doa agar warung ramai pembeli

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk dapat menghasilkan uang dan menafkahi keluarga adalah dengan berdagang. Sedulur bisa berdagang apapun, mulai dari makanan, pakaian dan lainnya. Karena, sabda Rasullulah SAW sendiri menyampaikan bahwa 7 dari 8 pintu rezeki didapatkan dari berdagang. Selain berusaha, Sedulur juga wajib mengtahui doa agar jualan ramai pembeli supaya semakin mendapatkan keberkahan.

Terdapat beberapa doa agar jualan ramai pembeli yang bisa Sedulur lafalkan setiap harinya. Agar barang dagangan Sedulur selalu ramai dikunjungi pembeli dan mendapatkan keuntungan setiap hari. Sedulur juga bisa melafalkan, menghafalkan, dan mengamalkan doa yang sudah dirangkum di bawah ini, ya. Yuk, langsung Sedulur simak aja!

Baca Juga: Doa agar Dagangan Laris, Berkah dan Kaya [Lengkap Arab dan Latin]

Daftar doa untuk memohon warung ramai pembeli

Berikut ini Sudah dirangkum beberapa contoh bacaan doa yang dapat Sedulur amalkan untuk memohon agar warung ramai pembeli lengkap dengan tulisan Arab, Latin, dan juga artinya.

1. Doa agar dagangan laris dan jadi rezeki halal

doa agar warung ramai pembeli
Freepik

Doa agar banyak pembeli datang yang bisa Sedulur lafalkan dan hafalkan adalah sebagai berikut.

اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ اَنْ تَرْزُقَنِىْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَمَشَقَّةٍ وَلاَضَيْرٍ وَلاَنَصَبٍ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Latin:

“Allahumma innii as aluka an tarzuqanii rizqan halaalan waasi’an thayyiban min ghairi ta’bin wa laa masyaqqatin wa laa dhairin wa laa nashabin innaka ‘alaa kulli syaiin qadiir.”

Artinya:

“Yaa Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu agar melimpahkan rezeki kepadaku berupa rezeki yang halal, luas, dan tanpa susah payah, tanpa memberatkan, tanpa membahayakan, dan tanpa rasa lelah dalam memperolehnya. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu.”

2. Doa agar rezeki selalu berkah

doa agar warung ramai pembeli
Freepik

Doa memulai usaha dagang dan agar selalu mendapatkan rezeki yang berkah yang bisa Sedulur hafalkan adalah sebagai berikut.

اَلْحَمْدُ لِلهِ الَّذِى رَزَقَنِى هَذَا مِنْ خَيْرِ حَوْلٍ مِنِّى وَلَا قُوَةٍ، اَللَّهُمَّ بَارِكْ فِيْهِ

Latin:

Al hamdu lillaahilladzi rozaqonii haadza min khoiri khaulin minnii wa laa quwwatin, alloohumma baarik fihi.

Artinya:

“Segala Puji Bagi Allah yang telah memberi rezeki kepadaku dengan tidak ada daya dan kekuatan bagiku, Ya Allah. Semoga Engkau senantiasa memberi berkah pada rezekiku.”

3. Doa agar selalu diberikan rezeki

doa agar warung ramai pembeli
Unsplash

Sebagai hamba yang sholeh dan sholehah, tentunya kita berharap agar selalu diberikan rezeki dan keberkahan. Meskipun Allah Swt. telah menjamin rezeki bagi setiap umatnya, kita juga diharuskan untuk selalu berdoa. Selain sebagai doa penglaris dagangan, berikut ini adalah doa agar kita selalu diberikan keberkahan yang diambil dari Surat Al Maidah ayat 114.

قَالَ عِيسَى ٱبْنُ مَرْيَمَ ٱللَّهُمَّ رَبَّنَآ أَنزِلْ عَلَيْنَا مَآئِدَةً مِّنَ ٱلسَّمَآءِ تَكُونُ لَنَا عِيدًا لِّأَوَّلِنَا وَءَاخِرِنَا وَءَايَةً مِّنكَ ۖ وَٱرْزُقْنَا وَأَنتَ خَيْرُ ٱلرَّٰزِقِينَ

Latin:

“Qāla ‘īsabnu maryamallāhumma rabbanā anzil ‘alainā mā`idatam minas-samā`i takụnu lanā ‘īdal li`awwalinā wa ākhirinā wa āyatam mingka warzuqnā wa anta khairur-rāziqīn.”

