surat al kautsar

Surat Al Kautsar diturunkan setelah surat Al Adiyat. Surat Al Kautsar diturunkan di kota Makkah sehingga membuat surah ini masuk dalam golongan Makkiyah. Surah ini termasuk dalam surat pendek yang sering menjadi langganan bacaan salat lima waktu setiap umat muslim.

Sebagaimana yang kita ketahui, Allah SWT menurunkan setiap surah di dalam Al-Qur’an sebagai pedoman dan petunjuk yang memiliki keutamaan di dalamnya. Termasuk surat Al Kautsar itu sendiri. Lantas, apa saja keutamaan dari surah ini? Yuk, mari simak penjelasan lengkapnya di bawah!

BACA JUGA: Bacaan Surat Al Qadr Beserta Arti, Kandungan & Keutamaanya

Bacaan surat Al Kautsar Arab dan latin

surat al kautsar
Detik

اِنَّآ اَعْطَيْنٰكَ الْكَوْثَرَۗ فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْۗ اِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْاَبْتَرُ
Inna a’thoina kalkautsar. Fasholli lirobbika wanhar. Innasyaani akahuwal abtar.

Artinya: “Sungguh, Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak. Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah). Sungguh, orang-orang yang membencimu dialah yang terputus (dari rahmat Allah).”

Dari bacaan di atas, beberapa ahli dan para alim ulama pakar tafsir Al-Qur’an menjelaskan terdapat beberapa keutamaan dari Al Kautsar. Kita yang awam saja, jika membaca surat Al Kautsar latin dan artinya, sedikit banyak dapat mengambil makna dari surah ini. Adapun keutamaan lengkap dari surat Al Kautsar adalah sebagai berikut.

1. Diberi nikmat oleh Allah SWT

Hadila

Mengetahui surat Al Kautsar artinya, kita paham tentang kandungan dan keutamaan yang ada di dalam surah ini. Dalam Al-Qur’an, Al Kautsar artinya adalah nikmat yang banyak. Ini diambil dari ayat pertama dari surah ini, yang artinya karunia Allah SWT berupa telaga Al Kautsar bagi orang-orang penghuni surga.

Ketika membaca Al-Qur’an, kita melihat Al Kautsar mengalir dengan kekayaan bagi semua orang yang mendekatinya. Al Kautsar artinya adalah kelimpahan yang digunakan untuk melambangkan kebaikan dan segala rezeki serta karunia dari Allah SWT. Kebaikan yang melimpah dan tiada habisnya ini, benar-benar melawan segala fitnah yang dikatakan orang-orang kafir tentang Nabi Muhammad SAW.

2. Menyembuhkan penyakit

surat al kautsar
Tribunnews

Al Kautsar berapa ayat? Jawabannya adalah tiga ayat. Salah satu surat dengan ayat pendek yang memiliki manfaat bagi setiap umat muslim. Salah satu keutamaan dan manfaat surat Al Kautsar yaitu dapat menyembuhkan penyakit. Segala penyakit yang diderita dapat disembukan atas kuasa Allah SWT.

Jika surah ini diamalkan setiap hari dengan memohon kesembuhan, maka Allah SWT akan mengangkat segala jenis penyakit di dalam tubuh. Sebagian ulama mengatakan, Al Kautsar melambangkan sungai di surga. Sungai yang disebutkan dalam beberapa hadis hanyalah contoh dari kelimpahan yang tidak terbatas ini. Kelimpahan rezeki sehat dan mendapatkan kesembuhan merupakan bagian dari keutamaan surah ini.

3. Rumah tangga yang harmonis

Media Dakwah

Keutamaan surat Al Kautsar ayat 1-3 adalah mendapatkan rumah tangga yang harmonis. Bagi setiap umat muslim yang telah berumah tangga, bisa mengamalkannya untuk mendapatkan keharmonisan rumah tangga. Bukan hanya rumah tangga harmonis, surat Al Kautsar juga dapat membebaskan kita dari kezaliman.

Keutamaan surat Al Kautsar selanjutnya adalah jika seorang muslim sedang dizalimi orang lain, kemudian ia membaca surat Al Kautsar sebanyak 71 kali dengan hati ikhlas dan berserah diri kepada Allah. Maka ia akan terbebas dari kezaliman tersebut. Bukan hanya itu, Allah juga akan memberikan ketenangan hati bagi setiap umat muslim yang mengamalkan surah ini. Ketenangan dan ketentraman hati merupakan tujuan setiap umat muslim.

BACA JUGA: Surat Al Maun Beserta Arab, Latin, Kandungan & Keutamaanya

4. Menenangkan hati

surat al kautsar
Detik

Keutamaan dalam surah ini selanjutnya yaitu dapat memberikan ketenangan hati. Setiap manusia wajar jika sering kali menghadapi banyak masalah dalam hidupnya. Surah ini memiliki khasiat menenangkan hati dan menghilangkan rasa gundah gulana yang dialami oleh manusia.

Bukan hanya itu, surat Al Kautsar juga memiliki khasiat dapat meluluhkan hati seseorang. Hal tersebut tentu saja atas kehendak dari Allah SWT. Untuk setiap persoalan hati, jiwa, dan pikiran, kita bisa mengamalkan surah ini sebanyak 3 kali setiap harinya. Maka, Allah SWT akan segera memberikan ketenang hati kepada setiap umatnya.

5. Mengabulkan doa

Pikiran Rakyat

Keutamaan surah Al Kautsar yang terakhir yaitu doa akan terkabul. Mintalah apa saja keinginan hanya kepada Allah. Jika Allah mengabulkannya maka itu yang terbaik, jika tidak Allah akan menggantikannya dengan yang lebih baik. Tentu saja doa akan terkabul jika diiringi dengan usaha dan ikhtiar. Usaha dan ikhtiar saja tidak akan memiliki pondasi yang kuat jika tidak dibarengi dengan doa. Hal tersebut akan lebih bermanfaat jika diiringi dengan membaca surah ini.

Itulah bacaan dari surah Al Kautsar beserta arti dan khasiat yang terdapat di dalamnya. Semoga penjelasan di atas bisa menambah wawasan Sedulur terkait agama Islam serta membantu lebih giat lagi dalam melakukan ibadah. Terutama di bulan puasa kali ini, kita harus meningkatkan ibadah setiap harinya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!