Salah satu pemicu tidak harmonisnya hubungan rumah tangga adalah suami tak peduli perasaan istri. Hal ini tentu saja membuat istri menjadi terpukul. Istri tidak boleh tinggal diam ketika suami mulai menunjukan gelaja tidak memperdulikan perasaan istri. Diam tentu bukan solusi untuk mengatasi sebuah masalah.

Suami tak peduli perasaan istri merupakan salah satu bagian dari banyak masalah yang dihadapi dalam bahtera rumah tangga. Langkah pertama adalah mencari tahu apa penyebab suami tidak memperdulikan perasaan istri. Bisa saja suami sedang dalam tekanan pekerjaan atau ada permasalahan lainnya.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi tingkah suami tak peduli perasaan istri. Berikut ini adalah tips yang dijamin ampuh dan akan mengembalikan kepedulian suami kepada istrinya. Yuk, mari kita simak ulasannya!

BACA JUGA: Baca 7 Doa Ini agar Jualan Ramai Pembeli & Diberkahi Allah

Tips saat suami tak peduli perasaan istri

Husker Law

Perhatian suami merupakan hal yang sangat penting bagi seorang istri. Hal ini tak hanya membuat istri bahagia, tapi memunculkan perasaan lega karena diperhatikan. Namun, terkadang ada beberapa masalah yang mungkin istri lakukan tapi tidak dikomunikasikan oleh suami. Berikut ini merupakan tips yang bisa Sedulur coba ketika suami tak lagi peduli dengan perasaan istri. Yuk, simak bersama-sama!

1. Buat suami merasa dihargai

Depositphotos

Bisa jadi, penyebab suami tidak peduli terhadap istri disebabkan karena suami merasa tidak dihargai. Walaupun bukan berarti istri tidak menghargai suami, penyebab utama adalah kesalahpahaman. Jika memang suami tidak merasa dihargai, pertama-tama kita bisa menunjukan perasaan bahwa kita sangat menghargai suami.

Hal yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan perhatian, memberikan pujian yang tulis. Lalu membuka obrolan, menanyakan apa yang membuatnya tertekan. Sepulang kerja, kita bisa menanyakan bagaimana kondisi di kantor. Lakukan setiap hari, ketika suami hendak pergi kerja dan pulang kerja.

Abaikan terlebih dahulu respon suami, pada awalnya tentu kita akan mendapatkan respon yang tidak kita inginkan. Namun secara perlahan, ketika suami melihat ketulusan kita, suami pun akan luluh. Dari yang awalnya cuek, menjadi begitu perhatian. Tips ini bisa dicoba sekarang juga, ya!

BACA JUGA: 15 Manfaat Rebusan Daun Salam & Kayu Manis Bagi Kesehatan

2. Prioritaskan suami

Jika mendapati suami cuek terhadap kita, yang harus kita lakukan adalah koreksi diri. Apa yang salah dengan diri kita sebagai seorang istri, sehingga suami berlaku tidak peduli terhadap kita. Kita bisa mendengarkan renungan suami tak peduli perasaan istri, untuk mencari tahu penyebabnya.

Tidak akan ada asap jika tidak ada api, segala sesuatu tentu ada alasannya. Terutama jika istri merupakan seorang wanita karir, bisa jadi suami belum merasa menjadi prioritas istri. Nah, jika hal tersebut memang menjadi penyebabnya. Kita bisa menjadikan suami sebagai prioritas.

Suami tentu saja butuh dukungan dari istri. Dibalik kesuksesan seorang suami, terdapat istri yang mendukung. Suami juga ingin diberi dukungan oleh istrinya, kekasih hatinya.

3. Beri waktu untuk suami

Depositphotos

Jika Sedulur seorang muslim, suami mengabaikan perasaan istri dalam Islam sangat ketat. Hal tersebut bisa menjadi salah satu dosa suami terhadap istri. Sebagai pasangan suami istri, hal tersebut tentu saja harus dihindari. Lakukan komunikasi secara rutin. Bicarakan tentang keinginan masing-masing.

