subathon

Subathon merupakan salah satu kegiatan streaming non stop yang dilakukan oleh streamer online untuk mendulang subscribers. Subscribers sendiri merupakan salah satu patokan bagi para streamer untuk mengukur seberapa berpengaruh streamer tersebut di dunia maya.

Bagi Sedulur yang masih bingung tentang apa itu subhaton, tenang karena kita akan membahas subathon secara lebih lengkap dan bagaimana fenomena yang ada di dunia stremer ini dapat viral serta menjadi tren di kalangan anak muda. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Wireless Earphone Terbaik & Terbaru 2022

Apa itu subathon?

Detik

Subathon merupakan singkatan dari subcribe marathon. Ini merupakan tantangan atau challenge yang dilakukan streamer untuk mendapatkan subscriber yang didapatkan dalam jumlah real time. Tantangan ini juga dilakukan secara live streaming dan dilakukan tanpa stop.

Setiap streamer yang melakukan subathon harus memperpanjang waktu live streaming mereka sesuai dengan dukungan penonton. Dukungan yang dimaksud bisa berupa donasi, subscribe, ataupun jumlah penonton.

Peraturan subathon

subathon
Detik

Aksi ini merupakan aksi yang terbilang ekstrim, karena harus live secara lama untuk mendapatkan subscribers. Bahkan live streaming yang dilakukan dengan waktu berhari-hari. Terdapat perbedaan untuk streamer yang sudah terkenal dan belum.

Untuk streamer yang belum terlalu terkenal, subathon biasanya akan berakhir dalam waktu 24 jam. Namun, streamer besar yang sudah memiliki audiens tetap bisa melangsungkan streaming selama berminggu-minggu bahkan hingga lebih dari sebulan. Sebagaimana yng Ahgren lakukan.

Untuk streamer yang baru dan belum memiliki popularitas hanya melakukannya selama 10 menit hingga 30 menit saja.

Siapa yang mempopulerkan subathon?

Lickd

Seseorang yang bertanggung jawab subathon menjadi populer adalah Ludwig Ahgren. Seorang streamer game yang menggunakan situs Twitch. Ahgren melakukannya pada tahun 2021 yang lalu. Kurang lebih, Ahgren melakukan kegiatan ini selama 31 hari tanpa henti.

Ahgren memulai streaming pada 14 Maret 2021 dan berakhir hingga 14 April 2021. Total subcribers yang didapatkan oleh Ahgren yaitu sekitar 282.000 selama satu bulan. Hal ini merupakan sebuah kegiatan yang langsung menjadikannya viral.

BACA JUGA: 20+ Situs Streaming Movie Online Film Terbaru Legal & Gratis!

Siapa streamer Indonesia yang melakukan subathon?

subathon
Healthy Gamer

Setelah subathon menjadi populer, maka hal tersebut juga menjadi tren bagi streamer di Indonesia. Beberapa streamer di Indonesia yang melakukan subathon di antaranya adalah Reza Arap, Edho Zell dan Tierieson.

Reza Arap melakukan subathon hanya dengan waktu  yang tidak sampai dua jam. Namun, walau tidak lama, donasi yang didapatkan mencapai Rp1 milliar. Bahkan ketika baru memasuki 7 menit, Reza telah mendapatkan donasi sebanyak Rp20 juta.

Sementara itu, streamer Tierieson melakukan subathon mencapai waktu 198 jam, jauh melebih Reza Arab. Tentu kegiatan ini tidak memberikan efek buruk bagi kesehatan, terutama jika dilakukan dalam waktu lama dapat mempengaruhi kesehatan.

Namun, kondisi ini karena menjadi viral lahir dan tumbuh menjadi sebuah tren. Beberapa pihak juga menyayangkan tren ini karena memberikan banyak dampak buruk bagi kesehatan dan membahayakan. Oleh karena itu banyak pihak yang menyampaikan bahaya challenge dari sisi kesehatan.

Nah itulah penjelasan terkait subathon yang berkaitan dengan dunia streamer yang tengah menjadi viral dan menjadi tren bagi pelaku streaming di dunia. Hal ini juga termasuk di Indonesia, tren ini dilakukan sejumlah streamer Indonesia.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.