Pernahkah Sedulur membuat surat izin tidak masuk sekolah? Ya, surat izin tersebut biasa dibuat dari siswa untuk pihak sekolah ketika ia tidak dapat menghadiri sesi kegiatan belajar mengajar. Surat izin ini menjadi penting karena akan memberikan konfirmasi serta informasi terkait absennya seorang siswa di kelas.

Sebuah surat izin sekolah biasanya akan mencakup beberapa hal. Yang terpenting, surat tersebut harus menuliskan alasan kenapa siswa tidak dapat masuk ke sekolah dan juga durasi izinnya. Surat izin yang termasuk ke salah satu surat resmi tersebut lazim dibuat oleh wali siswa dan kemudian diserahkan kepada pihak sekolah.

Apakah Sedulur sedang mencari contoh surat izin sekolah dan bagaimana cara membuatnya? Jangan kebingungan dulu, simak beberapa informasi bermanfaat berikut ini, ya!

BACA JUGA:  Jenis-jenis Sampah yang Ada di Sekitar & Cara Mengelolanya

Cara membuat dan format surat izin tidak masuk sekolah

Depositphotos

Sebelum membahas mengenai contoh surat izin untuk tidak masuk ke sekolah, ada baiknya bagi Sedulur untuk mengetahui cara membuat surat izin tersebut dan apa saja format-formatnya. Ya, walaupun terkesan sepele, tetapi surat izin untuk tidak menghadiri kelas di sekolah ini harus dibuat serapi dan seresmi mungkin, loh Sedulur!

Hal tersebut dikarenakan Sedulur akan meminta izin langsung dengan perantara surat kepada wali kelas yang bersangkutan. Permohonan tersebut tidak dapat dilakukan sembarangan karena dapat bersangkutan dengan penilaian wali kelas terhadap siswanya. Selain itu, surat izin akan menjadi bukti ketika wali kelas merekap kehadiran siswa di akhir semester.

Maka dari itu, yuk simak dahulu bagaimana cara membuat dan juga format surat izin tersebut!

BACA JUGA: Kenali Makanan yang Mengandung Kalsium Selain Susu!

  1. Tujuan pengiriman surat izin

Layaknya surat-surat yang lain, surat izin ini juga pastinya memiliki tujuan kepada siapa ia dikirim. Fungsi dari bagian ini adalah untuk memperjelas kepada siapa surat izin tersebut ditujukan. 

Sedulur yang ingin membuat surat izin sekolah dapat menujukannya kepada kepala sekolah, wali kelas, guru pelajaran tertentu, atau siapa saja warga sekolah yang sekiranya bertanggung jawab atas kehadiran siswa.

  1. Alasan izin

Sesuai dengan nama dan tujuannya, surat izin sekolah pasti akan mencantumkan alasan tertentu kenapa siswa tidak dapat menghadiri sesi kegiatan belajar mengajar. Sedulur dapat menjelaskan secara singkat alasan tersebut, entah itu karena sakit, acara keluarga, atau keperluan lainnya yang menghalangi kehadiran siswa.

Jangan lupa, buat alasan tersebut selogis mungkin, ya Sedulur! Hal tersebut dilakukan agar penerima surat izin dapat memahami alasan dan memberikan izin kepada siswa untuk tidak menghadiri kegiatan sekolah.

  1. Tanggal dan tempat pembuatan surat izin

Satu hal yang sering terlupakan ketika menulis surat izin adalah tanggal dan tempat pembuatan surat izin. Seperti yang telah disebutkan pada paragraf di atas, surat izin sekolah termasuk ke dalam salah satu surat resmi. Terlebih lagi karena surat tersebut menyangkut performa akademik siswa.

Jadi, Sedulur harus tetap mencantumkan tanggal dan tempat pembuatan surat izin. Informasi tersebut nantinya akan dapat menjadi tambahan pertimbangan bagi penerima surat untuk memberikan izin kepada siswa yang bersangkutan.

  1. Alamat tujuan surat izin

Alamat tujuan surat izin juga menjadi bagian penting yang harus dituliskan pada surat. Selain untuk membuatnya semakin resmi, tetapi juga memberikan kejelasan kepada siapa dan dimana surat tersebut ditujukan.

  1. Isi surat izin

Terakhir, pastikan surat izin tidak masuk sekolah tersebut memiliki isi yang jelas. Dengan isi yang jelas, penerima surat akan lebih mudah untuk mencerna informasi apa yang hendak disampaikan dalam surat tersebut.

BACA JUGA: Pengertian Ikhlas Beserta Ciri dan Contohnya dalam Islam

Contoh surat izin tidak masuk sekolah karena berbagai kepentingan

Setelah Sedulur mengetahui tentang bagaimana caranya membuat surat izin tersebut, sekarang saatnya kita mengulas sedikit tentang 10 contoh surat izin tidak masuk sekolah. Contoh-contoh dibawah dapat Sedulur jadikan referensi untuk membuat surat izin dengan berbagai alasan.

BACA JUGA: Dasa Dharma Pramuka Lengkap dengan Isi dan Maknanya

1. Contoh surat izin sekolah karena kepentingan pribadi

surat izin tidak masuk sekolah
99.co

Di atas adalah salah satu contoh surat izin bagi siswa yang tidak dapat masuk ke sekolah karena kepentingan pribadi.

2. Contoh surat izin sekolah karena mengikuti turnamen

surat izin tidak masuk sekolah
99.co

Di atas adalah salah satu contoh surat izin bagi siswa yang tidak dapat masuk ke sekolah karena mengikuti turnamen.

3. Contoh surat dengan tulis tangan

surat izin tidak masuk sekolah
99.co

4. Contoh surat izin sekolah karena pergi ke luar kota

surat izin tidak masuk sekolah
99.co

5. Contoh surat lewat WhatsApp

surat izin tidak masuk sekolah
99.co

6. Contoh surat izin sekolah untuk siswa SD

surat izin tidak masuk sekolah
99.co

7. Contoh surat izin sekolah untuk siswa SMP

99.co

8. Contoh surat izin sekolah untuk siswa SMA

99.co

9. Contoh surat karena urusan keluarga

123dok

Di atas adalah salah satu contoh surat izin bagi siswa yang tidak dapat masuk ke sekolah karena urusan keluarga.

10. Contoh surat izin sekolah disertai surat dokter

99.co

Di atas adalah salah satu contoh surat izin bagi siswa yang tidak dapat masuk ke sekolah karena sakit dan disertai juga dengan surat keterangan dokter.

Nah Sedulur, di atas merupakan informasi singkat mengenai beberapa contoh surat izin tidak masuk sekolah yang dapat dijadikan referensi. Contoh-contoh di atas juga mencakup berbagai surat izin dengan alasan-alasan tertentu, seperti karena kepentingan pribadi, urusan keluarga, sakit, dan lain sebagainya.

Untuk membuat surat izin ini, Sedulur perlu memperhatikan beberapa hal. Di antaranya adalah tujuan kemana dikirimkannya surat, alamat, tanggal pembuatan, alasan, serta isi keseluruhan surat tersebut. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur dan menambah pengetahuan serta wawasan tentang salah satu jenis surat izin, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.