Jika suami mulai menunjukan gejala tidak peduli terhadap istri. Penyebabnya bisa jadi suami menginginkan waktunya sendiri. Dalam istilah keren saat ini, dikenal dengan sebutan me time. Setiap orang membutuhkan waktu sendiri. Di tengah tekanan pekerjaan juga tuntutan rumah tangga, suami mungkin saja menginginkan waktunya sendiri. Seorang istri bisa menghargai hal ini, dan menyediakan waktu kepada suami untuk sendiri.

BACA JUGA: Mengenal Tempe Bongkrek yang Sebabkan Keracunan Massal

4. Perhatikan penampilan

Seorang istri harus senantiasa memperhatikan penampilannya. Jangan sampai penyebab suami tidak peduli perasaan istri adalah karena penampilan istri tidak maksimal. Karena hukum suami tidak peduli istri, baik secara agama atau hukum diatur ketat, tentu saja hal tersebut harus dihindari.

Sebagai seorang istri, tampil cantik dan menarik di depan suami bisa menjadi solusi untuk membuat suami tidak lagi ceuk terhadap istrinya. Pada dasarnya, lelaki adalah mahluk visual. Kecantikan istri merupakan anugerah bagi suami. Perasaan peduli akan muncul dari suami kepada istrinya.

Tidak perlu berdandan heboh, cukup dengan berpakaian rapi, wangi, menyisir rambut agar tidak acak-acakan, hingga berdandan yang cantik agar membuat suami tertarik. Dijamin, suami akan kembali perhatian.

5. Tebar senyuman kepada suami

suami tak peduli perasaan istri
Depositphotos

Baik dalam kata bijak suami tak peduli perasaan istri atau kata bijak secara umum, senyum merupakan sedekah yang paling sederhana dan mudah dilakukan. Agar suami tidak lagi cuek terhadap istrinya, cara ampuh yang bisa dilakukan oleh seorang istri adalah dengan menebar senyuman terbaik kepada suami.

Ketika suami menunjukan gejala atau ciri-ciri suami tidak sayang pada istri, hal tersebut harus disikapi dengan bijak. Caranya adalah dengan memberikan senyuman. Meskipun pil pahit harus ditelan oleh seorang istri karena diabaikan oleh suami, jangan terpancing untuk marah dan kesal dahulu.

Berpikir, tarik nafas dan mulai memberikan senyuman kepada suami. Buat hati suami menjadi lebih baik, senyuman bisa membuat mood seseorang menjadi lebih baik. Ketika suami telah luluh, mood telah baik, dan mulai menunjukan perhatiannya. Kemudian diskusi baru bisa dilakukan. Tanyakan kepada suami, apa yang menyebabkannya tidak memperdulikan perasaan istri. Pahami dengan baik, usahakan untuk tidak dilakukan kembali, sebagai ikhtiar menghargai perasaan suami.

BACA JUGA: Cara Membuat Buket Uang yang Mudah dan Bisa Jadi Bisnis!

6. Jangan gengsi

Jika saat pacaran, lelaki dituntut untuk tidak gengsi dan menyampaikan perasaan langsung. Sementara perempuan lebih malu-malu, menahan perasaan dan adanya rasa gengsi. Namun ketika sudah menikah, terutama mendapati perilaku suami tak peduli perasaan istri, perasaan gengsi dan malu-malu harus dikesampingkan dahulu.

Sebagai suami istri, sudah sepatutnya harus saling berkomunikasi dengan baik. Termasuk dalam menyampaikan perasaan. Sebagai seorang istri, tidak perlu menunggu kata-kata suami tak peduli perasaan istri untuk mengetahuinya. Namun perlu dibaca melalui gejala dan ekspresi dari suami.

Jangan sampai berperilaku sama, seperti misal membalasnya dengan berperilaku istri tak peduli perasaan suami. Dengan begitu, masalah yang dihadapi tidak akan kunjung selesai. Pertama-tama tidak boleh gengsi dalam menyampaikan perasaan. Terbuka dan diskusikan segala hal yang dapat menyebabkan masalah.

