kapan puasa

Sudah memasuki bulan Februari, sudah banyak yang bertanya tahun ini puasa kapan dimulai. Setiap tahunnya, puasa ramadan selalu menjadi momen yang paling ditunggu oleh setiap umat muslim di dunia. Di Indonesia sendiri, bulan puasa menjadi moment spesial, hal tersebut dikarenakan mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam.

Beberapa organiasasi massa Islam di Indonesia dan Majelis Ulama Indonesia telah merilis tanggal perkiraan bulan ramadan tahun 2022 ini. Tentu Sedulur juga penasarankan, tahun ini tanggal berapa puasa dimulai. Untuk menghilangkan rasa penasaran puasa kapan, yuk kita simak ulasan di bawah ini!

BACA JUGA: 6 Ide Jualan Takjil yang Paling Laris di Bulan Puasa

Puasa Ramadan Tahun 2022

puasa kapan
kumparan

Untuk menjawab kapan puasa di tahun 2022 ini, merujuk pada pengumuman yang dikeluarkan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah, berdasarkan website resmi dari Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah, puasa ramadan 2022 akan dimulai pada tanggal 2 April 2022. Dengan begitu setidaknya kita tidak bertanya lagi puasa kapan berlangsung tahun ini.

-->

Puasa ramadan akan berlangsung selam 30 hari penuh, yang artinya selama satu bulan penuh. Setelah ramadan selesai, kemudian akan dilanjut dengan merayakan Idul Fitri pada 1 Syawal 1443 H yang kemungkinan bertepatan dengan tanggal 2-3 Mei 2022, diperkirakan pada hari Senin atau Selasa.

Kapan puasa 2022 yang diperkirakan jatuh antara tanggal 1-2 April 2022 ini masih belum pasti. Karena terdapat syarat untuk menentukan kapan puasa ramadhan 2022, yaitu terlihatnya hilal. Ini dapat dilihat pada dua atau satu hari sebelum bulan ramadhan, dan dimulainya bulan puasa.

BACA JUGA: Bacaan Doa Sahur dan Niat Puasa Ramadhan yang Benar!

Kriterian Penetapan Kalender Hijirah secara Global

puasa kapan
ilmusains

Penentuan puasa kapan sedikit rumit, karena sering terjadi beberapa perbedaan di Indonesia. Setiap ormas Islam selalu yakin dengan perhitungannya masing-masing. Untuk mencegah hal ini, pada Kongres Internasional Unifikasi Kalender Hijriah Global yang terlaksana di Istambul pada tahun 2016 lalu, menentukan beberapa kriteria yang dikenal dengan istilah Kriteria Istanbul. Kriteria tersebut terdiri dari:

  1. Seluruh dunia dipandang sebagai satu kesatuan, sehingga bulan baru dimulai pada hari yang sama.
  2. Awal bulan baru adalah saat terjadi imkan rukyat di belahan bumi manapun, sebelum pukul 12 malam (00.00 GMT/07.00 WIB).
  3. Syarat ketinggian hilal penetapan bulan baru minimal 5 derajat dan elongasi paling sedikit 8 derajat, saat terbenam matahari.
  4. Apabila imkan rukyat pertama di muka bumi terjadi melewati pukul 12 malam (00.00 GMT/07.00 WIB) bulan baru tetap dimulai dengan beberapa syarat.

Syarat menentukan imkan rukyat pertama di bumi yang terjadi melewati pukul 12 malam (00.00 GMT/07.00 WIB) yaitu sebagai berikut:

  • Kriteria imkan rukyat terpenuhi dan terjadi konjungsi sebelum fajar di New Zealand
  • Imkan rukyat terjadi di daratan Amerika, bukan di lautan.

Kalender Hijriah global sementara ini tidak hanya untuk menetapkan kapan bulan puasa tahun 2022 di mulai, tapi juga momen ibadah lain dan fenomena luar angkasa. Termasuk juga dapat menentukan hitungan berapa hari lagi lebaran dalam setiap tahunnya.

Dengan adanya kalender global hijriah di atas dapat menjadi sebuah sarana sosialisasi terkait pentingnya penanggalan sesuai kalender Islam yang berlaku secara internasional dan sudan disepakati oleh para ahli dan alim ulama internasional

Bukan hanya untuk menetapkan puasa kapan dan hari raya Islam lainnya, namun juga untuk jenis ibadah-ibadah lainnya. Hal ini akan lebih membuat keselarasan umat muslim dunia, dan meminimalisir terjadinya perbedaan yang cenderung memecah belah persatuan umat Islam itu sendiri

Sekian pembahasan untuk menjawab rasa penasaran kita puasa kapan akan dilaksanakan di tahun 2022 ini. Bulan April adalah bulan yang akan kita jalani dengan ibadah puasa, terhitung dua bulan kurang dari saat ini. Kita seharusnya kita mempersiapkan segala sesuatunya agar dapat menjalankan ibadah dengan lancar.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.