struktur teks sejarah

Tahukah Sedulur? Ada berbagai macam jenis teks dalam bahasa Indonesia. Satu di antaranya adalah teks sejarah. Sesuai dengan namanya, teks sejarah merupakan jenis teks yang di dalamnya menceritakan tentang peristiwa sejarah atau peristiwa yang terjadi di masa lalu yang dianggap memiliki nilai sejarah. Sama halnya dengan jenis teks yang lain, teks sejarah juga memiliki struktur tersendiri. Struktur teks sejarah secara umum terdiri atas bagian pembuka, isi yang menguraikan tentang suatu peristiwa, dan penutup.

Ingin tahu lebih jauh tentang struktur teks sejarah? Berikut ini Super sudah merangkum informasi selengkapnya, termasuk pengertian, ciri-ciri, hingga contoh teks sejarah.

BACA JUGA: Struktur Teks Berita: Pengertian, Unsur, Kaidah & Contohnya

Apa itu teks sejarah?

iStock

Sebelum menyimak uraian tentang struktur teks sejarah, Sedulur perlu memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan teks sejarah.

Pertama-tama, kita simak pengertian teks menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring. Dijelaskan bahwa teks adalah naskah yang berupa kata-kata asli dari pengarang, bahan tertulis untuk dasar memberikan pelajaran, berpidato, dan sebagainya, atau singkatnya adalah wacana tertulis. Sementara itu, pengertian sejarah adalah kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau.

Dari uraian di atas, bisa disimpulkan bahwa teks sejarah adalah sebuah karya tulis yang berisikan cerita tentang peristiwa yang terjadi di masa lalu. Teks sejarah sendiri termasuk teks naratif yang disajikan berdasarkan urutan peristiwa dan urutan waktu.

BACA JUGA: Teks Ulasan: Pengertian, Tujuan, Ciri, Struktur, Jenis-Jenisnya

Ciri-ciri teks sejarah

struktur teks sejarah
Freepik

Telah dipahami bersama bahwa teks sejarah merupakan ragam teks dalam bahasa Indonesia yang menyajikan cerita tentang peristiwa yang terjadi di masa lalu. Berdasarkan pengertian tersebut, dapat diuraikan ciri-ciri teks sejarah sebagai berikut.

  • Teks sejarah merupakan jenis teks yang menceritakan ulang tentang suatu kejadian.
  • Memuat fakta-fakta yang terjadi di masa lalu.
  • Disusun berdasarkan urutan waktu dan peristiwa secara kronologis.
  • Teks sejarah umumnya disusun dengan menggunakan konjungsi temporal, yaitu kata hubung yang berhubungan dengan waktu.
  • Disusun berdasarkan struktur tertentu (pembahasan tentang struktur teks sejarah akan dibahas pada poin selanjutnya).

Nilai dalam teks sejarah

struktur teks sejarah
iStock

Sebuah teks sejarah tidak hanya bertujuan untuk menyampaikan cerita atau informasi tentang suatu kejadian di masa lalu. Melainkan juga sekaligus menjadi media pembelajaran, khususnya terkait nilai moral. Untuk itu teks sejarah umumnya mengandung nilai-nilai kehidupan. Adapun nilai-nilai yang termuat dalam teks sejarah di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Nilai pendidikan atau edukasi
  • Nilai moral atau nilai tentang budi pekerti
  • Nilai sosial
  • Nilai budaya
  • Nilai estetis
  • Nilai agama

BACA JUGA: Pengertian Struktur Teks Biografi Beserta Ciri & Contohnya

Struktur teks cerita sejarah

Freepik

Secara umum, cerita sejarah disusun atas tiga bagian yang meliputi orientasi, urutan peristiwa, dan reorientasi. Berikut penjelasan untuk masing-masing bagian.

  1. Orientasi

Struktur teks sejarah yang pertama adalah orientasi. Sesuai dengan namanya, bagian ini memuat narasi berupa pengenalan atau pembukaan tentang suatu peristiwa sejarah yang menjadi topik dalam sebuah teks sejarah. Adapun biasanya bagian ini disusun menggunakan kalimat deskriptif.

