHUMMA INNI AS-ALUKA ‘ILMAN NAAFI’AN, WA RIZQON THOYYIBAN, WA ‘AMALAN MUTAQOBBALAN.

Artinya : Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amalan yang diterima). (HR. Ibnu Majah, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Ibni Majah).

Doa yang bisa Sedulur baca setelah bacaan tahmid dan artinya, yaitu adalah doa agar rajin beribadah dan menjadi seorang hamba yang selalu bersyukur. Bacaa ini sangat wajib dilafadzkan setelah sholat. Doa tersebut adalah:

ALLAHUMMA A’INNI ‘ALA DZIKRIKA WA SYUKRIKA WA HUSNI ‘IBAADATIKA.

Artinya : “Ya Allah, tolonglah aku agar bisa berdzikir kepada-Mu, dan bersyukur kepada-Mu, serta beribadah kepada-Mu dengan baik).” (HR. Abu Daud, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Abi Daud).

BACA JUGA: Apa Arti Istidraj Dalam Islam, Ini Ciri dan Tandanya dalam Al Qur’an

Kedudukan Bacaan Tahmid dan Dzikir Setelah Sholat

bacaan tahmid
liputan6

Bacaan tahmid merupakan dzikir yang bisa dibaca setelah shalat. Allah SWT berfirman langsung terkait membaca dzikir. Setidaknya hal tersebut terdapat dalam QS. Qaaf Ayat 40, QS Al-Munafiqun Ayat 9, QS Al-Ahzab Ayat 35. Dalam firman Allah di QS. Qaaf yaitu sebagai berikut:

وَمِنَ ٱلَّيْلِ فَسَبِّحْهُ وَأَدْبَٰرَ ٱلسُّجُودِ

Artinya: “Dan bertasbihlah kepada-Nya pada malam hari dan setiap selesai shalat.” – QS. Qaaf ayat 40.

Selain dalam ayat di atas, terdapat beberapa keutamaan yang dapat diraih dengan rajin berdzikir. Hal tersebut tercantum jelas dalam surah Al-Munafiqun ayat 9, Allah SWT berfirman:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ لَا تُلْهِكُمْ أَمْوَٰلُكُمْ وَلَآ أَوْلَٰدُكُمْ عَن ذِكْرِ ٱللَّهِ ۚ وَمَن يَفْعَلْ ذَٰلِكَ فَأُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْخَٰسِرُونَ

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, jangan sampai harta dan anak-anakmu melalaikan kalian dari berdzikir kepada Allah, dan siapa yang melakukan hal itu, maka mereka adalah orang-orang yang merugi.”

Dalam ayat tersebut, Allah SWT telah memberikan kita peringatan untuk tidak menjadi lala dalam berdzikir kepada Allah SWT hanya karena harta dan anak-anak kita. Maka jika demikian, kita senantiasa menjadi salah satu hambaNya yang merugi. Selain itu, dalam potongan surah Al-Ahzab ayat 35, surah lainnya, Allah SWT pernah berfirman yang artinya sebagai berikut ini:

“…Dan laki-laki maupun para wanita yang banyak berdzikir kepada Allah, sungguh Allah sediakan bagi mereka ampunan dan pahala yang besar.”

Bukan hanya tercantum dalam ayat-ayat Al-Quran yang merupakan firman Allah SWT. Rasulullah SAW, sebagai utusan Allah SWT, telah memberikan contoh melalui tindakan atas amalan-amalan yang ia lakukan. Tidak berhenti pada hal tersebut, Rasulullah SAW pun pernah bersabda yang artinya seperti berikut:

“Dari Abu Umamah, ia berkata: Dikatakan kepada Rasulullah SAW, apakah doa yang paling didengarkan? Rasulullah menjawab: Doa di tengah malam dan doa di akhir sholat wajib”. – HR. at-Tirmidzi.

Dari penjelasan di atas, kita menjadi lebih mengetahui bahwa bacaan tahmid dan kalimat dzikir lainnya merupakan hal yang penting untuk kita amalkan setiap selesai shalat. Kita bisa menjadikannya penting, sebagaimana melaksanakan shalat itu sendiri. Selain mendapatkan syafaat kita juga akan mendapatkan manfaat dari mengamalkannya.

Jika dibaca bacaan tahmid merupakan kalimat sederhana yang menyampaikan kalimat syukur kepada Allah SWT Yang Maha Kuasa dan Yang Maha Memiliki SegalaNya. Sudah sepatutnya sebagai umat muslim yang beriman dan berkeyakinan terhadap hal tersebut, kita wajib mengamalkannya setiap shalat. Karena setiap amalan baik, pada akhirnya akan kembali untuk kita.

Oleh sebab itu, mengamalkan bacaan tahmid dan dzikir lainnya setelah shalat fardu dapat memberikan manfaat. Berikut ini akan dijelaskan beberapa manfaat yang akan kita dapatkan dengan mengamalkan kalimat atau lafadz yang telah kita bahas di atas.

BACA JUGA: Pengertian Qada & Qadar dan Hikmah Mengimaninya Dalam Islam

Manfaat Dzikir Bacaan Tahmid

surakartadaily

Bacaan tahmid adalah kalimat alhamdulillah yang bermakna bahwa kita memberikan pujian dan syukur kepada Allah SWT dan mengakui bahwa segala kesempurnaan adalah milik Allah SWT semata.  Tahmid termasuk dalam lafadz dzikir, sebagaimana tashbih, takbir dan tahlil. Terdapat beberapa menfaat yang akan kita dapatkan jika kita mengamalkannya setiap hari. Yaitu:

  • Meningkatkan derajat kita di sisi Allah SWT.
  • Kalimat dzikir merupakan kunci ibadah, yang dapat membuka ibadah lainnya.
  • Membaca dzikir akan mendapatkan rahmat dari Allah SWT.
  • Dapat melapangkan hati dan menguatkan iman.
  • Dapat memutus kehendak setan dan gangguannya serta menolak bencana.

Berdasarkan dari manfaat di atas, sudah seharusnya sebagai seorang muslim yang taat kita senantiasa membaca lafadz dzikir setiap harinya. Selain dapat meningkatkan keimanan, kita juga bisa mendapatkan syafaat lain sebagaimana yang telah dijelaskan di atas.

Itulah penjelasan mengenai bacaan tahmid. Semoga penjelasan di atas bisa membuat kita untuk lebih taat lagi beribadah. Tidak meninggalkan ibadah fardhu, serta senantiasa melaksanakan ibadah sunnah agar amalan dapat lebih disempurnakan lagi. Dengan begitu kita bisa menjadi pribadi yang lebih dekat lagi dengan Allah SWT.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.