syafakallah

Sedulur pasti sering mendengar atau membaca kata syafakallah. Kata ini merupakan kata yang berasal dari bahasa Arab dan digunakan untuk mendoakan seseorang ketika sakit, agar segera mendapatkan kesembuhan dari Allah SWT.

Namun selain kata syafakallah, terdapat juga kata syafakillah dan syafahallah. Jika Sedulur tidak mengetahui benar pengertian dan penggunaannya. Sulit untuk mengetahui perbedaan ketiga kata di atas.

Jangan khawatir, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama pengertian dari kata ini dan contoh penggunaannya agar Sedulur semakin paham lagi.

BACA JUGA: Doa Menghilangkan Jerawat Beserta Cara & Tips Mengatasinya

Arti dan perbedaan syafakallah, syafakillah dan syafahallah

syafakallah
Unsplash

Pada dasarnya syafakallah adalah kata yang digunakan untuk mendoakan seseorang yang sedang sakit agar mendapatkan kesembuhan dari Allah SWT. Begitu juga dengan dua kalimat lainnya, ketiga kalimat di atas memiliki pengertian yang sama.

Lantas, jika memiliki pengertian yang sama, mengapa ketiga kalimat tersebut memiliki pengucapan yang berbeda? Jawabannya sederhana, karena dalam bahasa Arab setiap kata dibedakan berdasarkan gender (jenis kelamin). Agar Sedulur lebih paham lagi, yuk mari langsung simak penjelasannya di bawah ini!

Arti syafakallah

syafakallah
Unsplash

Kata syafakallah memiliki arti “Semoga Allah menyembuhkanmu (laki-laki)”. Kata ini dipakai untuk mendoakan kesembuhan seorang laki-laki secara langsung, baik bertatap muka maupun tidak. Artinya: “Semoga Allah menyembuhkanmu secepatnya dengan kesembuhan yang tiada sakit selepasnya.”

Contoh penggunaan kata syafakallah untuk lelaki bisa Sedulur lihat dalam kalimat ini: syafakallah syifaan ajilan, syifaan la yughadiru ba’dahu saqaman. Artinya adalah “Semoga Allah menyembuhkanmu secepatnya dengan kesembuhan yang tiada sakit selepasnya.

Arti syafakillah

Unsplash

Secara sederhana, syafakillah adalah penggunaan syafakallah untuk perempuan. Arti kata syafakillah yaitu “semoga Allah menyembuhkanmu (perempuan)”. Kata Syafakillah dipakai untuk mendoakan kesembuhan bagi seorang perempuan secara langsung, baik bertatap muka maupun tidak.

Contoh penggunaan kata tersebut adalah sebagai berikut: syafakillah syifaan ajilan, syifaan la yughadiru ba’dahu saqaman Artinya: “semoga Allah menyembuhkanmu secepatnya dengan kesembuhan yang tiada sakit selepasnya.”

Arti syafahallah

AQL Peduli

Dalam penggunaan syafakallah Arab, digunakan untuk tujuan mendoakan seseorang. Selain dua kata di atas, terdapat juga kata syafahallah. Artinya adalah “semoga Allah memberikan kesembuah kepadanya (perempuan)”.

Pada dasarnya seringkali digunakan untuk mendoakan anak perempuan agar segera sembuh dari penyakitnya. Namun digunakan sebagai kalimat tidak langsung agar seseorang (perempuan) tersebut segera sembuh.

Begitu juga dengan pengertian kalimah syafahumullah atau syafakumullah, yang merupakan penggunaan kalimat yang jelas ditujukan untuk seseorang dengan kondisi tertentu.

BACA JUGA: 7 Doa Perjalanan Jauh agar Dilindungi & Selamat Sampai Tujuan

Setelah Sedulur mengetahui syafakallah artinya dan jawabannya di atas, Sedulur juga harus mengetahui beberapa doa yang bisa digunakan untuk mendoakan seseorang. Nah, berikut ini adalah daftar doa yang bisa Sedulur panjatkan untuk mendoakan seseorang yang tengah sakit, yaitu:

1. Doa terlindung dari penyakit

Deposit Photos

Sambil berusaha berobat dan menyembuhkan penyakit, sebagai umat muslim yang beriman, Sedulur juga wajib membaca doa agar segera terhindar dari penyakit. Adapun bacaan doanya adalah sebagai berikut:

“Allah humma Rabban-naas, adhhibil-ba, washfi antash-Shaafi laa shifaa’a illaa shifaa’uka shifaa’an laa yughaadiru saqamaa”

Artinya: “Ya Allah, Tuhan umat manusia, singkirkan penderitaanku. Sembuhkanlah (saya) karena Engkaulah satu-satunya Penyembuh dan tidak ada obat kecuali milik Anda, itu adalah yang tidak meninggalkan penyakit ”

2. Doa terlindung dari bencana

Toptenid

Bencana juga bisa menyebabkan penyakit atau rasa sakit. Agar terlindung dari bencana, Sedulur bisa membacakan doa di bawah ini:

“Allah humma’h fathny min bayne yaday wa min khalfi, wa’an yameeny wa ‘yang shimaly, wa min fawqi, wa a’uthu bi’ athamatika dan ughtala min tahty”

Artinya: “Ya Allah, lindungi aku dari depanku, di belakangku, dari kanan dan kiriku, dan dari atasku, dan aku berlindung pada Yang Mulia agar tidak disadari dari bawah.”

3. Doa karena takut dan cemas

NU Online

Sedulur juga bisa membaca doa perlindungan ketika Sedulur merasa takut atau cemas. Bacaan doa yang bisa Sedulur ucapkan adalah sebagai berikut:

“Allah hummak-fineeyhim bi maa shi’ta”

Artinya: “Ya Allah, cukuplah (yaitu, lindungi) aku terhadap mereka bagaimanapun keinginanmu.”

Selain doa di atas, Sedulur juga bisa memanjatkan doa untuk mendapatkan perlindungan terutama untuk keluarga agar terhindari dari setiap kejahatan. Adapun bacaan doa yang bisa Sedulur panjatkan yaitu sebagai berikut:

“A’udhu bi kalimaa ti-llaahi taam-maati min sharri ma khalaq”

Artinya: “Aku mencari perlindungan dalam kata-kata sempurna Allah dari setiap kejahatan yang telah diciptakan.”

Doa di atas dibacakan ketika Rasulullah SAW memanjatkan doa untuk cucunya, yaitu Hasan dah Husain. Doa di atas berdasarkan riwayat dari Hadist Muslim.

Bacaan doa di atas bisa dibacakan untuk mendapatkan kesembuhan, dan juga bisa dibacakan untuk mendapatkan kesembuhan bagi setiap kerabat yang tengah sakit. Ketika menjenguk orang sakit pun setiap umat muslim disarankan untuk membaca doa. Doa-doa yang telah dibacakan di atas, bisa Sedulur panjatkan.

Nah itulah pengertian syafakallah rumaysho beserta dengan perbedaan dengan kata lain yang memiliki pengertian yang sama namun beda penggunaannya. Semoga dengan membaca doa di atas, setiap orang yang sakit bisa mendapatkan kesembuhan.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.