7. Bangun suasana romantis

suami tak peduli perasaan istri
Depositphotos

Agar tidak merasakan ciri suami peduli istri, sebagai seorang istri harus turut membangun suasana yang romantis. Membangun suasana romantis juga bisa menjadi solusi untuk mengatasi suami yang cuek terhadap istri. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membangun suasana romantis, seperti misa memasak makanan kesukaan, memberi kejutan-kejutan kecil dan lain sebagainya.

Agar perilaku suami tak peduli perasaan istri tidak terjadi lagi, jadwalkan secara rutin kencan di luar, entah itu berlibur bersama atau makan malam bersama. Hal ini bisa memperkuat hubungan dan menghilangkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti suami yang tidak mempedulikan perasaan istri.

BACA JUGA: 17 Rekomendasi Pelembab Wajah untuk Kulit Kering Terbaik

8. Berdiskusi dengan suami

Karena komunikasi adalah kunci, jika beberapa tips di atas tidak turut mengubah perilaku suami tak peduli perasaan istri, jalan keluar terakhir adalah mengajak suami berbicara. Diskusikan segala hal yang dirasakan. Sampaikan betapa perihnya tidak diperlakukan sebagaimana mestinya oleh suami.

Sampaikan segala keluh kesah, terutama jika membawa keluarga masing-masing. Jika suami tidak peduli keluarga istri, bisa jadi hal tersebut dipicu oleh perasaan cuek suami kepada istri. Lakukan komunikasi, bicarakan dan cari solusi agar hal tersebut tidak lagi terjadi.

Tanda-tanda saat suami tak peduli perasaan istri

Pexels

Ketika hubungan suami istri menjadi tidak harmonis, pasti sebelumnya sudah muncul tanda-tandanya terlebih dahulu. Ibarat penyakit, tanda-tanda tersebut sangat penting untuk dicermati agar dapat dihindari atau juga dapat diketahui penyebabnya.

Sejatinya terdapat banyak sekali tanda-tanda saat suami tak peduli perasaan istri. Namun, artikel ini sudah menyimpulkan setidaknya 15 tanda yang paling lazim dialami, mulai dari tidak menghargai pendapat dan perasaan istri, ada niatan untuk berpisah, menjadi sangat sibuk. Yuk, simak bersama-sama!

1. Muncul sikap egois dari suami

Pexels

Tanda yang pertama adalah munculnya sikap egois dari suami. Apabila Sedulur mendapati suami menjadi lebih mementingkan diri sendiri, mungkin sudah sepatutnya bagi Sedulur untuk waspada. Hal tersebut dapat menandakan bahwa ia tidak lagi peduli dengan perasaan Sedulur.

Suami akan lebih sering mengutamakan perasaannya, keinginannya, dan juga kegiatannya ketimbang kebutuhan istri sendiri. Duh, melelahkan, ya? 

2. Tidak menghargai pendapat dan perasaan istri

Salah satu ciri-ciri yang paling kentara ketika hubungan rumah tangga sudah mulai retak adalah suami tidak lagi menghargai pendapat dan perasaan istri. Bagaimanapun caranya Sedulur ingin menyampaikan pendapat untuk menengahi masalah yang terjadi, suami akan memandang Sedulur dengan sebelah mata. Tentunya hal ini akan menjadi penghambat hubungan Sedulur dengan suami.

3. Ada niatan untuk berpisah

suami tak peduli perasaan istri
Depositphotos

Pernahkah suami berkata ada niatan untuk berpisah dari Sedulur? Kalau iya, maka hal tersebut merupakan tanda seorang suami yang tidak lagi peduli pada istrinya. Walaupun mungkin belum diucapkan, tetapi niatan tersebut sejatinya sudah cukup fatal. Mengingat, perpisahan belum tentu menjadi solusi final dari berbagai masalah rumah tangga yang dihadapi.

