Apa itu surel

Sedulur tentu sudah tidak asing dengan istilah surel. Surel adalah singkatan dari surat elektronik atau yang sering disebut juga dengan email. Tak hanya berfungsi untuk mengirim teks, surel juga berfungsi untuk mengirim gambar, foto dan juga video.

Di era yang sudah serba digital, surel menjadi alat yang sangat membantu segala aktivitas pekerjaan manusia agar bisa lebih mudah dan juga praktis. Jika Sedulur masih belum memahami dan bingung tentang surel, mari simak  penjelasan tentang apa itu surel dan contohnya di bawah ini. 

BACA JUGA : 15 Rekomendasi HP 2 Jutaan Terbaik 2022 Beserta Harganya

Pengertian surel

surel adalah
Freepik

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, surel adalah singkatan dari surat elektronik. Jika pada umumnya surat ditulis pada selembar kertas, akan tetapi surel ini berbeda. Surel dibuat dengan menggunakan sebuah perangkat digital seperti laptop, PC, atau juga ponsel. Lalu biasanya surel dikirim kepada orang lain melalui internet.

Untuk dapat mengirim surel. Sedulur harus mempunyai alamat surel yang berisi identitas pemilik akun berupa username. Surel berfungsi untuk mengirim pesan berupa teks, gambar, file dan juga video. Surel sangat memudahkan penggunanya dalam mengirim surat karena hanya membutuhkan sambungan internet, tanpa harus datang ke kantor pos. Kecepatan pengiriman surel juga jauh lebih cepat dibandingkan dengan surat konvensional yang harus menunggu beberapa hari.

Sejarah Surel

Freepik

Dilansir dari ideabox.co.id, pada tahun 1960 sebenarnya surel sudah mulai digunakan. Akan tetapi saat itu belum ada koneksi internet yang masuk seperti sekarang ini. Penggunaan sural hanya dilakukan dengan menggunakan mainframe yang membentuk sebuah jaringan. Mainframe merupakan sebuah komputer berukuran besar yang umumnya digunakan untuk mengolah data dan aplikasi. Orang yang pertama kali mengemukakan konsep surel ini adalah Ray Tomlinson pada akhir tahun 1971.

Ray pada saat itu bekerja di perusahaan Bolt Beranek and Newman (BBN), yaitu sebuah lembaga pertahanan Amerika yang bereksperimen dengan program komputer bernama SNDMSG. Program ini digunakan untuk meninggalkan pesan di komputer. Sehingga siapa pun yang memakai komputer akan melihat pesan yang ditinggalkan tersebut. Hal ini sangat umum karena pada saat itu produksi komputer belum banyak sehingga satu komputer bisa dipakai oleh beberapa orang secara bergantian.

Ray kemudian melanjutkan eksperimennya dengan cara menghubungkan SNDMSG ke file protokol yang bernama CYPNET. Eksperimen ini membuahkan hasil yang mana pesan dapat dikirimkan ke komputer lain, tetapi masih dalam satu jaringan ARPAnet. Dan inilah yang menjadi tonggak awal terciptanya surel. Sejarah telah mencatat, surel yang dikirimkan Ray pertama berisi pesan QWERTYUIOP.

Kemudian pada tahun 1972, Ray memperkenalkan simbol @ yang dibaca: et untuk identitas surel. Simbol tersebut berdad di tengah dan digunakan untuk memisahkan antara pengguna dengan domain. Baru pada tahun 1980-an, surel sudah bisa digunakan oleh masyarakat umum.

BACA JUGA : Peta Dunia Beserta Nama Negara dan Sejarahnya

Cara membuat surel

surel adalah
Search Engine Journal

Surel dapat dibuat menggunakan beberapa layanan, seperti Gmail, Yahoo dan juga Outlook. Berikut cara membuat surel yang perlu Sedulur ketahui.

1. Cara membuat surel melalui Gmail

Pixabay

Berikut langkah-langkah membuat surel email menggunakan Gmail. 

  1. Buka gmail.com di browser komputer maupun HP.
  2. Kemudian klik Buat Akun.
  3. Pilih untuk diri sendiri.
  4. Setelah itu lengkapi semua data, seperti nama dan juga kata sandi.
  5. Kemudian masukkan nomor Sedulur yang aktif.
  6. Isi tanggal kelahiran.
  7. Jika muncul menu Privasi dan Persyaratan, klik Saya Setuju.
  8. Akun surel Gmail sudah aktif.

2. Cara membuat surel melalui Yahoo

Freepik

Simak langkah-langkah membuat surel melalui Yahoo.

  1. Buka Yahoo Mail.
  2. Klik Create an Account
  3. Setelah itu isi semua data dengan lengkap seperti nama, user name, kata sandi, nomor ponsel dan tanggal lahir.
  4. Setelah itu klik Continue.
  5. Cek SMS yang masuk dari Yahoo ke nomor ponsel yang sebelumnya sudah dimasukkan.
  6. Lalu, masukkan kode verifikasi dan klik Verify.
  7. Terakhir klik done dan Sedulur akan di bawa ke halaman utama Yahoo Mail.

Cara mengirim surel

surel adalah
Freepik

Setelah membuat akun surel, berikut panduan cara mengirim surel yang perlu Sedulur ketahui.

  • Klik tanda (+ tulis) di atas tulisan kotak masuk.
  • Nanti akan muncul pop up di sebelah kanan bawah.
  • Isi dengan format sebagai berikut:
    • Kepada: isi alamat surel yang dituju.
    • Subjek: berisi judul dari pesan yang akan dikirim
    • Pesan: pesan atau isi utama dari surel

BACA JUGA : Manfaat Tumbuhan Bagi Lingkungan Rumah, Perlu Diketahui

Kelebihan dan kekurangan surel

freepik

Kelebihan

  • Lebih mudah dan praktis.
  • Pengiriman dapat di mana saja dan kapan saja selama terhubung dengan internet.
  • Memiliki jangkauan yang luas.
  • Lebih menghemat biaya.

Kelemahan 

  • Harus selalu terhubung dengan internet saat ingin mengirim surel.
  • Tidak dapat terkirim jika alamat penerima salah dalam penulisan.
  • Surel dapat digunakan untuk tindakan kriminal oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dan akan merugikan korban, contohnya adalah penipuan, phising, spam, dan pencurian identitas melalui link palsu.

Perbedaan surel dan email

Email atau elekrtronik mail dalam Bahasa Indonesia disebut juga dengan surel atau surat elektronik yang merupakan sarana untuk mengirim surat menggunakan jaringan internet. Jadi perbedaan antara surel dan email hanya pada penyebutannya namanya saja, sedangkan maksudnya adalah sama yaitu surat elektronik. 

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian dan juga contoh surel adalah. Banyak sekali manfaat menggunakan surel, diantaranya lebih mudah, praktis dan lebih hemar biaya. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.