  1. Urutan peristiwa

Bagian yang kedua adalah urutan peristiwa yang mana suatu peristiwa sejarah dipaparkan berdasarkan urutan waktu dan kejadian atau secara kronologis. Sehingga pada bagian ini sebuah peristiwa sejarah diceritakan kembali secara runut berdasarkan kronologinya, mulai dari awal kejadian hingga peristiwa tersebut berakhir.

  1. Reorientasi

Terakhir adalah bagian reorientasi yang sekaligus menjadi penutup dari suatu teks sejarah. Bagian ini biasanya memuat opini atau pendapat pribadi penulis tentang peristiwa sejarah yang telah diuraikan pada bagian sebelumnya.

Perlu diperhatikan bahwa bagian reorientasi ini bersifat opsional. Sehingga dalam penulisan sebuah teks sejarah, seorang penulis dapat memilih untuk menulis atau tidak menulis bagian reorientasi.

Struktur teks sejarah menurut pendapat lain

iStock

Dalam sumber literatur lain dijelaskan bahwa struktur teks sejarah terdiri atas enam bagian. Sehingga pembagian struktur teks sejarah ini lebih spesifik. Berikut adalah tujuh struktur teks sejarah sebagaimana dikutip dari Modul Pembelajaran SMA Bahasa Indonesia Kemdikbud.

  • Orientasi, yaitu bagian pembuka yang berisi pengenalan situasi cerita.
  • Pengungkapan peristiwa, yaitu bagian yang berisikan tentang kejadian awal yang menimbulkan konflik.
  • Konflik atau rising action, adalah bagian yang melanjutkan pengungkapan peristiwa di mana masalah semakin meningkat.
  • Puncak konflik atau komplikasi, adalah bagian yang memuat cerita tentang puncak konflik yang dihadapi para tokoh.
  • Penyelesaian atau resolusi, yaitu bagian yang berisi tentang penyelesaian masalah.
  • Koda, adalah bagian terakhir yang umumnya berupa komentar tentang peristiwa sejarah yang telah dipaparkan sebelumnya.

BACA JUGA: Pengertian Teks Prosedur Serta Ciri, Jenis, Struktur & Contohnya

Jenis-jenis teks sejarah

Freepik

Terdapat dua jenis teks sejarah, yaitu fiksi dan nonfiksi. Berikut penjelasannya.

  1. Teks sejarah fiksi

Diketahui, fiksi artinya adalah cerita rekaan, khayalan, atau tidak berdasarkan kenyataan. Oleh karenanya bisa dipahami bahwa teks sejarah fiksi adalah teks sejarah yang disusun dengan mengkombinasikan cerita sejarah yang merupakan fakta dengan imajinasi penulis. Umumnya teks sejarah fiksi disusun dalam bentuk novel, romah, dan lain sebagainya.

  1. Teks sejarah non fiksi

Jenis yang kedua adalah teks sejarah non fiksi. Sesuai dengan namanya, teks sejarah non fiksi disusun berdasarkan peristiwa yang benar terjadi tanpa menambahkan imajinasi. Sehingga penulis teks sejarah non fiksi menceritakan kembali peristiwa sejarah berdasarkan kejadian yang sebenarnya. Contoh teks sejarah non fiksi adalah autobiografi, cerita perjalanan, dan catatan sejarah tentang suatu peristiwa.

Kaidah kebahasaan teks sejarah

iStock

Hal lain yang juga perlu Sedulur perhatikan ketika membaca maupun menyusun teks sejarah adalah kaidah kebahasaannya. Sebab, selain memiliki struktur tersendiri, teks sejarah juga memiliki aturan terkait kaidah kebahasaan yang berbeda dengan jenis teks lain. 

Nah, berikut adalah kaidah kebahasaan teks sejarah yang perlu Sedulur ketahui.