Artinya:

“Isa putra Maryam berdoa, ‘Ya Tuhan kami, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami. Yaitu bagi orang-orang yang sekarang bersama kami maupun yang datang setelah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; berilah kami rezeki, dan Engkaulah sebaik-baik pemberi rezeki.”

4. Doa agar mendapatkan rahmat dan rezeki yang baik

Freepik

Selanjutnya merupakan doa memanggil pembeli, Sedulur bisa membacakannya setiap selesai sholat dan juga ketika akan berdagang. Doanya adalah sebagai berikut:

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِيْ كُلَّهُ وَلاَ تَكِلْنِيْ إِلَى نَفْسِيْ طَرْفَةَ عَيْنٍ أَبَدًا

Latin:

Yaa hayyu ya qoyyum bi rahmatika astaghiits, wa ash-lihlii sya’nii kullahu wa laa takilnii ilaa nafsii thorfata ‘ainin abadan.”

Artinya:

“Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Berdiri Sendiri tidak butuh segala sesuatu, dengan rahmat-Mu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekali pun sekejap mata tanpa mendapat pertolongan dari-Mu selamanya.”

Baca Juga: Kumpulan Doa Agar Hati Tenang, Penghilang Rasa Galau

5. Doa ketika mengalami kerugian

Freepik

Tidak heran, jika dalam berbisnis atau menjalankan usaha dagang kita akan mengalami kerugian. Agar kerugian yang didapatkan bisa jadi berkah dan penggugur dosa, berikut doa yang bisa kita lafalkan.

عَسٰى رَبُّنَآ اَنْ يُّبْدِلَنَا خَيْرًا مِّنْهَآ اِنَّآ اِلٰى رَبِّنَا رَاغِبُوْنَ

Latin: 

Asa rabbuna ayyubdilana khoiram minha inna ila rabbina raghibun.”

Artinya:

“Mudah-mudahan Tuhan kami memberikan ganti kepada kami dengan yang lebih baik daripada itu, sesungguhnya kami mengharapkan ampunan dari Tuhan kami.”

6. Doa agar Usaha Banyak Pembeli

CNN Indonesia

Selanjutnya adalah doa agar jualan ramai pembeli. Berikut bacaan doanya dalam tulisan Arab, Latin, beserta artinya.

اَللّٰهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Latin:

Allahumma inni as’aluka, ‘ilman nafi’an, wa rizqon thoyyiban, wa a’malan mutaqobalan.”

Artinya:

“Yaa Allah aku mohon kepadamu, berikanlah kepadaku ilmu yang bermanfaat, rizki yang baik, dan amalan yang diterima disisimu.”

7. Doa saat Usaha Sepi Pembeli

Unsplash

Agar Sedulur senantiasa kuat menjalankan usaha, Sedulur bisa membaca doa melancarkan rizki dan usaha. Berikut bacaan doa selengkapnya.

اللَّهُمَّ رَحْمَتَكَ أَرْجُو فَلاَ تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرْفَةَ عَيْنٍ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِي كُلَّهُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ

Latin:

Allahumma rahmataka arjuu fa laa takilnii ilaa nafsii thorfata ‘ainin wa ash-lihlii sya’nii kullahu laa ilaha illa anta.”

Artinya:

“Ya Allah, dengan rahmat-Mu, aku berharap, janganlah Engkau sandarkan urusanku pada diriku walau sekejap mata, perbaikilah segala urusanku seluruhnya, tidak ada ilah yang berhak disembah selain Engkau.”