4. Menjadi sangat sibuk

Ketika suami tiba-tiba menjadi sangat sibuk, mungkin Sedulur harus curiga bahwa itu adalah tanda suami tak peduli perasaan istri. Sesibuk apapun pasangan, seharusnya ia bisa membagi waktu untuk ada disamping Sedulur. Terlebih lagi jika masa-masa sibuk tersebut datang secara tiba-tiba, Sedulur tidak tahu di luar sana ia sedang sibuk apa saja.

5. Istri merasa kesepian

Ketika suami tidak lagi peduli dengan perasaan istri, wajar apabila kemudian istri menjadi merasa sangat kesepian. Suami tidak lagi memiliki waktu untuk sekedar bercerita, membantu pekerjaan di rumah, atau bahkan mendampingi istri di masa-masa tertentu.

6. Kurangnya sentuhan fisik

suami tak peduli perasaan istri
Depositphotos

Jarang mendapatkan sentuhan fisik ternyata juga menjadi tanda suami tidak lagi peduli dengan istri, loh Sedulur! Sebagai pasangan, memberikan perhatian berupa sentuhan fisik kepada satu sama lain sudah wajib hukumnya. Kalau tidak, wajar saja hubungan rumah tangga bisa menjadi berantakan dan selalu bermasalah.

7. Jarang melibatkan istri pada saat mengambil keputusan tertentu

Ketika Sedulur jarang dilibatkan untuk mengambil keputusan yang penting, bisa jadi itu merupakan tanda dari suami yang tak peduli perasaan. Dalam rumah tangga, mengambil keputusan sebaiknya dilakukan secara sepakat oleh dua pihak.

8. Kerap menyalahkan istri ketika ada suatu masalah

Tanpa disadari suami menjadi sering menyalahkan istri ketika ada suatu masalah, entah itu pada pertemanannya, pada pekerjaannya, atau pada dinamika kehidupan rumah tangga. Jika sudah seperti itu, maka tandanya suami tidak lagi peduli dengan perasaan Sedulur.

9. Lebih sering di luar rumah

suami tak peduli perasaan istri
Depositphotos

Suami akan lebih nyaman berada di luar rumah ketimbang menghabiskan waktu di rumah. Hal tersebut dikarenakan ia tidak betah dengan suasana rumah, terlebih lagi dengan adanya permasalahan di antara Sedulur dan suami.

10. Silent treatment

Silent treatment merupakan sebuah tindakan dimana pasangan mendiamkan dan melakukan penolakan terhadap segala komunikasi yang ingin disampaikan oleh pasangan.

11. Terus-terusan mengkritik istri

Salah satu tanda bahwa suami tidak peduli dengan perasaan istri adalah terus-terusan memberikan kritik. Kritik tersebut kadang tidak berdasar, dan juga tidak relevan.

12. Lebih mengutamakan orang lain ketimbang istri

suami tak peduli perasaan istri
Depositphotos

Jika suami lebih memilih untuk berpihak pada orang lain ketimbang istri sendiri, maka hal tersebut termasuk ke dalam tanda bahwa ia sudah tidak lagi menghormati perasaan istri.

13. Sering menyela omongan istri

Suami kerap menyela omongan Sedulur? Hati-hati, perilaku tersebut bisa jadi merupakan tanda bahwa suami tidak lagi peduli dengan omongan, pendapat, atau juga masukan dari Sedulur.

14. Kerap berbohong

Salah satu tanda yang sangat jelas terpampang adalah kebiasaan berbohong. Dari berbohong ini, suami akan terus menumpuk hal-hal yang ia sembunyikan dari Sedulur.

15. Bersifat defensif

suami tak peduli perasaan istri
Depositphotos

Suami menjadi sering bersifat defensif. Defensif yang dimaksud adalah ia sangat sensitif terkait hal-hal yang disembunyikannya.

Sekian tips dan penjelasan terkait suami tak peduli perasaan istri. Semoga penjelasan di atas bisa membantu permasalahan rumah tangga yang tengah Sedulur alami. Selalu romantis dengan pasangan merupakan kunci awetnya bahtera rumah tangga. Mempertahankan rumah tangga merupakan penting, karena ibadah yang paling lama adalah ibadah berumah-tangga.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.