  • Umumnya menggunakan kata ganti (pronomina) orang ketiga sehingga penulis memposisikan diri sebagai pencerita.
  • Menggunakan konjungsi temporal, yaitu konjungsi atau kata hubung yang berkaitan dengan waktu. Misalnya adalah selanjutnya, sebelumnya, setelah, lalu, dan lain sebagainya.
  • Menggunakan konjungsi kausalitas, yaitu konjungsi atau kata hubung yang menunjukkan hubungan sebab akibat.
  • Menggunakan keterangan waktu yang umumnya adalah keterangan waktu yang menunjukkan masa lampau.
  • Menggunakan keterangan tempat yang menunjukkan lokasi kejadian sebuah peristiwa sejarah.

BACA JUGA: Kumpulan Contoh Teks Negosiasi Beserta Jenis & Strukturnya

Contoh teks sejarah

Freepik

Untuk lebih memahami tentang teks sejarah, berikut adalah contoh teks sejarah yang bisa Sedulur simak.

Judul: Sejarah Terciptanya Instagram

Orientasi:

Siapa yang tidak kenal dengan Instagram? Aplikasi yang berfungsi untuk berbagi foto dan video ini memungkinkan penggunanya untuk mengambil foto, mem-filter digital, menambahkan efek, dan mempublikasikan foto tersebut ke berbagai jenis jejaring sosial yang ada termasuk ke dalam jejaring Instagram itu sendiri.

Nama Instagram sendiri terbentuk dari dua kata, yakni “insta” dan “gram.” Kata “insta” yang berarti “instan” seperti pada kamera jenis polaroid yang lebih akrab disebut dengan foto instan. Sementara kata “gram” mengarah pada kata “telegram” yang cara atau pengaplikasiannya adalah untuk mengirimkan sejumlah informasi pada seseorang dengan sangat cepat.

Urutan peristiwa:

Burbn, Inc yang merupakan perusahaan startup teknologi yang notabennya hanya berkonsentrasi pada pengembangan dan pembuatan aplikasi telepon genggam berdiri pada sekitar tahun 2010 lalu. Pada mulanya Burbn, Inc sendiri berfokus pada pendalaman seluruh fungsi bahasa pemrograman yakni HTML5. Namun seiring berjalannya waktu, Mike Krieger dan Kevin Systrom selaku CEO dari perusahaan ini memilih untuk berfokus hanya pada satu hal saja.

Seminggu lamanya mereka berusaha membuat ide ide yang mungkin dapat mendatangkan profit, pada akhirnya kedua CEO ini berhasil menciptakan versi pertama dari Instagram, namun seperti pada prototype pada umumnya, versi awal dari Instagram ini masih memiliki banyak sekali kelemahan dalam segala sistemnya. Setelah melalui berbagai tahap penyempurnaan versi Burbn (Instagram) ini akhirnya sudah dapat diuji coba dengan menggunakan perangkat iphone. Namun tetap saja dirasa memiliki banyak sekali fitur yang tidak terkategori dengan baik.

Sulit bagi Kevin dan Mike untuk mengatur ulang seluruh fitur yang ada dan memulai semuanya dari awal. Akhirnya Mike dan Kevin memilih untuk berfokus hanya pada fitur foto, berkomentar dan menyukai foto saja. Inilah kerangka awal terbentuknya jejaring sosial Instagram saat ini.

Pada tahun 2012 tepatnya tanggal  09 April diumumkan sebuah berita besar yakni saham dan kepemilikan Instagram akan diambil alih oleh Mark Zuckerberg selaku pemilik Facebook dengan uang tunai dan saham senilai 1 miliar dollar.

Reorientasi:

Instagram saat ini telah menjadi aplikasi yang diminati berbagai kalangan, baik tua maupun muda. Penggunaan yang mudah dan fitur yang terkesan canggih membuat Instagram semakin populer dari tahun ke tahun. Dengan jejaring sosial Instagram ini kita dapat mengetahui segala aktivitas teman-teman kita hanya dengan melihat foto dan video mereka.

Demikian tadi pembahasan tentang struktur teks sejarah. Selain itu juga telah dipaparkan ciri-ciri, jenis, kaidah kebahasaan, hingga contoh teks sejarah. Nah, kini Sedulur sudah tentang teks sejarah, bukan?

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.