BACA JUGA: Doa Naik Kendaraan Lengkap: Darat, Laut dan Udara

Doa agar warung ramai pembeli yang dianjurkan Rasulullah

Unsplash

Selain tujuh bacaan doa di atas, masih ada bacaan doa lain yang bisa Sedulur lantunkan untuk memohon agar warung yang dikelola ramai pembeli. Namun sebelum itu, tak ada salahnya untuk menyimak kisah Rasulullah saw. yang diketahui juga merupakan seorang pedagang. 

Menurut catatan sejarah, Rasulullah mulai belajar berdagang sejak masih berusia belia. Oleh karenanya, Rasulullah tumbuh sebagai seorang pedagang yang pandai dan baik. Tak berhenti sampai di situ, berdagang juga disebutkan sebagai usaha yang paling baik, sebagaimana dijelaskan dalam hadis riwayat Imam Baihaqi yang artinya,

“Sesungguhnya sebaik-baik usaha adalah usaha pedagang, yaitu pedagang yang apabila mereka berbicara tidak berdusta, diberi kepercayaan tidak berkhianat, berjanji tidak ingkar, membeli tidak mencela, menjual tidak memuji, bila berhutang tidak lalai, dan bila berpiutang tidak menyulitkan.” (HR Baihaqi).

Dalam hadis yang lain, Rasulullah menjelaskan keutamaan bersikap jujur dan amanah dalam berdagang.

“Berdaganglah kalian dengan jujur dan amanat, niscaya orang-orang yang jujur dan orang-orang yang mati syahid akan bersama dengan Nabi.” (HR Al-Hakim dan Tirmidzi).

Doa agar warung ramai pembeli, Allah Maha Pengasih

Solopos

Di samping mencontoh Rasulullah terkait etika berdagang, yakni senantiasa mengutamakan sikap jujur, Sedulur juga dapat memanjatkan doa kepada Allah Swt. agar warung ramai pembeli. Sebagaimana yang diketahui bahwa menurut ajaran Islam, Allah memiliki sifat Maha Pemberi dan Maha Pengasih. Oleh karenanya sebagai seorang muslim yang baik, jangan berlarut dalam kesedihan apabila mengalami naik turun seperti warung yang sepi.

Sebab, kita diajarkan untuk senantiasa berdoa kepada Allah Swt. dan memohon agar diberikan kemudahan dalam mengerjakan suatu urusan, termasuk dalam berdagang. Berikut contoh doa yang yang dapat Sedulur amalkan untuk melengkapi ikhtiar atau usaha yang telah dilakukan.

اَللَّهُمَّ يَاغَنِيُّ يَامُغْنِيْ أَغْنِنِيْ غِنًى أَبَدًا وَيَاعَزِيْزُ يَامُعِزُّ أَعِزَّنِيْ بِإِعْزَازٍ عِزَّةَ قُدْرَتِكَ وَيَامُيَسِّرَاْلأُمُوْرِ يَسِّرْ لِيْ أُمُوْرَ الدُّنْيَا وَالدِّيْنِ يَاخَيْرَ مَنْ يُرْجَى يَا اللهُ

Latin:

“Allahumma yaa ghaniyyu yaa mughnii aghninii ghinan abadan wa yaa aziizu yaa muizzu a’izzanii bi izazi ‘iezzati qudratika wa yaa muyassir umuuri yassirli umur addunyaa was diini ya khari man yurjaa ya Allahu.”

Artinya:

“Ya Allah, Dzat yang Maha Kaya dan memberikan kekayaan, berilah kekayaan kepadaku yang abadi. Wahai Dzat yang maha Mulia yang memberikan kemuliaan, berilah kemuliaan kepadaku dengan kemuliaan kekuasaan-Mu. Wahai Dzat yang mempermudah semua urusan, berilah kemudahan kepadaku di dalam semua urusan dunia dan agama, wahai Dzat yang paling, baik ya Allah.”

Demikian tadi beberapa contoh doa untuk memohon kelancaran dalam berdagang. Semoga daftar doa agar jualan ramai pembeli di atas bisa membawa keberkahan terhadap usaha yang sedang Sedulur rintis. Selain memohon dan berdoa kepada Allah Swt. Sedulur juga wajib terus berusaha dan mencari cara agar usaha Sedulur bisa mendapatkan rezeki yang super melimpah.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.